Prihatin Akan Keadaan ABK, WNA Asal Jepang Kunjungi SLB


Senin,21 November 2016 - 00:13:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Prihatin Akan Keadaan ABK, WNA Asal Jepang Kunjungi SLB dr. Mizuo Sumida dan Prof. Mariko Urano bersama guru dan para murid berkebutuhan khusus di SLB Waraqil Jannah.

PADANG PANJANG, HALUAN — Prihatin pada keadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang ada di Indonesia, membuat Warga Negara Asing (WNA) asal negeri Sakura Jepang tertarik untuk me­ngun­jungi salah satu SLB yang ada di Indonesia. SLB yang dikunjungi oleh dr. Mizuo Sumida dan Prof. Mariko Urano pada hari Jumat (11/11) tersebut yakni SLB Waraqil Jannah.  

Dari informasi yang dihimpun Haluan, dr. Mizuo Sumida ber­profesi sebagai dokter spesialis bagian penyakit dalam di Kin’ikyo Tomakomai RS dan Prof. Mariko Urano dosen di Hokusei Gakuen University merupakan pasangan suami istri yang berasal dari Sap­poro-shi, Hokkaido, Jepang yang mana saat ini mereka sedang melaku­kan penelitian dan belajar di In­donesia.

Meskipun penempatan mereka berbeda, yang mana Prof. Mariko Urano melaksanakan penelitian di Kalimantan Timur sedangkan dr. Mizuo Sumida belajar di ISI Padang Panjang, namun mereka me­nyem­patkan untuk melihat langsung aktivitas ABK di SLB Waraqil Jannah yang berada di Paninjauan, Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Kedatangan pasangan suami istri asal Jepang tersebut ke SLB yang dipimpin Yusni itu, untuk melihat langsung bagaimana proses belajar mengajar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di SLB itu. Serta mencarikan solusi untuk mereka jika ada kendala yang mereka hadapi saat menjalani proses belajar mengajar.

Saat ditemui di Padang Panjang, Prof. Mariko mengatakan, dirinya berjanji akan menyampaikan kepada salah seorang sahabatnya yang juga ahli di bidang ilmu ABK di Jepang. Semoga nanti sahabatnya itu bisa membantu dan berbagi ilmu, mem­beri masukan serta solusi untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di sini.

“Saya sangat bangga dan bahagia melihat langsung anak-anak berke­bu­tuhan khusus dengan berbagai keterbatasannya yang ada di sini. Awal kedatangan tadi saya sempat takjub dan sangat terkesan melihat penampilan seni yang mereka tun­jukan saat menyambut saya,” ujar Mariko Urano.

Sementara Pemilik sekaligus Pimpinan Yayasan SLB Waraqil Jannah Yusni mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada pasa­ngan suami istri asal Jepang yang mau berkunjung ke SLB yang dipim­pinnya itu, dan ia pun berharap semoga kunjungan mereka dapat menambah semangat kepada para peserta didik yang berkebutuhan khusus di SLB yang dipimpinnya itu.

“Saya sangat senang dan berte­rimakasih atas kunjungan dr. Mizuo Sumida dan Prof. Mariko Urano ke sekolah ini, semoga hubungan baik ini dapat berkesinambungan dan kitapun dapat saling berbagi ilmu tentang proses belajar anak- anak berkebutuhan khusus,” sebut Yusni. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,10 Mei 2017 - 15:17:27 WIB

    Wabup Sijunjung Prihatin, Lapas Sijunjung Over Kapasitas

    Wabup Sijunjung Prihatin, Lapas Sijunjung Over Kapasitas SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy menyatakan keprihatinan terhadap kondisi lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaro Sijunjung, yang sudah melebihi daya tampung atau over kapasitas..
  • Rabu,05 Oktober 2016 - 02:16:41 WIB

    Kondisi Rest Area Gerbang Utara Memprihatinkan

    Kondisi Rest Area Gerbang Utara Memprihatinkan PARIAMAN, HALUAN — Kondisi rest area di gerbang utara Kota Pariaman makin menyedihkan. Pasalnya, jika hujan hujan turun, lokasi ini akan menjadi langganan ban­jir. Namun sebaliknya, jika musim kering akan mem­perlihatkan .
  • Jumat,02 September 2016 - 02:54:54 WIB

    Penyalahgunaan Narkoba Memprihatinkan, Peran Kaum Ibu Dibutuhkan

    Penyalahgunaan Narkoba Memprihatinkan, Peran Kaum Ibu Dibutuhkan PASAMAN, HALUAN — Pere­daran dan penyalah­gunaan narkoba ditengah masyarakat Pasaman kian memprihatinkan. Generasi muda sebagai penerus estafet pem­ba­ngunan bangsa dite­ngarai, banyak menjadi pe­ma­kai barang haram .
  • Selasa,10 Mei 2016 - 03:45:59 WIB

    Jalan Tangah Padang - Sawah Baliak Memprihatinkan

    Jalan Tangah Padang - Sawah Baliak Memprihatinkan Arosuka, Haluan — Ruas jalan Kabupaten Solok dari Tangah Padang, Nagari Cupak, Kec. Gunung Talang menuju Perumnas Koto Baru, Kec. Kubung sudah sangat memperihatikan, terutama pada samping kiri dan kanan jalan yang sangat ra.
  • Kamis,07 April 2016 - 02:46:04 WIB

    Kondisi SMPN 7 Bukittinggi Memprihatinkan

    Kondisi SMPN 7 Bukittinggi Memprihatinkan BUKITTINGGI, HALUAN — Keinginan Pemko Bukittinggi untuk menjadikan Bu­kittinggi sebagai Kota Pendidikan, tentunya harus dibarengi dengan kondisi sekolah dan fasilitasnya yang baik. Namun kenyataannya, masih ditemukannya b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM