Lantai III Pasar Solok Diusulkan untuk PKL


Jumat,18 November 2016 - 00:09:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK, HALUAN — Lantai III Pasar Solok Kota Solok sebaiknya diman­faatkan untuk pedagang kaki lima (PKL) yang mang­kal di jalan lingkar pasar-Koto Panjang se­hingga akses jalan lingkar yang hendak disterilkan dari pedagang kaki lima bisa terwujud karena sam­pai saat ini lantai III itu masih nganggur dari akti­vitas pedagang.

“Saya mengusulkan pa­da eksekutif untuk bisa merancang bangunan lantai III Pasar Raya Solok untuk PKL, karena dengan me­manfaatkan lantai III itu merupakan peluang bagi Pemda Kota Solok memin­dahkan pedagang yang cu­kup padat di jalan lingkar tersebut,” jelas ang­gota DPRD Kota Solok Yo­serizal dan A Dt Ula Gadang di Kota Solok, Jumat lalu.

Dalam bincang-bincang dengan pers di sela-sela peringatan HUT Partai Nas­Dem, 2 orang wakil rakyat Kota Solok itu mengakui sangat sulit mensterilkan kawasan jalan lingkar Koto Panjang-Pasar Solok dari aktivitas pedagang kaki lima tanpa mencarikan tempat penampungan.

Awalnya memang su­dah ada tempat penam­pungan namun sewa tanah cukup mahal sehingga peda­gang kembali nekat berjualan di jalan lingkar itu.

Salah satu jalan memindahkan pedagang dari jalan lingkar itu dengan memproduktifkan lantai III Pasar Solok. Ratusan pedagang bisa tertampung di lantai III itu asalkan dibenahi. Kendati saat ini lantai III masih beratap langit namun dengan menggelontoran anggaran Rp 500 juta sudah bisa teratasi dan pedagang bisa nyaman berjualan.

Menurut Yoserizal, meng­gusur pedagang tanpa ada solusi merupakan pe­kerjaan yang sia-sia. Pe­dagang mencari nafkah untuk menghidupi kelu­arganya dan jika usahanya terusik tanpa ada langkah penyelesaian jelas ber­dam­pak pada ketegangan antara pedagang dan pengambil kebijakan.

“Ini bisa ber­akibat fatal terhadap kesatuan,” katanya.

Oleh karenanya, 2 orang anggota parlemen Kota Solok mengusulkan pada Walikota Solok Zul Elfian maupun Wakilnya Reinier untuk mengambil langkah kongkrit memanfaatkan lantai III Pasar Solok.

Jika kawasan lantai III yang beratap langit itu dibenahi, dengan memberi atap dengan kontruksi baja ringan sudah berarti bagi pedagang.

Setiap minggu, jumlah pedagang kaki lima teus bertambah, sementara daya tampung terbatas bahkan cenderung bagadincik.  (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Juni 2017 - 12:53:19 WIB

    Lantai Lapuk dan Berkarat, Rajang Paguah Rusak Parah

    Lantai Lapuk dan Berkarat, Rajang Paguah Rusak Parah PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Rajang Kampuang Apa-Paguah, Kota Pariaman yang membentang diatas sungai Batang Mangor sepanjang 50 meter lebih, kini rusak parah. Sarana itu merupakan jalur penting bagi warga masyarakat setempat,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM