PENGUKUHAN DAN RAKERNAS I DPP IKA UNAND 2016-2020

Alumni Etalase Universitas


Senin,05 Desember 2016 - 01:49:44 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Alumni Etalase Universitas SEGENAP pengurus DPP IKA Unand berfoto bersama usai dikukuhkan Rektor Universitas Andalas (Unand), Tafdil Husni, Minggu (4/12), di Aula Bank Indonesia (BI). Asman Abnur yang juga Menpan RB terpilih sebagai Ketua Umum DPP IKA Unand 2016-2020. (ISRA)

PADANG, HALUAN — Alum­ni merupakan etalase sebuah universitas. Kebe­radaan alumni akan sangat berpengaruh dalam kema­juan universitas. Berkem­bang atau tidaknya univer­sitas akan ditentukan oleh ujung tombaknya, yaitu alumni.

Hal ini disampaikan  Ke­tua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Universitas Andalas (DPP IKA Unand) yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, setelah diku­kuhkan oleh Rektor Unand, Tafdil Husni sebagai Ketua DPP IKA Unand, 2016-2020, Minggu (4/12) di Aula Bank Indonesia (BI).

“Alumni merupakan ujung tombak bagi sebuah universitas. Sehingga peran alumni untuk memajukan almamaternya sa­ngat­lah dibutuhkan. Karena keti­ka banyak alumni yang sukses orang akan melihat kalau univer­sitas tersebut bagus,” paparnya.

Ketika penilaian seperti ini telah melekat, maka nantinya akan banyak anak Sekolah Mene­ngah Atas (SMA ) yang berbon­dong-bondong masuk PT tersebut.

“Jadi, nanti tidak hanya IKA Unand saja yang harus diopti­malkan akan tetapi IKA fakultas dan IKA Unand di daerah juga,” paparnya di depan ratusan alumni dan tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Untuk pengoptimalan ini pihaknya akan membuat sebuah sistem yang berbasis kepada tek­nologi informasi, dimana nanti semua alumni yang ada akan dapat diketahui keberada­annya dengan mudah melalui aplikasi ini.  ”Se­hingga ketika dibutuhkan akan mudah saja untuk menghubu­nginya,” tukasnya.

 Asman Abnur menyebutkan, alumni Unand juga harus menjadi duta, bukan hanya kampus akan tetapi juga sebagai duta  derah Sumbar nantinya. Banyak dari potensi daerah Sumbar yang dapat dipromosikan oleh alumni. Apakah itu fesyen, kuliner dan juga destinasi wisata alamnya.

“Kalau alumni sudah terdata dengan baik tentu akan dapat digunakan oleh pemerintah dae­rah. Apa yang dapat disum­bang­kan bagi pembangunan daerah Sumbar,”papar pria kelahiran Padang Pariaman ini.

Asman juga berharap dengan peran Alumni, Unand akan men­jadi kampus global. Dimana akan dapat dikenal di seluruh dunia. “Nanti tidak hanya yang beram­but hitam yang akan berkuliah di sini tapi juga rambut pirang (maha­siswa asing, red),” ung­kapnya.

Lebih lanjut Asman Abnur menginstruksikan agar IKA Unand menyegerakan inventari­sasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKA Unand se-Indonesia dan mengupayakan untuk mem­bentuk DPD di daerah-daerah yang belum mendirikan DPD IKA Unand.

“Mari bangun kebersamaan. Inventarisasi dan perkuat DPD. Cari mana daerah yang belum bentuk IKA, segera bentuk. DPD ini akan membuka jaringan Unand. Coba kalau sampai ada DPD overseas itu kan luar biasa,” terangnya.

Asman Abnur juga mene­kan­kan agar pada saat penye­lengga­raan Rakernas dilaksanakan de­ngan serius dan diarahkan untuk menghasilkan program-program yang memiliki manfaat langsung dan jelas.

“Rakernas nanti, kurangi plan­ning dan program seminar-seminar. Jangan terlalu banyak. Seminar biar dilakukan oleh profesor-profesor atau doktor-doktor yang mau seminar tesis­nya. Buat program yang riil dan konkret yang benar-benar dira­sakan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Ir­wan Prayitno dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemprov Sumbar dan Unand adalah dua entitas yang saling mengisi dan memiliki satu sama lain di mana kemajuan salah satu entitas ada­lah juga kemajuan bagi entitas lainnya.

Dalam gaya pantunnya yang khas ia menyampaikan sari-sari terkait hal ini. “Sumbar maju karena Unand maju. Apabila diberitakan Unand mendapat nilai tidak baik, kami Pemerintah Provinsi turut sedih. Apabila Pemprov memiliki kinerja baik, itu tidak lepas dari kontribusi Unand karena banyak alumni Unand yang mengabdi di Pem­prov. Demikian rasa saling me­miliki itu,” katanya.

Gubernur juga mengimbau IKA Unand untuk terus kompak, bersatu, bekerja secara pro­fesio­nal dan mau berjibaku untuk memajukan tidak hanya Unand namun juga Provinsi Sumbar antara lain melalui program dan rekomendasi-rekomendasi yang bernas.

Irwan Prayitno secara khusus meminta dan memberi saran kepa­da Asman Abnur dalam kapa­sitasnya sebagai Ketua DPP IKA untuk dapat menyelenggarakan reuni alumni secara rutin, meng­upayakan penyusunan program-program bernas untuk kemajuan Unand dan Sumbar, dan penda­taan seluruh alumni Unand yang tersebar tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri pada saat Rakernas yang rencananya akan dilaksanakan di hari dan tempat yang sama.

Rektor Unand, Tafdil Husni, mengutarakan kegembiraannya atas terpilihnya Asman Abnur sebagai ketua DPP IKA Unand periode 2016-2020. Dengan ber­seloroh, ia mengatakan, “grogi saya melantik menteri tadi. Biasa­nya yang melantik menteri kan presiden. Bagaimanapun, saya bahagia karena IKA Unand kini dipimpin oleh seorang menteri.”

Tafdil Husni lebih lanjut menjelaskan, alumni memliki peran penting untuk mening­katkan kualitas dan membesarkan almamaternya, tidak hanya di lingkup nasional, namun juga lintas negara.

 ”Kami tengah mendorong 10 program studi untuk bisa dapat akreditasi internasional. Strategi untuk itu antara lain membawa nama Unand di lingkungan inter­nasional dan melakukan per­cepatan penyebaran riset. Alumni punya peran besar di sini,” ung­kapnya.

Peningkatan mutu Unand, sambung Tafdil Husni lagi, juga bisa dilakukan oleh alumni sesuai peran sosial dan kapasitasnya yakni dengan mempromosikan Unand sebagai pilihan utama kepada siswa-siswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke jen­jang yang lebih tinggi.

“Alumni yang memiliki kom­petensi memiliki kapabilitas untuk menggiring opini calon-calon mahasiswa yang hendak memilih universitas. Kampus-kampus di Pulau Jawa menjadi besar dan terkenal salah satunya karena ini. Saya berharap alumni dapat menjalankan peran ini sehingga Unand memiliki banyak input yang bagus, kita proses melalui pendidikan yang baik. Inshaallah, Unand akan mela­hirkan output yang juga bagus yang secara tidak langsung akan meningkatkan mutu Unand seba­gai sebuah institusi pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Taslim Chaniago, mengatakan bahwa pengkuhun dan Rakernas I ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. Pada Sabtu (3/12) telah dilakukan acara senam sehat dan juga peluncuran program Elok Laku pandai Manabuang’di GOR H Agus Salim Padang. Dimana kegiatan ini berkat kerjasama antara IKA Unand, Bank BTPN, dan OJK Pusat. (h/adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,02 Juli 2017 - 13:07:47 WIB

    Siapkan Reuni Akbar 2018, Alumni SMP 7 Akan Tebar 1.000 Alquran

    Siapkan Reuni Akbar 2018, Alumni SMP 7 Akan Tebar 1.000 Alquran PADANG, HALUAN --- Ikatan Keluarga Alumni 'Dunsanak' 98 SMP Negeri 7 Padang, manfaatkan momentum IdulfitriI dengan menggekar hala bi halal (HbH). HbH digelar beberapa waktu lalu di J Six Cafe Jalan Juanda Padang, hasilnya sel.
  • Jumat,12 Mei 2017 - 11:22:09 WIB

    Reuni Alumni SMPN 1 Padang Angkatan 1985 Lestarikan Tradisi Makan Bajamba

    Reuni Alumni SMPN 1 Padang Angkatan 1985  Lestarikan Tradisi Makan Bajamba PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ranah Minang kaya dengan berbagai adat istiadat dan budaya yang menarik dan unik. Salah satu dari budaya yang ada di daerah ini adalah tradisi makan bajamba, yakni makan bersama-sama tanpa piring..
  • Senin,13 Maret 2017 - 09:04:55 WIB

    Anda Alumni SMA 3 Padang? Daftarkan Diri di Website Ikasmantri

    Anda Alumni SMA 3 Padang? Daftarkan Diri di Website Ikasmantri PADANG, HALUAN—Pengurus Besar (PB) Ikasmantri Padang meluncurkan website resmi www.ikasmantri.or.id yang dapat diakses seluruh alumni, Minggu (12/3) bersamaan dengan momen Rapat Kerja PB Ikasmantri 2017. Website ini memuat .
  • Rabu,08 Maret 2017 - 09:52:18 WIB

    Ikasmantri Bantu Alumni Korban Kebakaran

    PADANG, HALUAN—Alumni SMA 3 Padang sangat peduli dengan rekannya sesama alumni. Kepedulian itu salah satunya diwujudkan dalam bentuk penyerahan bantuan untuk alumni, Sudirmanto (Angkatan 81) yang ditimpa musibah kebakaran. .
  • Jumat,24 Februari 2017 - 16:01:02 WIB

    Alumni SMA 2 Padang Angkatan 87 Bantu Panti Asuhan

    Alumni SMA 2 Padang Angkatan 87 Bantu Panti Asuhan PADANG, HALUAN – Sejumlah kegiatan sosial digelar oleh Alumni SMA 2 Padang Angkatan 87 memperingati 30 tahun angkatan ini. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah dengan melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Khusus Ana.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM