DAVID TUERAH, KACAB AUTO 2000 BY PASS

Jadi Penjual Dahulu, Jadi Kacab Kemudian


Senin,21 November 2016 - 00:28:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jadi Penjual Dahulu, Jadi Kacab Kemudian Da­vid Tuerah.

PADANG, HALUAN — Da­vid Tuerah adalah Kepala Cabang (Kacab) Toyota Auto 2000 By Pass Padang. Ia melalui perjalanan yang cukup panjang dan mele­lahkan untuk sampai pada jabatan sekarang. Ia men­ceritakan kisahnya, mulai dari menjadi penjual (sales­man) hingga menjadi kacab, kepada Haluan saat bincang-bincang sore di Kantor Auto 2000 By Pass di KM 12, Padang, Senin (21/11).

David lahir di Pe­mang­kat, Kalimantan Barat. Sebe­narnya ia bukan orang Kali­mantan karena kedua orang tuanya adalah orang Mana­do. Ia dilahirkan di Pemang­kat pada 1975 karena ba­pak­nya, yang merupakan ten­tara, bertugas di sana. Ke­mudian, pada 1984, ba­paknya pindah tugas ke Me­dan. David pun ikut pindah dan bersekolah di sana.

Di Medan, David kuliah di Universitas Negeri Medan dengan Jurusan Ilmu Admi­nistrasi. Setelah diwisuda, ia lalu mencoba masuk militer dengan tujuan menjadi per­wira karir yang merupakan cita-citanya sejak sekolah. Namun, ia tak lulus.

Sementara belum men­da­patkan pekerjaan, David membantu menjalankan usa­ha orang tuanya. Lalu, pada 1999, Auto 2000 Sisi­nga­mangaraja Medan mem­buka lowongan pekerjaan untuk penjual. Ia pun men­daf­tar ke sana. Ia diterima dan menjadi penjual di sana sampai 2005. Lalu, pada 2007, ia dipindahkan ke Auto 2000 Amplas Medan. Di diler itu, ia masih menjadi penjual, tetapi dipersiapkan menjadi supervisor. Karena dianggap memiliki kom­petensi, ia dipercaya men­jadi supervisor di Auto 2000 Sisingamangaraja Medan hingga akhir 2010.

Kemudian, pada 2011, Auto 2000 membuka Auto 2000 Krakatau Medan. Da­vid diangkat menjadi kacab di sana sampai 2012. Karena dianggap berhasil memim­pin diler baru, ia dipin­dahkan ke Padang sebagai kacab Auto 2000 By Pass pada 2013. Perbedaan Auto 2000 Krakatau dengan Auto 2000 By Pass Padang adalah besar dilernya dan besar target penjualannya. Ia ditu­gaskan mengepalai diler baru yang lebih besar.  

Demikianlah perjalanan David dari menjadi penjual selama 7 tahun, menjadi supervisor selama 3 tahun, dan menjadi kacab seperti kini. Dengan membaca kisah tersebut, tampaknya perja­lanan karirnya mudah saja seperti kata-kata motivasi yang diucapkan Mario Te­guh. Padahal, banyak suka duka yang ia lalui, seperti penolakan-penolakan yang ia hadapi dari calon konsu­men saat menawarkan mobil, yang membuatnya nyaris putus asa.

“Dulu, saya hampir putus asa menjadi salesman karena mobil yang berhasil saya jual sedikit dibandingkan de­ngan teman-teman yang lain sehingga saya nyaris putus asa. Namun, saat saya putus asa, saya selalu ingat tujuan awal saya untuk mencapai karir yang lebih baik lagi. Dengan demikian, saya ber­se­mangat lagi,” ujar David.

“Putus asa itu manusiawi, tetapi jangan larut dalam ke­putusasaan itu. Saat dito­lak calon konsumen, saya belajar dari penolakan itu. Saya mempelajari apa yang mem­buat saya ditolak, mi­sal­nya ca­ra berkomunikasi. Dari sa­na, saya memperbaiki ke­sa­lahan saya,” kata David lagi.

Dari semua duka yang dilaluinya sebagai sales, yang paling berkesan ba­ginya adalah pada 2005. Pada tahun itu, ekonomi Indonesia sedang sulit se­hing­ga hanya sedikit mobil yang terjual. Selain itu, saat berjalan kaki berkilo-kilo­meter karena kehabisan ben­sin. Ketika itu, ia mena­warkan mobil di perkam­pu­ngan. Di sana tak ada orang yang menjual bensin se­hingga ia berjalan jauh mencari bensin.      

Sementara itu, yang pa­ling berkesan adalah ketika ia menjadi kandidat terbaik tingkat nasional mewakili semua diler Auto 2000 di Sumatra. Kemudian, men­jadi menjadi kandidat super­visor dan kacab terbaik na­sio­nal mewakili Auto 2000 Su­matra. Ia senang meski belum menjadi juara pada tingkat nasional.   

Saat ini, David menja­lan­kan tugas sebaik-baik­nya se­bagai kacab dengan me­mak­simalkan poten­si­nya. Ia ingin mencapai karir yang le­bih tinggi lagi di Auto 2000. 

Kepada semua orang yang berprofesi sebagai pen­ju­al, David berpesan, saat me­rasa lelah, ingat kembali tu­juan awal. “Capek boleh, te­tapi jangan putus asa,” ucap­nya.

Mengenai target, David mengingatkan penjual un­tuk tidak memasang target yang terlalu tinggi. “Pasang­lah target yang realistis, te­tapi jangan terlalu rendah,” katanya. (h/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,30 Januari 2017 - 09:45:04 WIB

    Pulau Sirandah Disiapkan Jadi Destinasi Baru

    Pulau Sirandah Disiapkan Jadi Destinasi Baru PADANG, HALUAN - Sebagai pulau terluar dari batas wilayah Kota Padang, Pulau Sirandah akan menjadi salah satu objek wisata baru di Kota Padang. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu pembangunan infrastruktur dan sanitasi yang .
  • Rabu,21 Desember 2016 - 00:11:39 WIB

    Asyiela Putri Sudah 7 Tahun jadi Dubber Upin & Ipin

    Asyiela Putri Sudah 7 Tahun jadi Dubber Upin & Ipin Serial kartun anak-anak Upin & Ipin tampil sebagai pemenang Kartun Kesa­yang­an pada pergelaran Mom and Kids Awards 2016 kemarin malam. Penyerahan piala diterima langsung oleh Asyi ela Putri, si pengisi suara tokoh kembar U.
  • Kamis,03 November 2016 - 23:53:41 WIB

    Fadly Amran Jadi Manager Tarung Derajat

    Fadly Amran Jadi Manager Tarung Derajat Meski bukan berprofesi sebagai atlet tarung derajat, namun owner G Sports Center (GSC) Fadly Amran tetap didaulat untuk jadi Manager Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat di ajang Porprov XIV 2016, yang bakal digelar mulai 1.
  • Kamis,03 November 2016 - 08:31:18 WIB

    Kawasan Wisata Simancuang Bakal Jadi Kampung Tradisional

    Kawasan Wisata Simancuang Bakal Jadi Kampung Tradisional SOLSEL,HALUAN-- Bupati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria pada 2017 akan kembangkan kawasan wisata Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo sebagai kampung tradisional..
  • Rabu,02 November 2016 - 23:45:04 WIB

    Lisda Rawdha: Indonesia Akan jadi Kiblat Mode Muslim Dunia

    Lisda Rawdha: Indonesia Akan jadi Kiblat Mode Muslim Dunia Trend busana muslim di tanah air ber­kem­bang pesat seiring dengan permintaan pasar yang kian me­ningkat. Industri busana mus­lim (mo­dest fashion) dan perancang busana dalam ne­geri yang terjun meng­garap busana mus­.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM