Prihatin Akan Keadaan ABK, WNA Asal Jepang Kunjungi SLB


Senin,21 November 2016 - 00:13:38 WIB
Prihatin Akan Keadaan ABK, WNA Asal Jepang Kunjungi SLB dr. Mizuo Sumida dan Prof. Mariko Urano bersama guru dan para murid berkebutuhan khusus di SLB Waraqil Jannah.

PADANG PANJANG, HALUAN — Prihatin pada keadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang ada di Indonesia, membuat Warga Negara Asing (WNA) asal negeri Sakura Jepang tertarik untuk me­ngun­jungi salah satu SLB yang ada di Indonesia. SLB yang dikunjungi oleh dr. Mizuo Sumida dan Prof. Mariko Urano pada hari Jumat (11/11) tersebut yakni SLB Waraqil Jannah.  

Dari informasi yang dihimpun Haluan, dr. Mizuo Sumida ber­profesi sebagai dokter spesialis bagian penyakit dalam di Kin’ikyo Tomakomai RS dan Prof. Mariko Urano dosen di Hokusei Gakuen University merupakan pasangan suami istri yang berasal dari Sap­poro-shi, Hokkaido, Jepang yang mana saat ini mereka sedang melaku­kan penelitian dan belajar di In­donesia.

Meskipun penempatan mereka berbeda, yang mana Prof. Mariko Urano melaksanakan penelitian di Kalimantan Timur sedangkan dr. Mizuo Sumida belajar di ISI Padang Panjang, namun mereka me­nyem­patkan untuk melihat langsung aktivitas ABK di SLB Waraqil Jannah yang berada di Paninjauan, Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Kedatangan pasangan suami istri asal Jepang tersebut ke SLB yang dipimpin Yusni itu, untuk melihat langsung bagaimana proses belajar mengajar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di SLB itu. Serta mencarikan solusi untuk mereka jika ada kendala yang mereka hadapi saat menjalani proses belajar mengajar.

Saat ditemui di Padang Panjang, Prof. Mariko mengatakan, dirinya berjanji akan menyampaikan kepada salah seorang sahabatnya yang juga ahli di bidang ilmu ABK di Jepang. Semoga nanti sahabatnya itu bisa membantu dan berbagi ilmu, mem­beri masukan serta solusi untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di sini.

“Saya sangat bangga dan bahagia melihat langsung anak-anak berke­bu­tuhan khusus dengan berbagai keterbatasannya yang ada di sini. Awal kedatangan tadi saya sempat takjub dan sangat terkesan melihat penampilan seni yang mereka tun­jukan saat menyambut saya,” ujar Mariko Urano.

Sementara Pemilik sekaligus Pimpinan Yayasan SLB Waraqil Jannah Yusni mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada pasa­ngan suami istri asal Jepang yang mau berkunjung ke SLB yang dipim­pinnya itu, dan ia pun berharap semoga kunjungan mereka dapat menambah semangat kepada para peserta didik yang berkebutuhan khusus di SLB yang dipimpinnya itu.

“Saya sangat senang dan berte­rimakasih atas kunjungan dr. Mizuo Sumida dan Prof. Mariko Urano ke sekolah ini, semoga hubungan baik ini dapat berkesinambungan dan kitapun dapat saling berbagi ilmu tentang proses belajar anak- anak berkebutuhan khusus,” sebut Yusni. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM