Kerjasama Pendidikan dengan Malaysia Jangan Sebatas Lawatan


Kamis,08 Desember 2016 - 01:06:28 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Kerjasama bidang pendidikan dengan kelembagaan pendidikan di Malaysia yang dilakukan daerah-daerah di Sumbar, khususnya Kota Bukittinggi hendaklah dirancang secara lebih baik. Kerjasama yang dilakukan jangan sekedar dalam bentuk lawatan singkat, melainkan harus berupa aktivitas pembelajaran yang ber­manfaat bagi murid dan guru.

“Kerjasama ini akan sangat me­ngun­tungkan dan bernilai positif, karena pendidikan di Malaysia dinilai lebih maju dari pada pendidikan di Indonesia,” kata Wakil Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia, Tri Gustono Supriyanto, dalam pertemuannya dengan jajaran Pemko Bukittinggi dan pelaku usaha kepa­riwisataan di Balaikota Bukittinggi, Selasa (6/12).

Menurutnya, indikator lebih majunya pendidikan negara se­rumpun itu antara lain pelajar Ma­laysia memiliki peringkat yang lebih baik di bidang sains dan matematika. Oleh karena itu dalam penguatan kerjasama dengan negara Malaysia termasuk Kota Bukittinggi, perlu diarahkan pada peningkatan dan perbaikan performa pendidikan Indonesia pada indokator-indikator yang masih lemah.

Salah satu caranya melalui pro­gram mobilitas siswa dan guru, ataupun program sekolah kembar (sister school) sebagaimana telah dilakukan Pemko Bukittinggi dengan Negara Bagian Negeri Sembilan Darul Khusus, Trengganu dan Pahang.

Saat ini kata Tri Gustono, pihak Ke­duatan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kualalumpur, telah mem­fasilitasi kerjasama bidang pendidikan melalui program pengiriman siswa SMK mengikuti praktek kerja industri (Pra­kerin) di industri perhotelan dan makanan.

Seiring itu, pihaknya juga melaku­kan pemantauan dan evaluasi untuk terus diperbaiki pelaksanaannya. “Kita juga lebih tekankan manfaat bagi siswa berupa peningkatan kete­ram­pilan dan pengalaman,” ujar Tri.

Pertemuan dengan jajaran KBRI Kuala Lumpur di aula Balaikota itu diikuti jajaran Dinas Pendidikan, tenaga kerja, perekonomian, perin­dustrian dan perdagangan, pariwisata serta pelaku usaha kepariwisataan Kota Bukittinggi.

Perte­muan yang dilakukan dalam rangka rangkaian kunjungannya selama dua hari di Bukittingi yang juga merupakan kunjungan balasan sekaligus undangan Walikota Ramlan Nurmatias yang melakukan lawatan ke negara jiran beberapa bulan lalu.

“Intinya, kita berkeinginan sekali untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kota Bukit­tinggi dalam skala internasional di negara Malaysia,” kata Wakil Wali­kota, Irwandi, yang menerima rom­bongan tersebut.

Irwandi mencontohkan di bidang pendidikan, dimana sudah beberapa tahun terakhir siswa SMK melakukan prakerin di Malaysia. Demikian pula pertukaran pelajar melalui kota kembar Bukittinggi-Seremban yang telah dilaksanakan sejak 30 tahun lam­pau, bahkan juga telah dikem­bangkan ke Negara Bagian Trengga­nu dan Pahang. (h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM