PREDIKSI KPU SAWAHLUNTO

Pemilih Pemula Bertambah 3.430 Jiwa


Selasa,29 November 2016 - 00:26:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SAWAHLUNTO, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto memperkirakan kenaikan jumlah pemilih pemula mencapai 3.430 jiwa pada pilkada serentak 2018 di kota itu.

Data tersebut diper­oleh dari hasil perkiraan sementara KPU dalam beberapa kegiatan so­sialisasi pendidikan pe­milu bagi calon pemilih pemula untuk pelajar se­kolah lanjutan tingkat atas (SLTA) sepanjang 2016 ini.

Ketua KPU Sawah­lunto Afdhal menga­ta­kan, jumlah pemilih yang ter­daftar pada daftar pe­milih tetap (DPT) Pilgub Sum­bar yang dise­leng­garakan pada 2015 seba­nyak  43.­000 lebih jum­lah pemilih, diperkirakan akan me­ngalami peningkatan se­besar 8 persen dengan perkiraan jumlah pemilih men­capai  45.000 hingga 46.000 jiwa yang ada.

“Kita perkirakan terja­di kenaikan jumlah pemilih pemula pada Pemilu nanti­nya. Ter­kait sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan sosialisasi terhadap pe­milih pemula yang terus dilakukan pihaknya. Kita ingin memacu tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada serentak nanti, yakni dengan mencip­takan mereka sebagai pelopor demokrasi yang dapat mengawal dengan sikap kritis penuh rasa tanggung jawab sehingga cita-cita untuk mewu­judkan pemilu yang ber­kualitas bisa terselenggara dengan baik di kota ini,” sebutnya

Di samping itu, pihak­nya juga memberikan motivasi bagi para calon pemilih pemula untuk turut berperan aktif menjaga iklim demokrasi yang sehat dan bebas dari praktik-praktik kecu­ra­ngan serta turut menolak politik uang. Dengan demikian pelu­ang masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas semakin besar. 

Disinggung tentang biaya, pihaknya  mem­perkirakan biaya pelak­sanaan Pilkada serentak pada 2018 Sawahlunto mencapai angka Rp14,8 miliar lebih.

“Dari lembaran estimasi pembiayaan yang sudah diserahkan KPU ke pihak pemerintah daerah setempat, tergambar biaya terbesar diserap pada pos anggaran pelaksanaan dengan total sebesar Rp9,72 miliar,” te­rang­nya.

Namun sebutnya,  setelah usulan tersebut dikaji melalui rapat pleno KPU Kota Sawahlunto, ternyata ada beberapa item anggaran yang tidak bisa ditekan jumlahnya sehingga pihaknya kem­bali mengusulkan ra­sionalisasi anggaran sebesar Rp12,8 miliar.(h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,11 Februari 2017 - 08:19:11 WIB

    Pilkada Payakumbuh, Pemilih Ditarget 77.5 Persen

    Pilkada Payakumbuh, Pemilih Ditarget 77.5 Persen PAYAKUMBUH, HALUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menargetkan partisipasi pemilih untuk Pilkada serentak tanggal 15 Februari 2017 mendatang sebesar 77,5 Persen. Prediksi angka ini didapat setelah melihat minat .
  • Senin,21 November 2016 - 00:12:50 WIB

    KPUD Gencarkan Sosialisasi pada Pemilih Pemula

    PADANG PANJANG, HALUAN—Meskipun Kota Padang Panjang tidak mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Padang Panjang tetap menggencarkan berbagai sosiali.
  • Selasa,30 Agustus 2016 - 20:38:36 WIB

    23 Nagari di Agam Batal Mengikuti Pemilihan Walinagari 2016? Ini Alasannya

    23 Nagari di Agam Batal Mengikuti Pemilihan Walinagari 2016? Ini Alasannya AGAM, HALUAN- Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Agam yang direncakan pada Desember 2016 diketahui batal. Salah satu penyebab tertundanya pesta demokrasi tersebut karena tidak cukupnya anggaran. .
  • Kamis,12 Mei 2016 - 04:26:22 WIB

    Disbudpar Gelar Pemilihan Bujang Jo Gadih

    BUKITTINGGI, HALUAN — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bu­kittinggi, kembali membuka pendaftaran untuk Pe­mi­lihan Duta Wisata Bujang Jo Gadih Kota Bukittinggi ta­hun 2016..
  • Jumat,15 Januari 2016 - 03:11:39 WIB

    Tingkat Partisipasi Pemilih 70 Persen

    SOLOK, HALUAN — Ting­kat partisipasi pemilih da­lam pemilihan Walikota/Wakil Walikota Solok 9 Desember lalu mencapai 70 %, artinya masyarakat cu­kup antusia menentukan pe­mim­pinnya untuk 5 tahun ke­depan dengan ber­.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM