Pemko Solok Galakkan Program Gemar Membaca


Jumat,18 November 2016 - 00:09:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok mulai menggalakkan gemar membaca bagi pelajarnya sebagai bentuk peningkatan sumber daya manusia dan menambah wawasan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Membaca itu boleh bermacam buku apa saja, yang penting buku itu ada sumber ilmunya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Rafatli kepada Haluan di Kota Solok, Selasa (15/11), mengatakan, perlunya digalakkan gemar membaca pada pelajar maupun generasi muda sebagai wujud dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, sehingga pelajar Kota Solok mampu bersaing dengan pelajar daerah lainnya.

Sejak masuknya teknologi informasi yang mudah diakses melalui handphone, pelajar saat ini sudah banyak meng­habis­kan waktunya menggunakan handphone, tanpa harus mem­baca buku setiap saat.

“Kita tidak melarang pela­jar menggunakan handphone untuk memperoleh informasi. Namun perlu diingat, pema­kaian handphone seringkali untuk kegiatan yang tidak bermanfaat,” kata Rafatli.

Ditambahkan, pelajar saat ini lebih sering bermain hand­phone untuk bergurau sesama temannya, bukan mengakses informasi yang berguna ba­ginya.

Karena itu Dinas Pendi­dikan memprogramkan membaca setiap hari minimal 15 menit. Apa saja buku harus dibaca setiap hari selama 15 menit. Dengan demikian, ke­mampuan dan pola pikir siswa di masa datang lebih baik.

Menurut Rafatli, di luar negeri, terutama di Jepang, pelajar dan mahasiswanya selalu memabaca di mana dia duduk dan ada kesempatan. Buku selalu dipegang.

Namun kondisi di Jepang berbanding terbalik dengan pelajar di Indonesia. Kemana pergi, handphone tidak pernah tinggal. Malah ada siswa yang punya 2-3 handphone.

“Padahal jika waktu seng­gang dan duduk-duduk, baik di kafetaria, di lapangan, seha­rusnya membaca buku dan melakukan kajian analisa terha­dap persoalan yang dijumpai di buku itu. Jika ada persoalan yang tidak mampu dipecahkan bisa berkonsultasi dengan guru di sekolah,” terang Rafatli.

Program gemar membaca ini sudah mulai disampaikan pada kepala-kepala sekolah agar mengajak siswanya gemar membaca.(h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:45:28 WIB
    BANGUN PENDOPO DAN RUMAH DINAS

    Rp. 10 Miliar Dianggarkan Pemko Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota..
  • Jumat,07 April 2017 - 10:30:26 WIB

    LKAAM Sawahlunto Didukung penuh Pemko

    SAWAHLUNTO, HALUAN- Keberadaan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) sangat berperan dalam pelestarian adat dan pengembangan seni budaya, terutama pada saat ini dimana perkembangam zaman dan kemajuan kota bisa saja.
  • Senin,20 Maret 2017 - 10:55:17 WIB

    Pemko Pariaman Audit Lahan Tidur

    PARIAMAN, HALUAN - Pemerintah Kota Pariaman tahun ini segera melakukan audit lahan tidur guna meningkatkan produktifitas lahan. Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Agusriatman menjawab Haluan, Minggu (19/3) membenarkan, sam.
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:18 WIB
    PELAJAR DILARANG BAWA KENDARAAN

    Pemko Siapkan Bus Sekolah untuk Siswa

    SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok memiliki sejumlah armada untuk membawa pelajar SD maupun SMP ke sekolah masing-masing sebagai konsekuensi lahirnya Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pelajar membawa sepeda motor.
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:18:19 WIB
    KEMBANGKAN SARPRAS AIR BERSIH

    Pemko Akan Bekerja Sama dengan Jepang

    SOLOK, HALUAN – Walikota Solok Zul Elfian melakukan kunjungan kerja ke Kota Toyohashi Jepang selama 5 hari. Dalam kunjungan kerja itu Zul Elfian bertemu dengan Walikota Toyohashi untuk membahas masalah air bersih di Kota So.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM