Agam Dorong Sektor Pertanian dengan Fasilitas


Selasa,15 November 2016 - 23:32:41 WIB

Agam, Haluan — Dinas Peranian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Diper­tahornak) Agam, terus medorong peningkatan sektor pertanian, salah satunya dengan cara membangun beragam fasilitas yang mendukung untuk itu.

Kadipertahornak Agam, melalui Sekretaris Dinas, Ir. Arief Restu, Selasa (15/11) mengatakan, Selama tahun 2016, telah dibangun dam parit 11 unit. Bangunan dimaksud tersebar di Kecamatan Tanjung Raya tiga unit, Palembayan tiga, Lubuk Basung empat, dan Ampek Nagari satu. Dam parit, merupakan bangunan yang diperlukan untuk membendung dan menaikkan permukaan air, untuk keperluan irigasi.

Kemudian juga ada Embung telah dibangun sebanyak 6 unit, yang tersebar di Kecamatan Banuhampu satu unit, Palembayan dua, Matur, Lubuk Basung satu, dan Tanjung Mutiara satu. Embung berguna untuk mengumpulkan air, dan mencegah erosi.

Sementara untuk jalan usaha tani telah dibangun pada 18 titik, yang tersebar di Banuhampu empat jalan usaha tani, Palembayan dua, Tanjung Raya satu, Ampek Koto satu, dan Ampek Angkek satu. Kemudian Kecamatan Matur tiga temlat, Baso tiga, Sungai Pua satu, dan  Kamang Magek dua jalan usaha tani.  “Cukup banyak fasilutas yang men­sorong sektor pertanian yang dibangun, antara lain  antara lain embung, dam parit, dan jalan usaha tani.  Pembangunan fasilitas tersebut memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Alokasi Umum (DAU),” jelasnya.

Ia juga mengimbau, agar fasilitas yang dibangun tersebut bisa dijaga dengan sebaik mungkin. “ Kita juga mengingatkan kepada petani, maupun masya­rakat yang berada di lingkungan tempat pembangun fasiltas itu untuk sama sama menjega Mengingat begitu pentingnya keberadaan sarana itu dalam membantu petani,” ungkapnya. (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM