Wahyu Amran: Mulai dari Usaha Kecil


Minggu,20 November 2016 - 00:11:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wahyu Amran: Mulai dari Usaha Kecil Wahyu Amran.

Berbisnis tidak harus dimulai dengan membuka usaha yang besar. Namun dapat dimulai dengan membuka usaha kecil. Hal ini yang disampaikan oleh Wahyu Amran pemilik usaha Oto Pro dan Coffee Toffee.

Meskipun memiliki latar belakang sebagai seorang dok­ter, namun jiwa wirausaha dari Wahyu tidak bisa dibendung. Wahyu mengakui keterta­rikannya dalam dunia bisnis mengalir begitu saja. Ia mulai berbisnis tiga tahun lalu. Usaha yang pertama dibuka adalah Coffee Tofffee.

Meskipun usaha ini fran­chise, yang artinya telah diurusi oleh pemilik brand tersebut, Wahyu tetap me­megang ken­dali setelah dile­pas selama satu bulan pem­bekalan oleh pemilik brand. Wahyu mengakui kesu­litan ketika diawal-awal mem­buka usaha. Karena memang Wah­yu tidak mempunyai latar belakang untuk menjadi pe­ngusaha.

“Saya tidak mempunyai basic menjadi pengusaha, namun saya mau belajar. Dan ingin sukses menjadi seorang enterpreneur,” ucap Wahyu pada Haluan.

Setelah merasa usaha Cof­fee Tofffee mulai stabil, Wahyu kembali membuka usaha baru. Wahyu dan teman­nya mem­buka usaha salon mobil. Diri­nya mengatakan ide membuka salon mobil datang dari teman. Wahyu meyakini usaha terse­but me­miliki poten­si yang be­sar. Tanpa banyak berpikir, Wah­yu segera mem­buka usaha ter­sebut.

“Saya dan Andrew mem­be­­ranikan diri membuka usaha salon mobil kecil. Hanya de­ngan bermodalkan sekitar Rp50 juta,” ucap dosen di Baiturrahmah ini.

Sewaktu merintis usaha tersebut, Wahyu mengakui banyak hal yang mesti dipe­lajari. Salon mobilnya sempat sepi. Namun setelah enam bulan berjalan, hasilnya pun mulai terlihat. Tidak butuh waktu lama berkat inovasi yang terus dilakukan oleh Wahyu dan rekannya dalam dua tahun usaha tersebut berkembang.

Usaha salon mobil tersebut berkembang menjadi cucian mobil yang berlokasi di Jalan Sawahan dengan nama Oto Pro. Usaha yang dibuka pada Oktober lalu merupakan pili­han bagi masyarakat saat seka­rang ini dalam mencuci mobil. Hal ini disebabkan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh Wahyu sangat baik.

Meskipun sangat sibuk dengan berbagai aktivitas yang dijalankan. Dan telah memiliki dua usaha, namun Wahyu belum akan berhenti untuk membuka usaha baru. Wahyu berencana pada awal tahun untuk membuka klinik BPJS di By Pass Padang.

Dirinya mengaku klinik yang dibuka tidak besar. Se­perti prinsip yang selalu dipe­gangnya bahwa memulai usaha lebih baik dari yang kecil, agar tahu susah payahnya merintis usaha tersebut. Wahyu me­ngaku dalam menjalani usaha pasti ada masa susah apalagi mendirikan usaha baru.

Wahyu berpendapat jangan pernah takut untuk gagal. Yang terpenting adalah menetapkan konsep usaha, lalu bagaimana menjalankannya, dan mencari bahan baku serta karyawan yang berkualitas. Meskipun terkadang menghadapi berba­gai kendala dalam usaha, Wah­yu mencoba menjalankannya dengan santai.

“Jangan pernah berhenti dan mundur, selalu berinovasi dan tingkatkan pelayanan,” ucap pria kelahiran 1 Juni 1986 ini.

Wahyu memberikan saran ba­gi yang ingin membuka usa­ha, jangan hanya sekedar wa­cana saja tetapi langsung diwu­judkan. Dan tidak perlu usaha yang dibangun ter­sebut awal­nya ha­rus besar. Na­mun ke de­pannya usaha ter­sebut dapat ber­kem­bang dan akhir­nya men­­ja­­di be­­sar. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM