Pemko Dorong Pertumbuhan IKM


Selasa,15 November 2016 - 23:34:32 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman terus mendorong tumbuh kembangnya industri kecil menengah (IKM) di kota ini, karena usaha tersebut dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat.

Bukti sudah banyak, de­ngan banyaknya usaha kera­jinan seperti bordir, sulaman dan rajutan yang dikelola mas­ya­rakat, ada juga secara turun-temurun,  sudah memberikan hasil yang lumayan dan mem­bantu mengurangi pengang­guran.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar belum lama ini menyebutkan, untuk mengha­dapi tantangan yang lebih berat ke depan, perlu peningkatan skil, mulai dari pengrajin sam­pai kepada pelaku usahanya. Bagi pengrajin tentu dengan mengikuti tren dengan motif yang inovatif, namun tidak meninggalkan kekhasannya.

“Sedang bagi pelaku usaha, jelas dituntut pengetahuan manajemen. Oleh sebab itu teruslah belajar sehingga usaha yang dikelola berjalan dengan manajemen yang baik. Peng­rajin bekerja dengan skil yang bagus, pelaku usaha dengan manajemen yang baik, jelas pintu sukses menanti,” kata walikota.

Dijelaskan, sudah ribuan UKM dan IKM bergerak di Kota Pariaman dengan ragam usahanya. Itu semua adalah sebagian dari cermin kegigihan serta keuletan warga Kota Pariaman dalam menjalankan roda kehidupan dan pemba­ngunan Kota Pariaman.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Industri dan Perdagangan Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit, menjelaskan, sebagian UMKM di kota ini yang bergerak di bidang sula­man, bordiran dan rajutan sudah mendapat pasar yang luas.

Bahkan sejak adanya kam­pung digital setahun yang lalu di wilayah utara Kota Paria­man, sudah ratusan UMKM yang berdagang via internet.

“Kita harapkan geliat UMKM terus berkembang dan maju dan kita siap untuk mem­bina,” sebut Gusniyeti Zaunit. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM