HMI Pasbar Ciptakan Kader yang Punya Jiwa Sosial Tinggi


Selasa,22 November 2016 - 20:29:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi
HMI Pasbar Ciptakan Kader yang Punya Jiwa Sosial Tinggi KADER HMI PASBAR -- Ketua Krop Alumni HMI (KAHMI) Pasaman Barat Syahrul Ramadhan Tanjung diskusi bersama para Kader HMI Cabang Pasaman Barat setelah Pembukaan Latihan Kader I di Sekretariat HMI dan KAHMI Cabang Pasaman Barat. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tarbiyah STAI-YAPTIP Simpang Empat Cabang Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Basic Training (Latihan Kader I) dengan tema, “Menciptakan mahasiswa calon pemimpin masa depan, berkarater relegius, jujur, amanah,cerdas, penuh perjuangan untuk umat dan bangsa yang diridoi Allah SWT”, di Sekretariat HMI Cabang Pasbar, Kekorongan Katimaha,Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (22/11).

 

Latihan Kader 1 ini di ikuti oleh 18 orang peserta yang terdiri dari berbagai kampus di Pasbar, yang telah melalui proses masa perkenalan calon anggota (Maperca) lebih kurang selama satu bulan.

 

Ketua umum HMI Cabang Pasaman Barat Faisal menuturkan latihan kader I ini peserta diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin, baik pemimpin di struktural organisasi, masyarakat maupun pemimpin di dirinya sendiri.

 

"Di latihan kader ini diajarkan bagaimana mengorganisir suatu lembaga ataupun mengorganisir diri sendiri, karena di HMI bukan hanya diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin melainkan cara berorganisasipun juga diajarkan,” tutur Faisal kepada haluan.

 

Hal senada juga di sampaikan Adrian selaku Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiayah STAI-YAPTIP Simpang Empat mengatakan bahwa estafet perkaderan harus terus berlanjut, terutama perkaderan yang berkarakter.

 

“Perkaderan yang berkarakter merupakan ciri khas HMI, dalam hal ini kita para kader HMI dituntut untuk menciptakan karakter kita masing-masing. Dengan kita berkarakter, maka dengan sendirinya orang yang di luar HMI akan menilai bahwa kita itu HMI tanpa harus memperkenalkan bahwa kita itu HMI,” ujarnya.

 

Adrian juga menambahkan melalui kegiatan ini, peserta juga akan di gembleng secara intelektual dalam menyampaikan gagasannya. “Kita yang mempunyai kerangka berfikir secara sistematis, diwajibkan memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi.

 

Oleh karena itu, melalui latihan kader yang kami adakan ini mereka (pesertya) digembleng secara intelektual, menyampaikan gagasan-gagasan yang mereka miliki sehingga mereka dengan sendirinya dapat membentuk karakternya masing-masing” tandasnya.

 

Fitra Wati Ketua Umum Krop HMI Wati (Kohati) Badan Kordinasi (Badko) HMI Sumatera Barat selaku Master Of Training pada Latihan Kader HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pasaman Barat menjelaskan bahwa LK I yang dilaksanakan selama empat hari ini yang di mulai pada Selasa, 21-24 November, ini adalah bagian dari proses pengkaderan yang ada di dalam HMI.

 

“Latihan kader I ini merupakan langkah awal dari jenjang pertrainingan yang HMI miliki, kedepan para kader yang sudah melaksanakan Latihan Kader I akan dihadapkan dengan latihan kader 2, latihan kader 3 dan seterusnya” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia juga mengharapkan,diadakanya peserta LK I nantinya yang dinyatakan lulus mengikut kegiatan ini bisa menjadi kader yang paripurna, karena bagaimanapun kader adalah tulang punggung organisasi, sebutnya.

 

Dari pantauan haluan di lokasi Latihan Kader I ini, hadir Ketua KAHMI Pasaman Barat Syahrul Ramadhan Tanjung yang juga anggota DPRD Provinsi Sumbar priode 2009-2014 beserta senior HMI lainnya. (h/idn).

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM