LOKASI SUDAH TERSEDIA

Kota Solok Segera Punya RSUD


Jumat,11 November 2016 - 00:24:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kota Solok Segera Punya RSUD AREAL perkantoran Dinas Pertanian ini bakal dijadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Solok, dipilihnya lokasi itu karena berdekatan dengan jalan umum dan luas areal mendukung. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Hasrat Walikota Solok Zul Elfian untuk bisa membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akhirnya terealisasi setelah adanya persetujuan pengadaan tanah seluas 2 hektare sebagai lokasi pembangunan.

Yang sulit itu pengadaan tanah, namun setelah mem­pelajari dan mencermati posisi geografisnya, penga­daan tanah RSUD itu sudah terealisasi yang berada di jalan lintas Sumatera Solok-Singkarak Km 2 Bandar Panduang Tanah Garam.

“Lokasi tanah itu saat ini berdiri bangunan kantor Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan Kota Solok,” jelas Zul Elfian ketika menerima pimpinan umum Haluan Zul Efendi di Kota Solok, Selasa (8/11).

Pembangunan RSUD me­mang sudah lama direncanakan, hanya saja karena keterbatasan berbagai hal belum bisa terealisasi, termasuk masalah tanah.

Di lain pihak RSUD itu logisnya memang berada di pinggir jalan utama agar mudah dijangkau masya­rakat, baik masyarakat Kota Solok maupun masyarakat luar.

Setelah mempertim­bang­kan dari berbagai aspek, akhirnya diputuskan memba­ngun RSUD di areal tanah yang saat ini berdiri ba­ngunan Dinas Pertanian, kawasan perkantoran itu punya areal hampir 2 hektar.

Luas tanah yang tersedia sangat memungkinkan ber­diri rumah sakit milik daerah. Sementara Dinas Pertanian dilakukan pembangunan ba­ru.

Adanya keinginan mem­ba­ngun RSUD di kota lintas itu, menurut Zul Elfian, bu­kan sekedar mengejar prestise dan pendapatan daerah, me­lainkan lebih diutamakan untuk meningkatkan pela­yanan pada masyarakat.

RSUD milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang ada di Kota Solok sudah tidak mampu lagi menampung pasien jika ada rawat inap.

Bahkan dalam 1 kamar saja ada 8 orang pasien pada kelas tertentu kecuali ruangan VIP. Padahal dalam keten­tuan, jika seseorang dilaku­kan rawat inap, minimal 2 orang pasien dalam 1 kamar.

Yang merisaukan lagi, jika ada anggota keluarga yang hendak dilakukan rawat inap, terpaksa mencari ka­mar. Kalau tidak ada kamar menunggu dulu di ruangan IGD.

Menyikapi persoalan de­mikian, Kota Solok me­man­dang sangat perlu dibangun RSUD yang menajemennya dikelola Pemda Kota Solok.

Jika sudah berada di ba­wah kendali Pemerintah Kota Solok, sudah jelas perbaikan pelayanan lebih ditingkatkan. Pasalnya tenaga yang me­ngabdi di RSUD itu berada di bawah naungan Peme­rintah Kota Solok, pengon­trolan sangat mudah sekali.

Bukan hanya itu, sam­bung Zul Elfian, dalam per­cepatan pelayanan juga di­ingin­kan adanya percepatan antara pasein dengan rumah sakit, ada SMS center nan­tinya.

“Maksudnya jika ada ang­gota keluarga yang sakit, bisa menghubungi pihak rumah sakit dan pihak rumah sakit melakukan pemeriksaan ke tempat pasien. Jika dalam rekaman medik diperlukan perawatan, maka pasien dibawa ke rumah sakit,” terangnya. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM