Anak-anak di Padang Panjang Kini Punya Kartu Identitas Anak


Senin,28 November 2016 - 20:29:07 WIB
Anak-anak di Padang Panjang Kini Punya Kartu Identitas Anak Ilustrasi anak-anak/Dokumentasi Haluan

PADANG PANJANG, HALUAN—Pemerintah Kota Padang Panjang mulai memberlakukan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak di bawah umur 17 tahun.

 

Walikota Hendri Arnis mengatakan saat ini pemerintah telah melakukan uji coba penerapan KIA pada 50 kabupaten dan kota di Indonesia, yang rencananya akan mulai diterapkan di seluruh Kabupaten/Kota pada Tahun 2017 mendatang.

 

”KIA ini merupakan program baru yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga memerlukan berbagai persiapan dan sosialisasi, kepemilikan KIA ini merupakan bentuk pemenuhan hak konstitusional yang penting, karena menjadi salah satu identitas anak yang dilindungi negara, ” ujarnya Hendri Arnis di Padang Panjang, Senin (28/11).

 

Ia mengatakan, banyak manfaat atas pemberlakuan KIA yakni sebagai tanda pengenal atau bukti diri, persyaratan pendaftaran sekolah, melakukan transaksasi keuangan di perbankan atau rumah sakit, pembuatan dokumen keimigrasian, mengurus klaim santunan kematian, mencegah terjadinya perdagangan anak serta membantu Pemerintah Daerah mendata perkembangan generasi muda.

 

Dikatakan, Pemerintah Daerah terus berupaya memenuhi Hak Sipil Anak serta mendorong peningkatan kesejahteraan anak, baik secara jasmani maupun rohani, dalam rangka mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai Kabupaten Layak Anak.

 

“Setelah diluncurkannya KIA ini, saya berharap kedepannya bisa meminimalisir terjadinya eksploitasi terhadap anak-anak di Padang Panjang. Karena secara otomatis dengan kepemilikan KIA, nama sekaligus alamat lengkap si pemilik tercantum dalam kartu tersebut, yang memudahkan pemerintah untuk memantau keberadaan mereka dan orang tuanya,” harap Hendri Arnis. (h/mg-pis)

 

Editor : Rivo Septi Andries

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM