DI SUMATERA

Pariaman Kota Pertama Terapkan Siskeudes


Rabu,30 November 2016 - 00:51:20 WIB
Pariaman Kota Pertama Terapkan Siskeudes Walikota Pariaman Mukhlis R berjabat tangan dengan Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV Chinggih Widanarto, di sela acara workshop Peningkatan Kapabilitas Penyusunan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa se-Kota Pariaman, Selasa (22/11).

PARIAMAN, HALUAN — Kota Pariaman yang pertama menerapkan sistem pengelolaan keuangan desa (siskeudes) berbasis aplikasi di Sumatera.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, diwa­kili Koor­dinator Pengawasan JFA Bi­dang Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV Chinggih Wi­danarto, pada acara workshop Peningkatan Kapabilitas Pe­nyusunan Akuntabilitas Penge­lolaan Keuangan Desa se-Kota Pariaman, Selasa (22/11).

Kota Pariaman secara kon­sisten dan terus menerus mela­porkan proses akuntabilitas pengelolaan keuangan desa secara baik melalui aplikasi besutan BPKP itu.

Pengelolaan dana desa ha­rus transparan dan kepala desa harus bisa mempertang­gung­jawab­kan penggunaan keua­ngan. Pertanggungjawaban itu tidak hanya kepada pemerintah, tetapi juga kepada masyarakat.

Chinggih menjelaskan juga, siskeudes berbasis aplikasi tersebut dapat meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang ada. Dengan adanya sis­tem ini juga diharapkan pe­ngelolaan keuangan desa se­makin tepat guna, tepat sasaran, dan tepat waktu.

Sementara Walikota Paria­man Mukhlis R, mengatakan, sangat serius dengan pe­nge­lolaan keuangan desa.

“Sistem siskeudes memang baru bagi kita tetapi dengan terus belajar dan tetap ber­koordinasi dengan BPKP per­wakilan Sumbar, maka semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik,” katanya.

Namun diingatkan kepada kepala desa dan perangkat desa,  harus tetap berhati-hati me­ngelola keuangan desa,  oleh sebab itu penyusunan keuangan desa harus transparan, akun­tabel dan partisipatif, karena masyarakat memiliki hak untuk mengetahui anggaran desa, berhak menuntut pertang­gungjawaban atas rencana maupun pelaksanaan dana desa.

Peserta diminta betul-betul mengikuti workshop, karena sangat berguna dalam pela­poran keuangan masing-masing desa. Kegiatan tersebut diikuti 165 orang dari 55 desa yang ada di Kota Pariaman.(h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM