Berubah Status Menjadi BLUD, Manajemen RSUD Harus Tingkatkan Kinerja


Senin,14 November 2016 - 23:37:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi

AROSUKA, HALUAN — Sebagai satu-satu­nya rumah sakit yang berada di Kabupaten Solok, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arosuka dituntut untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan prima kepada masya­rakat. Upaya untuk menjadikan RSUD sebagai sentra pelayanan terbaik bagi masyarakat itu, kini terus dilakukan, setidaknya dengan perubahan status pengelolaan RSUD menjadi  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada awal 2017 nanti.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aro­suka dr I Nyoman AP menga­takan, rencana peningkatan status tersebut, menyusul telah tersedianya perleng­kapan dan alat medis RS dan juga tenaga kesehatan, berupa dokter umum dan spesialis.

Menurutnya, peningkatan status RSUD menjadi BLUD merupakan  keharusan setiap daerah sesuai Peraturan Men­teri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pe­do­man teknis Pengelolaan Ke­uangan Badan Layanan Um­um Daerah, serta diperkuat dengan Undang-Undang No­mor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit yang meng­harus­kan pemerintah daerah su­paya manajemen rumah sakit menganut Pola PPK- BLUD. “Jadi tujuannya untuk me­ning­katkan pelayanan kese­hatan bagi masyarakat dan tentunya untuk menambah pendapatan asli daerah,” jelas I Nyoman kepada Haluan di Arosuka, Jumat (11/11).

Menurutnya, dengan ke­ter­sediaan alat kelengkapan medis, tenaga dokter umum dan spesialis, pihaknya me­nga­ku optimis target tersebut dapat terealisasi 2017 nanti.

“Jadi dengan status BL­UD ini, maka kita akan dapat mengatur rumah tangganya sendiri. Dan setiap instansi yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat bisa membentuk BLUD,” terang I Nyoman AP.

Diceritakan I Nyoman, sejak diresmikan pada tahun 2009  lalu, RSUD Arouska memiliki standar rumah sakit tipe C. Meski sudah tera­kre­ditasi namun saat itu, ke­be­radaan RSUD masih berada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok.

Sejak saat itu hingga tahun 2016 ini, RSUD Aro­suka terus berupaya mengacu ke tipe B non pendidikan yang hanya fokus ke pela­yanan. Selama ini, dalam memberikan pelayanan kese­hatan kepada masyarakat, RSUD Arosuka harus me­nga­cu pada Prosedur Tetap (Protap).

Dan ini sesuai dengan Akreditasi Nasional yang sudah ditetapkan berdasarkan ketentuan RSUD kelas C. Tak hanya itu, keseriusan RSUD Arouska dalam mening­kat­kan pelayanannya pada ma­sya­rakat juga dengan me­nerap­kan program Hospital by Law atau peraturan inter­nal rumah sakit.

Peraturan internal di ru­mah sakit ini harus dijalankan oleh semua jajaran pihak rumah sakit, tak terkecuali Direktur RSUD-nya sendiri. Sehingga dengan begitu, maka sorotan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Arouka yang selama ini ba­ny­ak dikeluhkan, sedikit demi sedikit bisa di­mi­ni­ma­lisir. “Kita berharap pada akhirnya, ke depan masya­rakat bisa puas dengan pela­yanan RSUD Arosuka hingga tak perlu lagi berobat ke daerah lain,” katanya.

Bukan hanya dalam segi pelayanan, untuk tenaga me­dis yang berkualitas berikut fasilitas sarana dan prasarana yang memadai pun, RSUD Arosuka terus menggesanya. Dan saat ini, jumlah tenaga medis di RSUD Arosuka diantaranya dokter sebanyak 13 orang. Kemudian pegawai yang sudah berstatus PNS sebanyak 138 orang dan tenaga honor 161 orang.

Untuk fasilitas di RSUD Arosuka telah memiliki fa­silitas poli bedah, poli kan­dungan, poli anak, poli sya­raf, poli mata, poli penyakit dalam, poli paru, poli gigi, poli fisiotherapi, poli umum dan apotik. RSUD Arosuka juga mempunyai fasilitas Klinik Voluntary Clinical Treatment (VCT).

Fungsinya yaitu untuk memberikan pelayanan ter­hadap pasien penderita HIV/AIDS dengan cara me­ran­g­kul, mengajak si penderita agar mau berobat dan sembuh.

“Selain itu, sebagai se­buah rumah sakit, kita juga memiliki fasilitas rawat inap yakni rawat inap penyakit dalam, rawat inap ke­bi­danan, perinatologi, rawat inap be­dah dan rawat inap paru. RSUD arosuka juga memiliki ruang rontgen, laboratorim dan incenerator yakni penge­lo­laan limbah padat dan sampah medis,” katanya. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,28 Juni 2016 - 04:56:41 WIB

    Jelang Lebaran, Objek Wisata Belum Banyak Berubah

    Arosuka, Haluan — Menyonsong libur panjang lebaran 2016 yang hanya tinggal dalam hitungan hari. Namun belum terlihat upaya pembenahan yang dilakukan terhadap sejumlah objek wisata guna menarik minat wisatawan untuk mengunju.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM