Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016


Selasa,06 Desember 2016 - 01:18:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016 Camat Talawi Asril Hasan menerima Piala Kecamatan Layak Anak Sawahlunto 2016. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Talawi tampil menjadi Kecamatan Layak Anak Kota Sawahlunto 2016. Pemenuhan hak-hak anak menjadi prioritas utama Kecamatan Talawi dalam mewujudkan amanah yang disandangnya.

“Dalam waktu dekat, kita akan terus melakukan tindak lanjut dalam pemenuhan kebu­tuhan anak,” ujar Camat Talawi Asril Hasan ketika ditemui Haluan, usai menerima peng­hargaan Kecamatan Layak Anak dari Walikota Sawah­lunto, Senin (5/12).

Menurut Asril Hasan, kon­sep penerapan kecamatan layak anak, berupa upaya mem­fasili­tasi dan memberikan ruang serta kenyamanan bagi anak. Con­tohnya, ketika ibu dan anaknya tengah antre di puskesmas, di kawasan itu ada tempat ber­mainnya.

Begitu juga dengan kawasan fasilitas umum lainnya, yang harus memiliki fasilitas dan ruang bagi anak. Secara ber­tahap, menurut mantan Kabag Humas Setdako itu, kecamatan yang dipimpinnya berupaya untuk memenuhi hal tersebut.

Sementara itu, Kepala Kan­tor Pemberdayaan Masya­rakat Perempuan dan Keluarga Be­ren­cana (PMPKB) Kota Sawah­lunto Adriyusman, mengatakan, kecamatan layak anak meru­pakan gerakan dalam meme­nuhi kebutuhan dan hak-hak anak.

Mulai dari hak men­dapat­kan pendidikan, hak mendapat kesehatan yang layak, hak untuk bermain, hak mendapatkan hak sipil, dan hak perlindungan hukum. Ke depan, PMPKB Sawahlunto akan membentuk Desa Layak Anak.

“Untuk Desa Layak Anak akan kita laksanakan di tahun 2017 mendatang. Secara berta­hap, hak dan kebutuhan anak terus kita dekatkan, sehingga lebih mudah diterapkan dan diwujudkan,” ujar Adriyusman.

Adriyusman juga me­ngata­kan, pihaknya sudah mem­bentuk forum anak, dari level kota hingga desa, yang memiliki fungsi sebagai wadah untuk menampung aspirasi terkait hak dan kebutuhan anak, serta tempat berdiskusi terkait hal yang sama.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, mengatakan keberadaan kecamatan layak anak akan mampu berkontribusi dalam merealisasikan hak dan kebu­tuhan anak.(h/dil)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,23 Januari 2017 - 12:03:06 WIB

    Setelah Dibakar Kolonial Belanda Balai-Balai Adat Nagari Talawi Kembali Berdiri

    Setelah Dibakar Kolonial Belanda  Balai-Balai Adat Nagari Talawi Kembali Berdiri SAWAHLUNTO, HALUAN—Setelah puluhan tahun dirobohkan oleh kolonial Belanda, kini balai balai adat Nagari Talawi Sawahlunto kembali berdiri. Bangunan tersebut akan menjadi tempat bermusyawarah dalam melahirkan keputusan yang .
  • Selasa,30 Agustus 2016 - 03:29:13 WIB

    SHU Koppas Talawi 2015 Rp217 Juta

    SHU Koppas Talawi 2015 Rp217 Juta SAWAHLUNTO, HALUAN — Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Talawi Sawahlunto, terus berupaya membesarkan diri dengan mempererat tali silaturrahmi dengan anggota maupun nasabah. Upaya itu dilakukan dengan menggelar dharmawisata b.
  • Selasa,31 Mei 2016 - 03:23:10 WIB

    Talawi Hilir Juara Umum MTQ Kecamatan

    Talawi Hilir Juara Umum MTQ Kecamatan SAWAHLUNTO, HALUAN—Kafilah Desa Talawi Hilir kembali berjaya menjadi juara umum pada MTQ ke-45 tingkat Ke­camatan Talawi, Kota Sa­wahlunto. Desa Talawi Hilir berhasil sebagai pemuncak di atas Desa Tumupak Ta­ngah sebagai.
  • Selasa,26 April 2016 - 02:45:00 WIB

    Pasar Talawi akan Direvitalisasi

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mengucurkan dana segar sebanyak Rp950 juta, untuk mere­vitalisasi bangunan Pasar Talawi Sawah­lunto, melalui program revitalisasi pasar.
  • Selasa,02 Februari 2016 - 02:37:31 WIB

    Talawi Mudik Giatkan Budidaya Lengkeng

    Talawi Mudik Giatkan Budidaya Lengkeng SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 50 batang lengkeng (Dimocarpus longan) diba­gikan disetiap dusun yang ada di Desa Talawi Mudik Keca­matan Talawi Kota Sawah­lunto, yang merupakan ben­tuk dukungan dalam meng­giat­kan budi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM