Pilwana Serentak Diharapkan Aman dan Kondusif


Jumat,18 November 2016 - 00:08:46 WIB

PASAMAN, HALUAN — Bu­pati Pasaman Yusuf Lubis meng­harapkan gelaran pemilihan walinagari (Pilwana) serentak pada 21 November 2016 men­datang di sepuluh kanagarian di daerah itu berlangsung aman dan kondusif. 

“Saya ingin pemilihan itu berjalan baik, aman dan kon­dusif, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. Berkom­pe­tisilah dengan baik dan saling menghargai, harus sportif,” kata Bupati Yusuf Lubis, belum lama ini. 

Bupati mengatakan, seluruh calon walinagari harus menaati aturan main, sebagaimana diatur dalam perda dan perbup pe­milihan walinagari, tidak mela­kukan politik uang dan bersedia menerima kekalahan apabila tidak terpilih sebagai walinagari.

“Semua calon yang maju harus mematuhi segala aturan tentang pilwana ini, jika tidak maka lebih baik mundur saja,” katanya. 

Bupati juga mengimbau, masing-masing tim sukses para calon menjaga suasana di tengah masyarakat tetap kondusif. Tidak melakukan kampanye provokatif antara satu sama lainnya. 

“Yang beginian jangan sampai terjadi, itu tidak baik. Jika itu terjadi, maka siap-siap saja berurusan dengan aparat penegak hukum,” ujarnya.

Kepada panitia pemilihan setempat, bupati meminta agar menjaga independensinya se­bagai penyelenggara pemilihan walinagari. Tidak memihak salah satu kandidat yang diunggulkan, apalagi sampai melakukan kecu­rangan. 

“Saya harap semua taat azas, agar pemilihan walinagari seren­tak ini sukses, sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik dan berbuat untuk ke­majuan masyarakat nagari,” ujarnya. 

Dari data yang dihimpun, sebanyak 50 calon walinagari di sepuluh kenagarian, akan mem­perebutkan kursi nomor satu di nagari tersebut. Latar belakang para calon walinagari itu pun beragam, mulai dari petani, wiraswasta, wartawan, guru hingga dosen pun ada. 

Ke-50 walinagari itu tersebar di sepuluh kanagarian, meliputi Nagari Pintu Padang, Mapat­tunggul, Tarung-Tarung di Rao, Nagari Sitombol Padanggalugua, Sontang Cubadak dan Bahagia Padanggalugua di Padang­gelu­gur. 

Selanjutnya, Nagari Panti Timur, Panti Selatan dan Panti di Kecamatan Panti serta Nagari Sundatar dan Tanjung Beringin di Lubuksikaping. 

Ke-50 calon walinagari itu merupakan hasil dari seleksi balon walinagari, yang dilakukan oleh panitia pemilihan kabupaten di Lubuksikaping. 

Di mana, masing-masing balon walinagari itu mengikuti serangkaian tes tulis dan wa­wancara oleh tim independen pada 1-3 November lalu. 

Pelaksana ujian tertulis dan wawancara itu dilakukan oleh penguji dari dua perguruan tinggi di Pasaman, Yakni STIH Yappas dan STAI YDI Pasaman.

Saat ini, panitia Pilwana sudah melakukan pencetakan surat suara pemilihan. Pendistri­busian logistik pilwana, penyam­paian surat undangan memilih. 

“Hari ini, Kamis (17/11) adalah masa kampanye terakhir dilaksanakan. Setelah itu, ma­sing-masing nagari akan me­masuki masa tenang selama tiga hari pada 18-20 November,” kata Kabag Pemerintahan Na­gari Musrawal Gusti.

Selanjutnya, kata dia, pada 21 November merupakan hari pemungutan suara. Pada hari itu, kata Musrawal, panitia pilwana di tiap kanagarian melaporkan hasil pemilihan kepada Bamus setempat. 

“Untuk penetapan wali­na­gari terpilih akan dilakukan pada 22 November 2016. Pelantikan walinagari terpilih akan dilak­sanakan pada 15 Desember 2016, melalui keputusan Bupati Pasaman,” katanya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM