HMI Pasbar Ciptakan Kader yang Punya Jiwa Sosial Tinggi


Selasa,22 November 2016 - 20:29:21 WIB
HMI Pasbar Ciptakan Kader yang Punya Jiwa Sosial Tinggi KADER HMI PASBAR -- Ketua Krop Alumni HMI (KAHMI) Pasaman Barat Syahrul Ramadhan Tanjung diskusi bersama para Kader HMI Cabang Pasaman Barat setelah Pembukaan Latihan Kader I di Sekretariat HMI dan KAHMI Cabang Pasaman Barat. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tarbiyah STAI-YAPTIP Simpang Empat Cabang Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Basic Training (Latihan Kader I) dengan tema, “Menciptakan mahasiswa calon pemimpin masa depan, berkarater relegius, jujur, amanah,cerdas, penuh perjuangan untuk umat dan bangsa yang diridoi Allah SWT”, di Sekretariat HMI Cabang Pasbar, Kekorongan Katimaha,Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (22/11).

 

Latihan Kader 1 ini di ikuti oleh 18 orang peserta yang terdiri dari berbagai kampus di Pasbar, yang telah melalui proses masa perkenalan calon anggota (Maperca) lebih kurang selama satu bulan.

 

Ketua umum HMI Cabang Pasaman Barat Faisal menuturkan latihan kader I ini peserta diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin, baik pemimpin di struktural organisasi, masyarakat maupun pemimpin di dirinya sendiri.

 

"Di latihan kader ini diajarkan bagaimana mengorganisir suatu lembaga ataupun mengorganisir diri sendiri, karena di HMI bukan hanya diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin melainkan cara berorganisasipun juga diajarkan,” tutur Faisal kepada haluan.

 

Hal senada juga di sampaikan Adrian selaku Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiayah STAI-YAPTIP Simpang Empat mengatakan bahwa estafet perkaderan harus terus berlanjut, terutama perkaderan yang berkarakter.

 

“Perkaderan yang berkarakter merupakan ciri khas HMI, dalam hal ini kita para kader HMI dituntut untuk menciptakan karakter kita masing-masing. Dengan kita berkarakter, maka dengan sendirinya orang yang di luar HMI akan menilai bahwa kita itu HMI tanpa harus memperkenalkan bahwa kita itu HMI,” ujarnya.

 

Adrian juga menambahkan melalui kegiatan ini, peserta juga akan di gembleng secara intelektual dalam menyampaikan gagasannya. “Kita yang mempunyai kerangka berfikir secara sistematis, diwajibkan memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi.

 

Oleh karena itu, melalui latihan kader yang kami adakan ini mereka (pesertya) digembleng secara intelektual, menyampaikan gagasan-gagasan yang mereka miliki sehingga mereka dengan sendirinya dapat membentuk karakternya masing-masing” tandasnya.

 

Fitra Wati Ketua Umum Krop HMI Wati (Kohati) Badan Kordinasi (Badko) HMI Sumatera Barat selaku Master Of Training pada Latihan Kader HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pasaman Barat menjelaskan bahwa LK I yang dilaksanakan selama empat hari ini yang di mulai pada Selasa, 21-24 November, ini adalah bagian dari proses pengkaderan yang ada di dalam HMI.

 

“Latihan kader I ini merupakan langkah awal dari jenjang pertrainingan yang HMI miliki, kedepan para kader yang sudah melaksanakan Latihan Kader I akan dihadapkan dengan latihan kader 2, latihan kader 3 dan seterusnya” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia juga mengharapkan,diadakanya peserta LK I nantinya yang dinyatakan lulus mengikut kegiatan ini bisa menjadi kader yang paripurna, karena bagaimanapun kader adalah tulang punggung organisasi, sebutnya.

 

Dari pantauan haluan di lokasi Latihan Kader I ini, hadir Ketua KAHMI Pasaman Barat Syahrul Ramadhan Tanjung yang juga anggota DPRD Provinsi Sumbar priode 2009-2014 beserta senior HMI lainnya. (h/idn).

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM