FAKULTAS SYARIAH IAIN BUKITTINGGI

Miliki Prospek Cerah dalam Penguatan Hukum Islam


Jumat,02 Desember 2016 - 01:24:13 WIB
Miliki Prospek Cerah dalam Penguatan Hukum Islam DEKAN Fakultas Syariah, Dr. Arsal, M.AG bersama Mahfud MD dalam acara Seminar Nasiona. (HUMAS)

BUKITTINGGI, HALUAN — Hukum Islam sebagai sistem hukum yang juga berlaku di Indonesia mem­punyai kedudukan dan arti yang sangat penting dalam rangka pelaksanaan pemba­ngunan manusia seutuhnya, yakni baik pembangunan dunia maupun pembangu­nan akhirat, baik di bidang materil, maupun di bidang mental-spiritual.

Sehubungan dengan adanya prinsip-prinsip hukum Islam dalam pembangunan, maka pen­duduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam harus merasa mempunyai kewajiban untuk lebih banyak berpartiipasi, ber­interaksi dan berasimilasi terha­dap pelaksanaan hukum Islam di Indonesia. Fakultas Syariah Insti­tut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi yang fokus mengkaji itu bisa menjadi solusi dan pros­pektif menjawab tantangan per­soalan hukum terutama hukum islam di masyarakat.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi Dr. Arsal, M.Ag me­ngatakan, jurusan yang ada di Fakultas Syariah ini bila dihu­bungkan dengan kebijakan aturan perundang-undangan di Indo­nesia, semuanya sangat relevan menjawab berbagai persoalan hukum Islam yang terjadi di masyarakat.

Untuk itu menurutnya, Fakul­tas Syariah memberikan berbagai pengutan terhadap mahasiswa diantaranya penguasaan kitab kuning, hukum acara pengadilan agama dan negeri, penguatan berbahasa arab dan inggris dan berbagai penguatan lainnya. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa nanti mampu dan cakap dalam menghadapi berbagai persoalan umat.

Dalam menjalankan pendi­didikan kata Arsal, ada beberapa prinsip yang ditujukan untuk mencerdaskan mahasiswa, yaitu Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran Hukum Islam yang berwawasan Humanisme dan Kebangsaan, Mengembangkan tradisi ijtihad dalam penggalian Hukum Islam untuk kepentingan Akademis dan Masyarakat, Me­ningkatkan Peran serta Fakultas Syari’ah dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengin­te­grasian Hukum Islam dengan Hukum Positif, dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang hukum Islam.

Menyikapi perubahan gelar SHI menjadi SH ini, menurut Arsal menjadi sesuatu yang mence­rahkan bagi Fakultas Syariah dalam konteks alumni, artinya alumni punya ruang dan kesem­patan yang sama dengan per­guruan tinggi umum lainnya. Untuk itu saat ini Fakultas Sya­riah sekarang memberikan pe­nguatan terhadap keilmuan dan kurikulum untuk merespon perubahan gelar tersebut.

Saat ini terangnya, Fakultas Syariah yang berlokasi di Kampus I IAIN Bukittinggi, Jalan Panin­jauan Garageh memiliki Empat Jurusan, yaitu Jurusan Hukum Keluarga Islam, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana Islam dan Hukum Ekonomi Islam. Untuk mendukung itu Fakultas Syariah sudah menjalin kerjasama baik di tingkat lokal, nasional maupun mancanegara. Seperti baru-baru ini dilakukan kerjasama dengan Pengadilan tinggi Agama Kota Padang, MoU dengan Dinas Sya­riat Islam Nangroe Aceh Darus­salam, KPU Kota Bukittinggi dan berbagai kerjasama lainnya.

“Kiprah alumni Fakultas Sya­riah IAIN Bukittinggi yaitu me­layani kehidupan agama seperti Da’i, Dosen, Pegawai Negeri, Pemikir dan Hakim/Panitera Pe­ngadilan Agama.

Alhamdulillah alumni Fakultas Syariah sudah tersebar di seluruh penjuru Negeri Indonesia  di berbagai instansi, Artinya hingga saat ini Fakultas Syariah sudah berbuat banyak untuk kepentingan bangsa dan negara serta pengembangan hu­kum agama Islam di Indonesia,” ujar Dekan Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi, Arsal. (h/tot/adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM