Kontraktor Harus Tuntaskan Proyek Tepat Waktu


Jumat,09 Desember 2016 - 00:58:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN — Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, kembali menegaskan agar seluruh pihak rekanan (kontraktor) yang mengerjakan seluruh proyek pembangunan pada dinas tersebut, untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan tidak asal jadi.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Romi Zuswandi saat ditemui wartawan, Rabu kemarin.

“Dalam pembangunan sarana infrastruktur ini, kita tidak main-main. Jika ada pihak rekanan yang mencoba untuk memainkan volume pekerjaan atau mengerjakan pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi teknisnya, maka akan kita lakukan penindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pada ta­hun ini, sejumlah proyek pembangunan sarana in­fras­truktur banyak terdapat di Dinas Pertanian. Anggaran tersebut, katanya, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2015 lalu.

“Anggaran DAK tahun 2015 tersebut ada lebih ku­rang Rp9 miliar yang dipecah men­jadi 50 item pekerjaan. Ang­garan tersebut baru bisa diper­gunakaan pada akhir tahun ini. Jadi, seluruh item pekerjaan dalam tahap pe­ngerjaan pada saat ini,” terang Romi.

Lebih jauh ia mene­rang­kan, adapun paket pekerjaan yang saat ini tengah berjalan di Dinas Pertanian yakni pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi dan pem­bangunan dan pe­ning­katan jalan usaha tani.

Dalam hal ini, katanya, pihaknya tidak mau me­nanggung risiko karena per­mainan pihak rekanan dalam mengerjakan proyek tersebut.

“Jika pihak rekanan tidak mengindahkan instruksi kita, maka terima saja pembayaran yang kita lakukan sesuai dengan bobot yang di­ker­jakan rekanan. Kita tidak akan memberikan keringanan kepada rekanan yang secara nyata berbuat kesalahan,” tuturnya.

Namun di balik semua itu, pihaknya juga optimis seluruh pekerjaan ini selesai tepat waktu, sesuai dengan yang telah direncanakan se­mula.

Memang diakuinya, pada saat ini, cuaca yang musim penghujan di Kabupaten Pasaman membuat pihak rekanan terkendala me­nger­jakan berbagai kegiatan ter­sebut. Namun, pihaknya ti­dak bisa berbuat banyak, karena seluruh pekerjaan tersebut telah ada aturan mainnya sesuai dengan atu­ran yang berlaku.

“Kendala saat ini adalah cuaca yang musim peng­hujan. Namun sepanjang pihak rekanan tidak bermain-main dalam menyelesaikan pekerjaannya, akan kita bantu sesuai dengan kemampuan kita,” ujarnya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,18 Agustus 2016 - 03:20:40 WIB

    Bupati Imbau Kontraktor Cepat Selesaikan Proyek

    Bupati Imbau Kontraktor Cepat Selesaikan Proyek PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengimbau para kontraktor yang sedang melaksanakan kegiatan pembangunan di kabupaten itu untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan sehingga sesuai jadwal yang dite.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM