Informasi Aktivitas Gunung Kerinci Tak Update


Senin,21 November 2016 - 00:14:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLSEL, HALUAN — Badan Pe­nanggu­langan Bencana Daerah (BP­BD) Solok Selatan (Solsel) meng­harapkan Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci lebih kooperatif dan selalu memberikan informasi saat terjadi perubahan aktivitas gunung.

“Kita akan lebih mudah mela­kukan antisipasi apabila setiap ada peningkatan aktivitas Gunung Ke­rinci, pihak pos pemantau diharapkan lebih kooperatif dan memberikan informasi kepada kami,” kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Solsel Dalwison, Minggu (20/11).

Menurutnya, bila terjadi letusan Gu­nung Kerinci yang terkena dampak bukan hanya Kerinci Provinsi Jambi tetapi juga beberapa kabupaten di Sumbar seperti Solsel yang paling besar, serta Pesisir Selatan dan Dhar­masraya.

Untuk Solsel, dampaknya akan sangat besar. Oleh sebab itu dibu­tuhkan pence­gahan cepat dan guna melakukannya diperlukan data maupun informasi yang akurat.

“Sekarang ini pihak pos pemantau Gunung Kerinci sulit untuk dihubungi padahal kita hanya ingin mengetahui aktivitas gunung guna melakukan anti­sipasi dini apabila terjadi letusan atau erupsi,” katanya. Erupsi Gunung Kerinci, katanya, bisa dilihat langsung dari Solsel sehingga bisa membuat masyarakat kha­watir apabila tidak diberikan informasi kepada mereka.

“Sekarang Gunung Kerinci terlihat menyemburkan asap berwarna kelabu lebih tebal dari biasanya sehingga membuat masyarakat khawatir se­dang­kan informasi dari pos pemantau tidak ada untuk dite­ruskan,” katanya. Pihaknya hanya mela­kukan peman­tauan secara kasat mata karena Solsel termasuk salah satu daerah rawan bencana letusan Gunung Kerinci.

Sementara itu salah seorang warga Sangir Indra (38) mengatakan, sudah satu minggu ini asap Gunung Kerinci terlihat lebih tebal dari biasanya.

“Biasanya semburan abu Gunung Kerinci bila tebal sampai pemukiman warga dan sudah satu minggu lebih asapnya terlihat tebal,” katanya.

Warga lainnya Hendra (41) me­ngata­kan, melihat letusan gunung api di daerah lain dan tebalnya asap Gunung Kerinci saat ini cukup mem­buat warga khawatir.

“Jika Gunung Kerinci meletus asapnya sudah pasti sampai ke Solok Selatan dan mengancam warga yang bermukim di Sangir ini serta lahan pertanian kami,” katanya.

Sementara itu Kepala Pos Pe­mantau Gunung Kerinci Indra Sa­putra saat dihu­bungi tidak mem­berikan jawaban bahkan saat diulang teleponnya sudah tidak aktif lagi. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,21 Februari 2017 - 18:15:42 WIB
    Temu Ramah dengan Pemimpin Redaksi

    Bupati Dharmasraya : Media Menginformasikan kepada Jutaan Masyarakat

    Bupati Dharmasraya : Media Menginformasikan kepada Jutaan Masyarakat DHARMASRAYA, HALUAN—Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya menggelar temu ramah dengan General Manager (GM) Pemimpin Perusahaan (PP) Pemimpin Redaksi (Pemred) serta wartawan media cetak dan elektronik se Sumbar dalam rangka unt.
  • Kamis,21 April 2016 - 02:05:18 WIB

    Komisi Informasi Apresiasi Pemko

    Komisi Informasi Apresiasi Pemko PADANG PARIAMAN, HALUAN — Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat Samsurizal, mengap­resiasi keseriusan Pemkab Padang Pariaman untuk memberikan kemu­dahan pelayanan informasi yang disediakan di ruang Pejabat Pengelola .
  • Kamis,03 Maret 2016 - 03:04:57 WIB

    Humas Bertukar Informasi dengan Agam

    BATUSANGKAR,HALUAN — Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Setdakab Tanah Datar, saling tukar informasi tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Doku­mentasi (PPID) dengan Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM