Kesadaran Hukum Masyarakat Masih Rendah


Kamis,08 Desember 2016 - 01:05:22 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Kesadaran hukum masyarakat Tanah Datar, terutama siswa, dinilai masih rendah. Ini terbukti semakin meningkatnya kasus kriminalitas yang ditangani Pengadilan Negeri (PN) Batusangkar.

Untuk itu diperlukan sosia­lisasi hukum kepada masyarakat hingga tingkat yang paling rendah dan kepada siswa di sekolah.

Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Fitrizal Yanto melalui Humasnya Hasnul Fu­ad, Rabu (7/12), mengatakan, pihaknya juga telah berulangkali menggelar sosialisasi dan pe­nyu­luhan hukum kepada para siswa agar mereka dapat m­e­nyam­paikanya kepada orangtua, keluarga, tetangga dan ma­syarakat sekitar tentang hukum tersebut.

Selain penyuluhan hukum, PN Batusangkar juga pernah melakukan sosialisasi dengan mamasang spanduk di beberapa lokasi strategis di pasar Batu­sangkar dan tempat-tempat keramaian lainnya di Tanah Datar.

“Melalui sosialisasi dan penyuluhan hukum ini, kita berharap masyarakat menyadari dan menaati hukum yang ber­laku, dengan demikian angka kriminalitas bisa ditekan dan nantinya mampu mewujudkan masyarakat Tanah Datar yang sadar hukum,” katanya.

Dikatakan, saat penyuluhan tersebut difokuskan tentang Undang-undang nomor 35 ta­hun 2009 tentang Narkotika, UU nomor 23 tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Ru­mah Tangga (KDRT) dan KUH Pidana, UU tentang perlin­dungan anak, UU tentang Lalu Lintas dan UU tentang Informasi Teknologi.

Fuad juga menyebut bahwa kasus narkotika sangat berat hukuman pidananya bahkan ada yang divonis mati.

Narkotika boleh digunakan oleh siapa saja, akan tetapi penggunaannya haruslah mela­lui izin dari instansi yang terkait, misalnya ada izin dari Dinas Kesehatan yang mengguna­kannya sebagai obat dan keper­luan medis lainnya.

Langkah penyuluhan baik yang dilakukan oleh pihak PN Batusangkar maupun Kejaksaan Negeri Batusangkar, mendapat apresiasi dari sejumlah siswa SMA karena kegiatan penyu­luhan hukum secara langsung disampaikan ke ke sekolah-sekolah. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM