36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan


Kamis,10 November 2016 - 00:14:22 WIB
36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan Bupati H Irdinansyah Tarmizi menerima sebanyak 36 unit traktor tangan (hand tractor) untuk 36 kelompok tani di daerah itu. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 36 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan traktor tangan (hand tractor) dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan langsung oleh anggota DPR RI Hermanto, dan diterima oleh Bupati H Irdinansyah Tarmizi, Jumat (4/11).

Bantuan peralatan perta­nian berupa traktor tangan tersebut merupakan kucuran dana APBN melalui hibah Kementerian Pertanian, yang diberikan kepada para petani yang setiap hari bekerja mengolah lahan untuk ber­cocok tanam.

“Bantuan ini adalah me­re­a­lisasikan program swa­sembada pangan, agar paso­kan bahan pangan menjadi kuat dan tidak lagi tergantung kepada produksi luar negeri dalam bentuk impor,” tutur Hermanto saat menyerahkan bantuan itu di halaman depan Kantor Dinas Pertanian Ta­nah Datar di Pagaruyung.

Bantuan peralatan mesin ini sekaligus sebagai motivasi bagi para petani agar lancar menggarap lahan yang ada, terutama dalam percepatan penggarapan dan pening­katan kualitas hasil kerja.

Menurut Hermanto, ban­tuan hand tractor ini diha­rapkan lebih mengop­timali­sasi hasil panen dan diman­faatkan secara bersama oleh petani yang tergabung dalam wadah kelompok tani (keltan) dalam satu hamparan.

Sementara  Bupati Tanah Datar H Irdinansyah Tarmizi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada sebanyak 36 ke­lom­pok tani tersebut dan men­g­harapkan untuk diper­guna­kan secara baik.

“Bantuan ini juga selaras dengan prioritas perekono­mian warga Tanah Datar yang me­nitikberatkan kepada sektor pertanian sesuai de­ngan keter­sediaan lahan un­tuk mem­produksi padi dan tanaman palawija lainnya.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM