Agam Dorong Sektor Pertanian dengan Fasilitas


Selasa,15 November 2016 - 23:32:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Agam, Haluan — Dinas Peranian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Diper­tahornak) Agam, terus medorong peningkatan sektor pertanian, salah satunya dengan cara membangun beragam fasilitas yang mendukung untuk itu.

Kadipertahornak Agam, melalui Sekretaris Dinas, Ir. Arief Restu, Selasa (15/11) mengatakan, Selama tahun 2016, telah dibangun dam parit 11 unit. Bangunan dimaksud tersebar di Kecamatan Tanjung Raya tiga unit, Palembayan tiga, Lubuk Basung empat, dan Ampek Nagari satu. Dam parit, merupakan bangunan yang diperlukan untuk membendung dan menaikkan permukaan air, untuk keperluan irigasi.

Kemudian juga ada Embung telah dibangun sebanyak 6 unit, yang tersebar di Kecamatan Banuhampu satu unit, Palembayan dua, Matur, Lubuk Basung satu, dan Tanjung Mutiara satu. Embung berguna untuk mengumpulkan air, dan mencegah erosi.

Sementara untuk jalan usaha tani telah dibangun pada 18 titik, yang tersebar di Banuhampu empat jalan usaha tani, Palembayan dua, Tanjung Raya satu, Ampek Koto satu, dan Ampek Angkek satu. Kemudian Kecamatan Matur tiga temlat, Baso tiga, Sungai Pua satu, dan  Kamang Magek dua jalan usaha tani.  “Cukup banyak fasilutas yang men­sorong sektor pertanian yang dibangun, antara lain  antara lain embung, dam parit, dan jalan usaha tani.  Pembangunan fasilitas tersebut memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Alokasi Umum (DAU),” jelasnya.

Ia juga mengimbau, agar fasilitas yang dibangun tersebut bisa dijaga dengan sebaik mungkin. “ Kita juga mengingatkan kepada petani, maupun masya­rakat yang berada di lingkungan tempat pembangun fasiltas itu untuk sama sama menjega Mengingat begitu pentingnya keberadaan sarana itu dalam membantu petani,” ungkapnya. (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,18 Juni 2017 - 20:23:04 WIB

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI ) Mulyadi merespon rencana pemekaran Kabupaten Agam dengan positif. Jika itu dirasa baik, dan sudah dinilai layak, maka ada baiknya pihak pihak yang memiliki kew.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 10:18:03 WIB

    Pemekaran Agam Dapat Dukungan

    PADANG, HALUAN - Wacana pemekaran Kabupaten Agam mendapat sambutan baik dari segenap masyarakat. Dukungan tak hanya dari kalangan pemuka adat, kalangan DPRD Agam, Pemkab Agam, tapi juga dari anggota DPRD Provinsi Sumbar dari .
  • Senin,12 Juni 2017 - 09:40:32 WIB

    Pemekaran Agam Jadi Perhatian Anggota DPD

    Pemekaran Agam Jadi Perhatian Anggota DPD AGAM, HALUAN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Dapil Sumbar, Leonardy Harmaini berjanji akan mengawal rencana Pemekaran Kabupaten Agam menjadi Kabupaten Agam Barat dan Agam Timur. Apalagi sesuai syarat pemekaran, .
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:20:01 WIB

    Bupati Agam Minta Warga Suksekan Pilwana

    AGAM, HALUAN -- Bupati Agam, Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah meminta masyarakat di nagari untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kenyamanan di kampung, serta jangan ada fitnah dan saling menjelekan antar sesama, menjelang ma.
  • Jumat,09 Juni 2017 - 12:12:05 WIB

    Keren! Calon Pengantin di Agam Ini Wajib Tanam Pohon Petai, Jengkol dan Alpukat

    Keren! Calon Pengantin di Agam Ini Wajib Tanam Pohon Petai, Jengkol dan Alpukat AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya meluncurkan program wajib menanam pohon terhadap calon pengantin (Catin) sebagai upaya pelestarian kebudayaan dan pelestarian lingkungan. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM