MELAWAT KE MALAYSIA

Siswa Berprestasi Kunjungi Kolej Vokasional Dato’ Lela Maharaja


Kamis,24 November 2016 - 00:33:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Siswa Berprestasi Kunjungi Kolej Vokasional Dato’ Lela Maharaja BUPATI H Irdinansyah Tarmizi bersama siswa berprestasi Tanah Datar saat mengunjungi kampus sekolah di negara jiran Malaysia. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN — Rombongan siswa ber­prestasi Tanah Datar yang dipimpin langsung Bupati Ta­nah Datar Irdinansyah Tarmizi disambut meriah di Kolej Vo­ka­sional Dato’ Lela Maharaja Remban Negeri Sembilan Ma­laysia.

Anggota rombongan siswa berprestasi dari Luhak nan Tuo tersebut disambut dengan pe­nam­pilan kesenian cak lem­pong, kalau di Tanah Datar dikenal dengan kesenian talem­pong, saat berkunjung ke seko­lah tersebut, Selasa (15/11). 

Kolej Vokasional Dato’ Lela Maharaja ini merupakan sekolah di bidang pertanian yang terdapat di Remban Ne­geri Sembilan Malaysia. Berdiri sejak tahun 1958 di bawah rancangan Colombo dengan program pendidikan akademik, vokasional, pertanian dan sains.

Seperti diceritakan kepala sekolah atau pengarah Tuan Basri Bin Dalmat, sekolah ini sering berganti nama. Pada tahun 1961, Kolej Vokasional Dato’ Lela ini berganti nama sekolah latihan perusahaan dengan penawaran kursus sela­ma dua tahun untuk pelajar dewasa, dan dikenali sebagai sekolah Pertukangan Luar Bandar. 

Saat ini sekolah teknik seluas 21 Ha tersebut memiliki kursus kejuruan mekanikal dengan vokasional hortikultura hiasan dan landskap, teknologi tanaman, agro industri tana­man, agro industri ternak, pengurusan perniagaan, dan komputer.

“Sekolah ini juga sangat memperhatikan keselamatan peserta didik selama di sekolah, melaporkan perkembangan akademik anak sekurang-ku­rangnya 3 kali setahun,” jelas Basri Bin Dalmat.

Sementara itu, Bupati Ta­nah Datar Irdinansyah Tarmizi, dalam sambutannya juga men­je­laskan program pendidikan kejuruan di Tanah Datar, se­perti SMK Pertanian, SMKN Lintau Buo, yang hampir sa­ma dengan sekolah kejuruan di Remban tersebut.

Perbedaannya, kalau di Kolej Vokasional, jenjang pendidikannya setara diploma, dengan jangka waktu pen­didikan selama 4 tahun. Di Tanah Datar siswa SMK yang lulus juga bisa melanjutkan ke diploma dengan melanjutkan ke Akademi Komunitas Tanah Datar yang saat ini juga sudah ada.

Sebelumnya Irdinansyah juga menjelaskan tentang kun­jungan siswa berprestasi terse­but ke Kolej Vokasional ini, seperti mem­pererat hubungan pendidikan kedua negara Indo­nesia-Malaysia yang serumpun, juga sebagai pembelajaran bagi siswa dan pembimbing untuk terus me­ning­katkan kualitas pendidikan di Tanah Datar.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,11 Mei 2017 - 18:03:04 WIB

    Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi

    Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Naskah kuno di Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar banyak yang rusak. Mengatasi agar informasi di naskah tersebut, empat mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Andalas (Unand) angkatan 2014 mela.
  • Jumat,21 April 2017 - 01:32:17 WIB

    Empat Siswa Raih Medali Emas O2SN dan FL2SN

    PADANG PARIAMAN, HALUAN -- Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) Kecamatan V Koto Kampung Dalam, berhasil meraih empat mendali emas tingkat Kabupaten Padang Pariaman.
  • Selasa,14 Maret 2017 - 08:25:27 WIB

    Nagari Situmbuak Danai Siswa untuk 'Barandai'

    TANAH DATAR, HALUAN - Sanggar Satumpuak Ampek Jurai melatih 30 orang siswa untuk main randai. Di antara siswa yang terdiri dari tingkat pendidikan SLTP dan SMA tersebut berasal satu nagari yaitu dari Nagari Situmbuak Kecamata.
  • Selasa,14 Februari 2017 - 08:53:47 WIB

    Siswa Keracunan, Polisi Buru Pedagang Tahu

    Siswa Keracunan, Polisi Buru Pedagang Tahu SOLOK, HALUAN -- Peristiwa keracunan jajanan bakso tahu yang mengakibatkan 28 murid SD 03 Pasar Baru, Cupak, Gunung Talang memasuki babak baru. Polisi setempat memberi perhatian atas peristiwa ini dan akan mencari pedagang ya.
  • Minggu,05 Februari 2017 - 19:44:27 WIB

    Tidak Masuk Sekolah, Siswa di Pessel Disuruh Bawa Pot Bunga

    Tidak Masuk Sekolah, Siswa di Pessel Disuruh Bawa Pot Bunga PAINAN, HALUAN—Perang terhadap Pungutan Liar (Pungli) telah dinyatakan oleh pemerintah yakni dengan membentuk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang disingkai tim Saber Pungli. Meski sudah dibentuk dibeberapa kabupaten dan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM