Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016


Selasa,06 Desember 2016 - 01:18:19 WIB
Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016 Camat Talawi Asril Hasan menerima Piala Kecamatan Layak Anak Sawahlunto 2016. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Talawi tampil menjadi Kecamatan Layak Anak Kota Sawahlunto 2016. Pemenuhan hak-hak anak menjadi prioritas utama Kecamatan Talawi dalam mewujudkan amanah yang disandangnya.

“Dalam waktu dekat, kita akan terus melakukan tindak lanjut dalam pemenuhan kebu­tuhan anak,” ujar Camat Talawi Asril Hasan ketika ditemui Haluan, usai menerima peng­hargaan Kecamatan Layak Anak dari Walikota Sawah­lunto, Senin (5/12).

Menurut Asril Hasan, kon­sep penerapan kecamatan layak anak, berupa upaya mem­fasili­tasi dan memberikan ruang serta kenyamanan bagi anak. Con­tohnya, ketika ibu dan anaknya tengah antre di puskesmas, di kawasan itu ada tempat ber­mainnya.

Begitu juga dengan kawasan fasilitas umum lainnya, yang harus memiliki fasilitas dan ruang bagi anak. Secara ber­tahap, menurut mantan Kabag Humas Setdako itu, kecamatan yang dipimpinnya berupaya untuk memenuhi hal tersebut.

Sementara itu, Kepala Kan­tor Pemberdayaan Masya­rakat Perempuan dan Keluarga Be­ren­cana (PMPKB) Kota Sawah­lunto Adriyusman, mengatakan, kecamatan layak anak meru­pakan gerakan dalam meme­nuhi kebutuhan dan hak-hak anak.

Mulai dari hak men­dapat­kan pendidikan, hak mendapat kesehatan yang layak, hak untuk bermain, hak mendapatkan hak sipil, dan hak perlindungan hukum. Ke depan, PMPKB Sawahlunto akan membentuk Desa Layak Anak.

“Untuk Desa Layak Anak akan kita laksanakan di tahun 2017 mendatang. Secara berta­hap, hak dan kebutuhan anak terus kita dekatkan, sehingga lebih mudah diterapkan dan diwujudkan,” ujar Adriyusman.

Adriyusman juga me­ngata­kan, pihaknya sudah mem­bentuk forum anak, dari level kota hingga desa, yang memiliki fungsi sebagai wadah untuk menampung aspirasi terkait hak dan kebutuhan anak, serta tempat berdiskusi terkait hal yang sama.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, mengatakan keberadaan kecamatan layak anak akan mampu berkontribusi dalam merealisasikan hak dan kebu­tuhan anak.(h/dil)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM