FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam


Kamis,01 Desember 2016 - 01:24:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam DEKAN FEBI IAIN Bukittinggi melakukan Nota Kesepahaman dan Piagam Kerjasama di Lingkungan FEBI IAIN Bukittinggi. (HUMAS IAIN)

BUKITTINGGI, HALUAN — Perekonomian Islam di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang secara signifikan. Di sektor keua­ngan syariah misalnya saat ini sudah banyak bank-bank syariah yang me­nga­lami pertumbuhan dari ta­hun ke tahun, baik dari segi pertumbuhan aset, penda­naan (funding) dan pembia­yaan (financing) yang me­ngalami pertambahan. Mes­kipun dari sektor perbankan nasional bank syariah baru men­dapat share 3 % dari perbankan nasional.

Melihat hal itu, Fakultas Eko­nomi Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bu­kittinggi, menjawab tantangan perekonomian saat ini dengan meningkatkan regulasi pere­konomian Islam.

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bukit­tinggi H. Harfandi, SE, M.Si mengatakan, untuk perkem­bangan ekonomi Islam ke depan yang lebih maju lagi, perlu per­hatian dari segala pihak dari akademisi, praktisi, masyarakat dan pemerintah, terutama dalam masalah regulasi.

Saat ini Febi menurut Har­fandi, FEBI sebagai salah satu sub sistem yang bertanggung jawab untuk membangun kader-kader ekonomi Islam sebagai penerus bangsa dan agama, maka tang­gung jawab FEBI untuk melaku­kan Islamisasi ilmu ekonomi, sesuai dengan cita-cita untuk mewujudkan integrasi keilmuan dan keislaman. 

FEBI berupaya menjadikan mahasiswa yang memiliki ke­mampuan akademis, religius dan berakhlak mulia dibidang eko­nomi Islam, serta menciptakan citra bagi dosen yang ikhlas dalam menjalankan tugas.

“Oleh karena itu dilakukan berbagai kiat yaitu menetapkan komitmen bersama dalam men­jalin team work yang solid ikhlas, jujur dan profesional dalam bekerja, menjunjung nilai-nilai sya­riah dan peraturan yang ber­laku dalam melaksanakan tugas, menempatkan segala bentuk ke­giatan dalam rangka beribadah kepada Allah SWT, menyadari sepenuh hati tugas adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik, mengutamakan kerjasama yang baik dalam pelaksanaan tugas, mengambil yang terbaik setiap keputusan melalui musya­warah, mengelola Fakultas de­ngan sidiq, Amanah, fathonahdan Tablig dan menempatkan visi fakultas dengan doa, ikhtiar, tawakal kepada Allah SWT” ujar Harfandi.

FEBI IAIN terangnya, terdapat empat jurusan yaitu D3 Per­bankan Syariah, Ekonomi Islam S1, Perbankan Syariah S1 dan Akuntansi Syariah S1. Saat ini di FEBI mahasiswa yang aktif seba­nyak 2.485. Mahasiswa diarahkan nanti bisa menguasi ilmu ekonomi dan bisnis Islam serta mampu menerapkan dan menjadi peng­gerak ekonomi Islam di tengah-tengah masyarakat.

Dalam rangka penguatan FEBI sampai sekarang, FEBI IAIN sudah melakukan kerjasama de­ngan berbagai macam instansi baik di tingkat lokal, nasional dan  mancanegara.

Di antaranya MoU dengan BRI Syariah, MoU dengan bank Syariah Bukopin Bukittinggi, MoU dengan BPRS Haji Miskin, MoU dengan Ko­perasi Jasa Ke­uangan Syariah Al-Anshari, Mou dengan Baznas Kota Bukittinggi, MoU dengan International Institute Of Islamic Thought (IIIT) Malaysia, Mou dengan BRI Sya­riah, kerjasama dengan anggota asosiasi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (AFEBIS), Mou dengan Asuransi Syariah Al-Amin Padang dan lain sebagainya.

“Berbagai kerja sama ini mem­buahkan hasil terhadap alumni. Alhamdulillah saat ini alumni FEBI sudah diterima diberbagai lembaga keuangan diantaranya di bank-bank syariah, BSM, Bank Syariah, Bukopin, BRI Syariah, BPRS Haji Miskin, BPR Carana Kiat Andalas, Bank-bank konven­sional , Bank mandiri, BTN, BRI, dan lainnya.  Kemudian juga ada yang berwirausaha,” ucap Har­fandi. (h/tot/adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM