Pemko Dorong Pertumbuhan IKM


Selasa,15 November 2016 - 23:34:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman terus mendorong tumbuh kembangnya industri kecil menengah (IKM) di kota ini, karena usaha tersebut dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat.

Bukti sudah banyak, de­ngan banyaknya usaha kera­jinan seperti bordir, sulaman dan rajutan yang dikelola mas­ya­rakat, ada juga secara turun-temurun,  sudah memberikan hasil yang lumayan dan mem­bantu mengurangi pengang­guran.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar belum lama ini menyebutkan, untuk mengha­dapi tantangan yang lebih berat ke depan, perlu peningkatan skil, mulai dari pengrajin sam­pai kepada pelaku usahanya. Bagi pengrajin tentu dengan mengikuti tren dengan motif yang inovatif, namun tidak meninggalkan kekhasannya.

“Sedang bagi pelaku usaha, jelas dituntut pengetahuan manajemen. Oleh sebab itu teruslah belajar sehingga usaha yang dikelola berjalan dengan manajemen yang baik. Peng­rajin bekerja dengan skil yang bagus, pelaku usaha dengan manajemen yang baik, jelas pintu sukses menanti,” kata walikota.

Dijelaskan, sudah ribuan UKM dan IKM bergerak di Kota Pariaman dengan ragam usahanya. Itu semua adalah sebagian dari cermin kegigihan serta keuletan warga Kota Pariaman dalam menjalankan roda kehidupan dan pemba­ngunan Kota Pariaman.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Industri dan Perdagangan Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit, menjelaskan, sebagian UMKM di kota ini yang bergerak di bidang sula­man, bordiran dan rajutan sudah mendapat pasar yang luas.

Bahkan sejak adanya kam­pung digital setahun yang lalu di wilayah utara Kota Paria­man, sudah ratusan UMKM yang berdagang via internet.

“Kita harapkan geliat UMKM terus berkembang dan maju dan kita siap untuk mem­bina,” sebut Gusniyeti Zaunit. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:45:28 WIB
    BANGUN PENDOPO DAN RUMAH DINAS

    Rp. 10 Miliar Dianggarkan Pemko Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota..
  • Jumat,07 April 2017 - 10:30:26 WIB

    LKAAM Sawahlunto Didukung penuh Pemko

    SAWAHLUNTO, HALUAN- Keberadaan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) sangat berperan dalam pelestarian adat dan pengembangan seni budaya, terutama pada saat ini dimana perkembangam zaman dan kemajuan kota bisa saja.
  • Senin,20 Maret 2017 - 10:55:17 WIB

    Pemko Pariaman Audit Lahan Tidur

    PARIAMAN, HALUAN - Pemerintah Kota Pariaman tahun ini segera melakukan audit lahan tidur guna meningkatkan produktifitas lahan. Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Agusriatman menjawab Haluan, Minggu (19/3) membenarkan, sam.
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:18 WIB
    PELAJAR DILARANG BAWA KENDARAAN

    Pemko Siapkan Bus Sekolah untuk Siswa

    SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok memiliki sejumlah armada untuk membawa pelajar SD maupun SMP ke sekolah masing-masing sebagai konsekuensi lahirnya Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pelajar membawa sepeda motor.
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:18:19 WIB
    KEMBANGKAN SARPRAS AIR BERSIH

    Pemko Akan Bekerja Sama dengan Jepang

    SOLOK, HALUAN – Walikota Solok Zul Elfian melakukan kunjungan kerja ke Kota Toyohashi Jepang selama 5 hari. Dalam kunjungan kerja itu Zul Elfian bertemu dengan Walikota Toyohashi untuk membahas masalah air bersih di Kota So.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM