Nagari Pauh Duo Nan Batigo Bentuk BUMNag


Senin,14 November 2016 - 00:27:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nagari Pauh Duo Nan Batigo Bentuk BUMNag KANTOR Wali Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Sabtu (12/11). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN —Peme­rin­tahan Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) akan membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Pembentukan BUMNag tersebut dalam upaya peningkatan Penda­patan Asli Nagari (PAN).

Hal itu disampaikan Wali Nagari Lukfi pada awak media, Sabtu (12/11), di ruang kerjanya.

“Sesuai aturan Pemkab Solsel, tiap nagari sudah ada minimal satu BUMNag. Dan kita memiliki peluang itu dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan pengadaan air bersih dan sanitasi layak untuk warga,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk mengoptimalkan dua sumber daya tersebut pihaknya te­ngah melakukan upaya pembenahan. “Kita masih dalam tahap pembenahan sumber daya ini, baik segi administrasi maupun sektor perbaikan perangkat,” terangnya.

Untuk perbaikan PLTMH tersebut pihaknya memanfaatkan anggaran da­na desa 2016 begitupun de­ngan pengadaan air bersih dan sanitasi.

“Dalam melakukan per­bai­kan PLTMH di Jorong Paninjauan kita anggarkan Rp300 juta untuk mensta­bilkan arus listrik sedangkan untuk sanitasi kita masih koordinasi dengan dinas kesehatan,” tambahnya.

Ia optimis apabila dua aset tersebut telah dikelola dengan baik maka akan ber­dam­pak bagi sektor PAN. Diyakini, 2017 sudah bisa menjadi PAN.

“Sedikitnya ada 100 ru­mah tangga yang meman­faatkan PLTMH. Mereka dibebankan biaya sebesar Rp40 ribu/bulan dengan kondisi tiap hari listrik hidup. Selain itu air pembangkit juga dimanfaatkan untuk penga­daan air bersih dan pengairan sawah warga,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam rang­ka optimalisasi dan mencip­takan suasana kerja yang nyaman dan berkompeten, Pemerintah Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) membangun kantor nagari yang respresentatif.

“Dengan kondisi peker­jaan di nagari yang cen­derung sibuk saat ini sehingga kantor wali nagari yang lama dirasakan kurang respre­sentatif sebab ruangan ralatif kecil. Berdasarkan kesepa­katan Bamus dan tokoh mas­yarakat maka dibangun kantor yang lebih luas, 2017 bisa ditempati,” katanya.

Menurutnya, pembangu­nan kantor baru mengguna­kan lahan yang telah dibeli pihak nagari, terletak di Koto, Jorong Taratak Bukareh.

Untuk kantor yang lama akan dimanfaatkan sebagai kantor Bamus. Luas tanah bangunan sekitar 165 meter persegi, dibangun secara swakelola.

“Pembangunana kantor memanfaatkan dana desa, tahap awal pada 2015 dengan membangun pondasi dengan anggaran Rp 65 juta. Dan 2016 dilanjutkan pemba­ngunannya dengan anggaran Rp478 juta,” terangnya.

Kondisi pembangunan kantor nagari hingga saat ini telah tuntas sekitar 65 persen, katanya, pembangunan tuntas hingga akhir 2016.

“Tapi pembangunan ha­rus dilanjutkan pada 2017 sebab dengan dana Rp478 juta masih terbengkalai, ma­sih tersisa untuk pembangu­nan lantai. Lantai nantinya menggunakan granit agar tahan dalam waktu lama,” lanjutnya.

Nagari Pauh Duo Nan Batigo memiliki empat jo­rong dengan jumlah pendu­duk berkisar 3.500 orang dengan mata pencarian ma­yo­ritas sebagai petani. Ada­pun Jorong Taratak Bukareh, Paninjauan, Bukit Sikumpa dan Jorong Pinang Awan.

Sementara warga Taratak Bukareh, Mar Afrilia me­nyambut baik pembangunan kantor nagari, tapi penge­lolaan harus teliti agar tidak terjadi permasalahan dikemu­dian hari. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,21 Juli 2017 - 13:42:18 WIB

    Nagari Lima Kaum, Resmi Menjadi Kampung Religi

    Nagari Lima Kaum, Resmi Menjadi Kampung Religi TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Pertama kalinya di Kabupaten Tanah Datar, Kampung religi di Nagari Lima Kaum, resmi didirakan Kamis, (20/7) di Masjid Laskar Koto Gadih Kecamatan Lima Kaum. Peresmian berdiri kampung tersebut di.
  • Kamis,13 Juli 2017 - 11:04:17 WIB

    Dana Desa di Solsel, Tuntas Ditransfer ke Semua Nagari

    Dana Desa di Solsel, Tuntas Ditransfer ke Semua  Nagari SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Semua nagari di Solok Selatan (Solsel) telah menerima transfer Dana Desa (DD) tahap pertama 2017 sebesar 60 persen dengan nilai Rp 21,25 miliar dari 39 nagari yang ada di wilayah itu sejak 31 .
  • Selasa,13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
  • Rabu,07 Juni 2017 - 12:09:27 WIB

    54 Nagari se-Tanah Datar Bakal Pilwana Serentak

    54 Nagari se-Tanah Datar Bakal  Pilwana Serentak TANAHDATAR, HALUAN -- Pembukaan sosialisasi peraturan daerah Nomor 1 Tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari yang terkait dengan tindak lanjut amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang d.
  • Selasa,30 Mei 2017 - 11:11:34 WIB

    Di Limapuluh Kota, Sudah 20 Nagari Miliki BUMNag

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Target Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendirikan BUMNag disetiap nagari di tahun 2017 sebagai penunjang perekonomian masyarakat masih jauh dari harapan. Dari 79 nagari yang akan didirikan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM