PREDIKSI KPU SAWAHLUNTO

Pemilih Pemula Bertambah 3.430 Jiwa


Selasa,29 November 2016 - 00:26:40 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto memperkirakan kenaikan jumlah pemilih pemula mencapai 3.430 jiwa pada pilkada serentak 2018 di kota itu.

Data tersebut diper­oleh dari hasil perkiraan sementara KPU dalam beberapa kegiatan so­sialisasi pendidikan pe­milu bagi calon pemilih pemula untuk pelajar se­kolah lanjutan tingkat atas (SLTA) sepanjang 2016 ini.

Ketua KPU Sawah­lunto Afdhal menga­ta­kan, jumlah pemilih yang ter­daftar pada daftar pe­milih tetap (DPT) Pilgub Sum­bar yang dise­leng­garakan pada 2015 seba­nyak  43.­000 lebih jum­lah pemilih, diperkirakan akan me­ngalami peningkatan se­besar 8 persen dengan perkiraan jumlah pemilih men­capai  45.000 hingga 46.000 jiwa yang ada.

“Kita perkirakan terja­di kenaikan jumlah pemilih pemula pada Pemilu nanti­nya. Ter­kait sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan sosialisasi terhadap pe­milih pemula yang terus dilakukan pihaknya. Kita ingin memacu tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada serentak nanti, yakni dengan mencip­takan mereka sebagai pelopor demokrasi yang dapat mengawal dengan sikap kritis penuh rasa tanggung jawab sehingga cita-cita untuk mewu­judkan pemilu yang ber­kualitas bisa terselenggara dengan baik di kota ini,” sebutnya

Di samping itu, pihak­nya juga memberikan motivasi bagi para calon pemilih pemula untuk turut berperan aktif menjaga iklim demokrasi yang sehat dan bebas dari praktik-praktik kecu­ra­ngan serta turut menolak politik uang. Dengan demikian pelu­ang masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas semakin besar. 

Disinggung tentang biaya, pihaknya  mem­perkirakan biaya pelak­sanaan Pilkada serentak pada 2018 Sawahlunto mencapai angka Rp14,8 miliar lebih.

“Dari lembaran estimasi pembiayaan yang sudah diserahkan KPU ke pihak pemerintah daerah setempat, tergambar biaya terbesar diserap pada pos anggaran pelaksanaan dengan total sebesar Rp9,72 miliar,” te­rang­nya.

Namun sebutnya,  setelah usulan tersebut dikaji melalui rapat pleno KPU Kota Sawahlunto, ternyata ada beberapa item anggaran yang tidak bisa ditekan jumlahnya sehingga pihaknya kem­bali mengusulkan ra­sionalisasi anggaran sebesar Rp12,8 miliar.(h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM