DI SUMATERA

Pariaman Kota Pertama Terapkan Siskeudes


Rabu,30 November 2016 - 00:51:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pariaman Kota Pertama Terapkan Siskeudes Walikota Pariaman Mukhlis R berjabat tangan dengan Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV Chinggih Widanarto, di sela acara workshop Peningkatan Kapabilitas Penyusunan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa se-Kota Pariaman, Selasa (22/11).

PARIAMAN, HALUAN — Kota Pariaman yang pertama menerapkan sistem pengelolaan keuangan desa (siskeudes) berbasis aplikasi di Sumatera.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, diwa­kili Koor­dinator Pengawasan JFA Bi­dang Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV Chinggih Wi­danarto, pada acara workshop Peningkatan Kapabilitas Pe­nyusunan Akuntabilitas Penge­lolaan Keuangan Desa se-Kota Pariaman, Selasa (22/11).

Kota Pariaman secara kon­sisten dan terus menerus mela­porkan proses akuntabilitas pengelolaan keuangan desa secara baik melalui aplikasi besutan BPKP itu.

Pengelolaan dana desa ha­rus transparan dan kepala desa harus bisa mempertang­gung­jawab­kan penggunaan keua­ngan. Pertanggungjawaban itu tidak hanya kepada pemerintah, tetapi juga kepada masyarakat.

Chinggih menjelaskan juga, siskeudes berbasis aplikasi tersebut dapat meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang ada. Dengan adanya sis­tem ini juga diharapkan pe­ngelolaan keuangan desa se­makin tepat guna, tepat sasaran, dan tepat waktu.

Sementara Walikota Paria­man Mukhlis R, mengatakan, sangat serius dengan pe­nge­lolaan keuangan desa.

“Sistem siskeudes memang baru bagi kita tetapi dengan terus belajar dan tetap ber­koordinasi dengan BPKP per­wakilan Sumbar, maka semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik,” katanya.

Namun diingatkan kepada kepala desa dan perangkat desa,  harus tetap berhati-hati me­ngelola keuangan desa,  oleh sebab itu penyusunan keuangan desa harus transparan, akun­tabel dan partisipatif, karena masyarakat memiliki hak untuk mengetahui anggaran desa, berhak menuntut pertang­gungjawaban atas rencana maupun pelaksanaan dana desa.

Peserta diminta betul-betul mengikuti workshop, karena sangat berguna dalam pela­poran keuangan masing-masing desa. Kegiatan tersebut diikuti 165 orang dari 55 desa yang ada di Kota Pariaman.(h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,18 Agustus 2017 - 09:57:11 WIB

    Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik

    Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 150 kepala keluarga (KK) warga Jorong Gumali Bukit Jariang, Nagari Guguak Kuranji Ilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, sejak 15 Agustus 2017 serasa baru merasak.
  • Selasa,08 Agustus 2017 - 21:35:17 WIB

    Praja Terbaik IPDN Berasal dari Padang Pariaman

    Praja Terbaik IPDN Berasal dari Padang Pariaman SUMEDANG, HARIANHALUAN.COM—Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor Kabupaten Sumedang kembali melakukan wisuda, Senin (7/8)..
  • Selasa,08 Agustus 2017 - 10:35:29 WIB

    Pariaman Ekspo Segera Digelar, Pemko Targetkan Transaksi Rp3 Miliar

    Pariaman Ekspo Segera Digelar, Pemko Targetkan Transaksi Rp3 Miliar PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Pariaman menargetkan Rp3 miliar transaksi selama pelaksanaan Pariaman Ekspo 2017. Rencananya helat besar itu akan diadakan di Pantai Gandoriah pada 13 Agustus mendatang..
  • Kamis,27 Juli 2017 - 13:28:11 WIB

    14 Desa di Kota Pariaman Kategori Kumuh

    14 Desa di Kota Pariaman Kategori Kumuh PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 14 desa di Kota Pariaman sampai kini masih berada dalam kawasan kumuh. Desa-desa tersebut tetap menjadi prioritas oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk pengembangan dalam 2017 bersama Bus.
  • Minggu,16 Juli 2017 - 17:21:43 WIB

    Pariaman Bakal Bangun Dua Dermaga Apung

    Pariaman Bakal Bangun Dua Dermaga Apung PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dua Dermaga Apung, Agustus ini ba kal dibangun pada dua lokasi di Pariaman yaitu di pantai Gandoriah dan Pulau Tangah. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM