Kerjasama Pendidikan dengan Malaysia Jangan Sebatas Lawatan


Kamis,08 Desember 2016 - 01:06:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BUKITTINGGI, HALUAN — Kerjasama bidang pendidikan dengan kelembagaan pendidikan di Malaysia yang dilakukan daerah-daerah di Sumbar, khususnya Kota Bukittinggi hendaklah dirancang secara lebih baik. Kerjasama yang dilakukan jangan sekedar dalam bentuk lawatan singkat, melainkan harus berupa aktivitas pembelajaran yang ber­manfaat bagi murid dan guru.

“Kerjasama ini akan sangat me­ngun­tungkan dan bernilai positif, karena pendidikan di Malaysia dinilai lebih maju dari pada pendidikan di Indonesia,” kata Wakil Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia, Tri Gustono Supriyanto, dalam pertemuannya dengan jajaran Pemko Bukittinggi dan pelaku usaha kepa­riwisataan di Balaikota Bukittinggi, Selasa (6/12).

Menurutnya, indikator lebih majunya pendidikan negara se­rumpun itu antara lain pelajar Ma­laysia memiliki peringkat yang lebih baik di bidang sains dan matematika. Oleh karena itu dalam penguatan kerjasama dengan negara Malaysia termasuk Kota Bukittinggi, perlu diarahkan pada peningkatan dan perbaikan performa pendidikan Indonesia pada indokator-indikator yang masih lemah.

Salah satu caranya melalui pro­gram mobilitas siswa dan guru, ataupun program sekolah kembar (sister school) sebagaimana telah dilakukan Pemko Bukittinggi dengan Negara Bagian Negeri Sembilan Darul Khusus, Trengganu dan Pahang.

Saat ini kata Tri Gustono, pihak Ke­duatan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kualalumpur, telah mem­fasilitasi kerjasama bidang pendidikan melalui program pengiriman siswa SMK mengikuti praktek kerja industri (Pra­kerin) di industri perhotelan dan makanan.

Seiring itu, pihaknya juga melaku­kan pemantauan dan evaluasi untuk terus diperbaiki pelaksanaannya. “Kita juga lebih tekankan manfaat bagi siswa berupa peningkatan kete­ram­pilan dan pengalaman,” ujar Tri.

Pertemuan dengan jajaran KBRI Kuala Lumpur di aula Balaikota itu diikuti jajaran Dinas Pendidikan, tenaga kerja, perekonomian, perin­dustrian dan perdagangan, pariwisata serta pelaku usaha kepariwisataan Kota Bukittinggi.

Perte­muan yang dilakukan dalam rangka rangkaian kunjungannya selama dua hari di Bukittingi yang juga merupakan kunjungan balasan sekaligus undangan Walikota Ramlan Nurmatias yang melakukan lawatan ke negara jiran beberapa bulan lalu.

“Intinya, kita berkeinginan sekali untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kota Bukit­tinggi dalam skala internasional di negara Malaysia,” kata Wakil Wali­kota, Irwandi, yang menerima rom­bongan tersebut.

Irwandi mencontohkan di bidang pendidikan, dimana sudah beberapa tahun terakhir siswa SMK melakukan prakerin di Malaysia. Demikian pula pertukaran pelajar melalui kota kembar Bukittinggi-Seremban yang telah dilaksanakan sejak 30 tahun lam­pau, bahkan juga telah dikem­bangkan ke Negara Bagian Trengga­nu dan Pahang. (h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,07 April 2017 - 13:53:30 WIB

    Di Agam, Warga Bekerjasama dengan Burung Hantu Berantas Hama

    Di Agam, Warga Bekerjasama dengan Burung Hantu Berantas Hama Bagi petani Kabupaten Agam tikus merupakan hama menjengkelkan, apalagi pada daerah endemik tikus di wilayah Agam Barat dan sekitar Danau Maninjau. Hewan pengerat itu hampir setiap tahun menyerang padi, sementara upaya pembera.
  • Rabu,09 November 2016 - 18:11:27 WIB

    Cegah KKN, KPK Kerjasama dengan Pasaman Barat

    Cegah KKN, KPK Kerjasama dengan Pasaman Barat PASBAR,HALUAN-- Aplikasi Sitem Perizinan Terpadu (SIPADU) yang ada di beberapa kabupaten dan kota di Indonesia mendapat dukungan penuh dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). .
  • Kamis,04 Agustus 2016 - 04:24:01 WIB

    Pelayanan Kepegawaian Dikerjasamakan dengan PT Pos

    Pelayanan Kepegawaian  Dikerjasamakan dengan PT Pos PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Padang Pariaman, terus me­lakukan inovasi bidang kepe­gawaian. Inovasi yang dila­kukan tersebut yakni, mela­kukan kerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam pela­yanan administrasi k.
  • Selasa,29 Maret 2016 - 03:13:01 WIB

    RSUD Sawahlunto Jalin Kerjasama dengan Unand

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Tingkatkan pelayanan, Ru­mah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto jalin kerja sama dengan Uni­versitas Andalas. Meng­ha­dirkan dokter spesialis yang hampir menyelesaikan pen­didikan, untuk berp.
  • Jumat,12 Februari 2016 - 03:35:15 WIB

    Bulog Jalin Kerjasama dengan Keltan

    SOLOK, HALUAN — Badan usaha logistik (Bulog) kini diberi peluang membeli gabah petani. Tak terkecuali Bulog Solok, juga mulai me­laku­kan hal yang sama. Pem­belian gabah pada petani diawali dengan melakukan kerjasama an.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM