Garuda Taruna Gelar Pelatihan Bencana


Senin,14 November 2016 - 23:38:21 WIB
Garuda Taruna Gelar Pelatihan Bencana Wakil Bupati Solok foto bersama dengan peserta pelatihan Relawan Garuda Taruna Nagari Talang, Minggu (13/11). Pelatihan ini untuk mempersiapkan para relawan yang selalu siap siaga dalam menghadapi bencana di daerah itu. (WANDI MALIN)

AROSUKA, HALUAN — Se­bagai daerah yang rawan bencana, kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap bencana yang datang kapan saja, merupakan sebuah sem­boyan yang wajib dilaksanakan oleh setiap relawan yang ada di Kabupaten Solok.

“Kewaspadaan kita harus ditingkatkan lagi menghadapi bencana banjir dan longsor, mengingat sudah mulai musim hujan,” kata Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin saat membuka pelatihan Relawan Garuda Taruna Nagari Talang, Minggu (13/11). 

Acara yang juga diha­diri Wa­kapolres Solok Kompol Cipto Harjono, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Septrismen Sutan Putih, Camat Gunung Talang Sujamto Amrita, Wali­nagari Talang Marves Boy Dt Yang Pituang, Ketua Karang Taruna Nagari Talang Rahmad Halilintar serta pemuda-pemudi nagari setempat.

Wabup mengajak seluruh unsur relawan sosial di Kabupaten Solok seperti Taruna Siaga Ben­cana, Karang Taruna dan elemen ma­syarakat lainnya, untuk me­ngan­tisipasi dan waspada ter­hadap kemungkinan terjadinya bencana di Kabupaten Solok pada musim hujan.

Selain itu, dia juga meminta para relawan yang merupakan potensi dan sumber kesejahteraan sosial masyarakat melakukan sinergitas dengan lembaga dan sektor terkait dalam upaya pem­bangunan kesejahteraan sosial dan pengentasan kemiskinan. 

Menurutnya, kemiskinan dan penyandang masalah sosial lain­nya merupakan tantangan ber­sama untuk bisa ditanggulangi bersama. Dengan demikian ma­sya­rakat perlu diajak untuk men­jadi pelaku pembangunan bukan sebagai objek pembangunan.

“Masyarakat harus menjadi inisiator dan partisipan sehingga tumbuh kesetiakawanan sosial, rasa empati dan peduli karena bantuan tidak hanya materi atau dalam bentuk uang,” kata Yul­fadri Nurdin di hadapan puluhan relawan di bawah koordinasi BPBD dan Dinas Sosnaker Kabu­paten Solok.

Wakil Bupati Solok menga­takan, sebagai relawan siaga bencana tentunya dituntut untuk senantiasa siap siaga mental, tenaga dengan penuh keikhlasan dalam menghadapi bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi. “Pen­cega­han itu lebih baik dari pada penanggulangan,” ujarnya.

Pihaknya bahkan mengap­resiasi komitmen peserta pe­latihan Garuda Taruna (Gugus Aktif Relawan untuk Daerah Bencana) Tahun 2016, yang digelar Karang Taruna Nagari Talang sebagai relawan tangguh tanpa narkoba.

“Selain memiliki kemampuan teknis dalam ikut menolong masyarakat yang terkena musibah bencana, relawan Garuda Taruna juga harus mampu membentengi generasi muda lainnya terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata wakil bupati.

Selain itu, Yulfadri juga me­minta kepada relawan desa/nagari se Kabupaten Solok agar lebih proaktif dan memiliki inisiatif membantu masyarakat dalam menghadapi bencana. Dalam m­e­m­bantu masyarakat yang ter­timpa bencana, relawan benar-benar mewujudkannya dengan ikhlas dan tulus serta memiliki tanggung jawab dalam pe­kerjaannya.

“Bantu masyarakat kita yang tertimpa bencana dengan ikhlas dan lebih proaktif. Bencana, bisa saja datang secara tiba-tiba, dan masyarakat harus siap jika me­mang terjadi bencana alam itu,” kata Yulfadri.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Nagari Talang Rahmad Halilintar, menyebutkan, kegiatan acara itu bertujuan untuk mem­bantu masyarakat yang terkena musibah bencana, apa lagi pelak­sana kegiatan dan peserta ke­giatan acara itu didominasi oleh unsur generasi muda.

“Materi pelatihan yang di­beri­kan diantaranya adalah penanga­nan Simulasi Bencana, Simulasi Gempa, Simulasi Dapur Umum dan Kekompakan Tim,” pungkas Rahmad Halilintar. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM