Padi Gadang Rumpun Jadi Benih Unggul Berlabel Nasional


Selasa,29 November 2016 - 00:27:10 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Varietas lokal padi, gadang rumpun akan segera dipraseminarkan untuk mendapat pengakuan sertifikasi label benih unggul dari pemerintah. Direncanakan praseminar itu digelar pekan pertama Desember 2016 ini. 

Kepala Bidang Pertanian Tanaman Pangan dan Hor­tikultura Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Sawahlunto Heni Purwaningsih menye­butkan, upaya untuk menja­dikan padi gadang rumpun sebagai salah satu varietas benih yang bersertifikat su­dah diupayakan pihaknya semenjak 2013 lalu.

Dimulai dengan uji cita rasa benih varietas lokal asli Sawahlunto ini telah diba­gikan kepada petani petani yang ada, agar petani tersebut bisa mencoba sendiri cita rasanya.

“Soalnya pengakuan cita rasa itu pertama kalinya adalah penting dilakukan oleh petani yang akan mela­kukan cocok tanam,” kata alumni pasca sarjana Unand ini. 

Usai uji cita rasa, sebut Heni, dilanjutkan dengan tanam, uji adaptasi musim dan uji ketahanan penyakit atau hama yang melibatkan perguruan tinggi, Balai Peng­kajian Teknologi Pertanian serta Balai Besar Penelitian Suka Mandi Jawa Barat. 

Selain cita rasa yang gu­rih, lanjut Heni, varietas padi gadang rumpun ini juga mam­pu menghasilkan gabah kering giling hingga 8 ton per hektarenya.

Ini tentunya akan mampu menjadi upaya bersama da­lam meningkatkan produksi padi Sawahlunto di tengah keterbatasan lahan persa­wahan apalagi persawahan di kota ini didominasi oleh persawahan tadah hujan.

“Sudah hampir seluruh kelompok tani yang telah menanam padi gadang rum­pun dan hasilnya pun terjadi peningkatan satu hingga dua ton perhektarenya,” ungkap Heni.

Heni menilai,  padi ga­dang rumpun yang ditemu­kan oleh petani asli ‘Kota Arang’ dengan hasil produksi yang cukup baik akan dido­rong terus untuk diopti­mali­sasikan, sehingga akan mam­pu mendorong peningkatan pendapatan ekonomi para petaninya, sekaligus menyuk­seskan swasembada pangan yang telah dicanangkan pe­merintah pusat.

Menyikapi hasil panen yang dinilai mampu mening­katkan penghasilan dari para petani itu, Wako Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan bahwa sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat untuk ber­swasembada pangan, maka Kota Sawahlunto juga akan menyinergikannya.

Untuk mendukung prog­ram pemerintah pusat, kata Ali Yusuf, pemerintah daerah harus melakukan penemuan-penemuan baru di bidang teknologi pertanian, termasuk penemuan varietas benih padi yang mampu meningkatkan produksi padi masyarakat.

“Jika padi gadang rum­pun sudah kita patenkan dan berlabel nasional, maka selu­ruh petani akan diimbau untuk menggunakan varietas asli Sawahlunto ini, sehingga akan mendongkrak hasil gabah kering untuk kese­jahteraan semua petani, “ katanya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM