Bupati Solok Terima Penghargaan Perpuseru


Selasa,22 November 2016 - 00:31:18 WIB
Bupati Solok Terima Penghargaan Perpuseru Bupati Solok Gusmal bersama penerima penghargaan Perpuseru di Jakarta, Rabu (16/11).

AROSUKA, HALUAN —Berbagai kebijakan dan inovasi yang dilakukan oleh Pe­me­rintah Kabupaten Solok dalam meramaikan perpustakaan, telah mengantarkan Bupati Solok H. Gumal Dt Rajo Lelo meraih penghargaan Per­puse­ru (Perpustakaan Seru) dari pemerintah pusat tahun 2016 ini. 

Berbagai kebijakan seperti adanya perpustakaan umum bagi masyarakat pada setiap ruang pelayanan umum di setiap nagari, dinilai mampu memberikan kontribusi ter­hadap pengembangan sumber­daya manusia sehingga meraih penghargaan yang diserahkan Kepala Biro Humas Kemen­terian Desa dan Transmigrasi, Fajar Tri Suprapto, Rabu (16/11).

“Alhamdulillah, Kabu­paten Solok salah satu dari 80 kabupaten dan kota yang ber­ada di wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan yang me­nerima penghargaan ini,” kata Bupati Solok H Gusmal SE MM di Arosuka, Jumat (18/11).

Bupati menyebut­kan, peng­hargaan tersebut diterima di Jakarta dalam serangkaian pelaksanaan Program Gerakan Perpuseru yang digalang Per­pustakaan Nasional, bekerja sama dengan Yayasan Coca Cola International.

Bupati Gusmal menerima penghargaan berkat perhatian yang diberikan terhadap ber­bagai hal di bidang pelayanan perpustakaan yang berbasis informasi teknologi (IT) yang menyangkut peningkatan ang­garan serta sarana dan pra­sarana pendukungnya.

Bupati menerangkan, pi­hak Pemkab Solok dalam pengembangan perpustakaan telah melakukan upaya penga­daan buku tiap tahun, penga­daan mobil perpustakaan ke­liling dalam serta upaya lain­nya.

“Ke depan kita akan lebih memberdayakan kendaraan perpustakaan untuk lebih men­cerdaskan anak nagari karena hal itu masuk dalam satu program empat pilar yakni masalah pendidikan,” jelas Gusmal.

Pihaknya juga akan ber­komitmen penuh dalam upaya pengembangan pendidikan melalui perpustakaan. Pe­ngem­bangan untuk per­pusta­kaan di daerah telah memiliki perpustakaan di tingkat nagari.

“Pastinya untuk mening­katkan kualitas ma­syarakat Kabupaten Solok agar lebih meningkat lagi, kita akan selalu berkomitmen untuk mela­kukan pengembangan perpus­takaan di setiap nagari, agar nantinya masyarakat mem­peroleh ilmu dengan gemar membaca melalui perpusta­kaan yang ada di tiap nagari,” tutupnya. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM