36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan


Kamis,10 November 2016 - 00:14:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan Bupati H Irdinansyah Tarmizi menerima sebanyak 36 unit traktor tangan (hand tractor) untuk 36 kelompok tani di daerah itu. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 36 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan traktor tangan (hand tractor) dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan langsung oleh anggota DPR RI Hermanto, dan diterima oleh Bupati H Irdinansyah Tarmizi, Jumat (4/11).

Bantuan peralatan perta­nian berupa traktor tangan tersebut merupakan kucuran dana APBN melalui hibah Kementerian Pertanian, yang diberikan kepada para petani yang setiap hari bekerja mengolah lahan untuk ber­cocok tanam.

“Bantuan ini adalah me­re­a­lisasikan program swa­sembada pangan, agar paso­kan bahan pangan menjadi kuat dan tidak lagi tergantung kepada produksi luar negeri dalam bentuk impor,” tutur Hermanto saat menyerahkan bantuan itu di halaman depan Kantor Dinas Pertanian Ta­nah Datar di Pagaruyung.

Bantuan peralatan mesin ini sekaligus sebagai motivasi bagi para petani agar lancar menggarap lahan yang ada, terutama dalam percepatan penggarapan dan pening­katan kualitas hasil kerja.

Menurut Hermanto, ban­tuan hand tractor ini diha­rapkan lebih mengop­timali­sasi hasil panen dan diman­faatkan secara bersama oleh petani yang tergabung dalam wadah kelompok tani (keltan) dalam satu hamparan.

Sementara  Bupati Tanah Datar H Irdinansyah Tarmizi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada sebanyak 36 ke­lom­pok tani tersebut dan men­g­harapkan untuk diper­guna­kan secara baik.

“Bantuan ini juga selaras dengan prioritas perekono­mian warga Tanah Datar yang me­nitikberatkan kepada sektor pertanian sesuai de­ngan keter­sediaan lahan un­tuk mem­produksi padi dan tanaman palawija lainnya.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,02 Juli 2017 - 10:06:28 WIB

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah DHARMASRAYA, HALUAN – Dharmasraya,khususnya Jorong Sungai Kilangan Nagari Sungai Mandeh, Kecamatan Pulau Punjung punya alek tradisional menyambut Idul Fitri kali ini. Anak nagari setempat, menggelar lomba pacu biduak (sampa.
  • Senin,13 Juni 2016 - 02:53:30 WIB

    TSR Padang Panjang Kunjungi 36 Masjid

    TSR Padang Panjang Kunjungi 36 Masjid PADANGPANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menurunkan 36 Tim Safari Ramadan (TSR) 1437 Hijriah untuk mengunjungi masjid yang ada di daerah itu guna menyosialisasikan prog­ram pemerintah sekaligu.
  • Selasa,07 Juni 2016 - 02:27:02 WIB

    Polres Sawahlunto Keluarkan 363 Surat Tilang Selama OP

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Selama Ope­rasi Patuh (OP) yang digelar oleh jajaran Satuan lalulintas Polres Sawahlunto setidaknya 363 surat tilang diberikan kepada para pengendara ken­daraan yang terjaring razia. Sementara 262 pet.
  • Kamis,19 Mei 2016 - 03:29:08 WIB

    136 Pejabat Ikuti Tes Kompetensi

    TANAH DATAR, HALUAN — Pemkab Tanah Datar menggelar tes kompetensi kepada 136 pejabat eselon II dan III di SMPN 1 Batusangkar, Minggu (15/5)..
  • Selasa,05 Januari 2016 - 03:15:20 WIB

    Pemkab Solok Umrohkan Juara MTQ Ke 36

    Pemkab Solok Umrohkan Juara MTQ Ke 36 Arosuka, Haluan — Pemerintah Kabupaten So­lok akhirnya mem­be­rang­katkan dua orang Qori dan Qoriah Dewasa terbaik Kab. Solok Zetra Zamzami S.PdI dan Wila Yusnita untuk menunaikan ibadah Umrah ke Baitullah, Minggu (3/1).
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM