Tanah Datar Punya Program ‘Nagari Transparan’


Kamis,10 November 2016 - 00:13:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemkab Tanah Datar men­dukung program “Nagari Trans­paran” atau keterbukaan informasi di nagari dalam bentuk pemajangan papan informasi yang ditempatkan pada lokasi yang mudah dilihat masyarakat.

“Pemda meminta setiap pemerintah nagari dapat me­majang dokumen program dan anggaran di papan informasi atau warung sebagai bentuk dukungan dalam keterbukaan informasi publik,” kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tar­mizi saat membuka sosialisasi keterbukaan informasi di Pa­garuyung, Selasa (8/11).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh para wali nagari dan sekretaris nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Materi disam­paikan oleh Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal dan Komisioner Sondri.

Bupati menyampaikan do­ku­men kegiatan dan anggaran yang ditetapkan pemerintah nagari merupakan sumber in­formasi bagi masyarakat se­hingga perlu ditempelkan di lokasi yang mudah diakses masyarakat.

Bupati Irdinansyah Tarmizi menambahkan bahwa dalam menunjang keterbukaan infor­masi publik, pemerintah daerah melalui Pejabat Pengelola In­formasi dan Dokumentasi (P­PID) akan memanfaatkan ber­bagai sarana dan fasilitas yang ada seperti website pemda, website PPID dan radio Pemkab Tanah Datar.

“Ke depan diharapkan seti­ap nagari memiliki website sendiri sehingga semua infor­masi yang ada dapat diakses masyarakat dengan cepat, baik masyarakat yang ada di kam­pung halaman maupun yang tengah bermukim di rantau orang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ko­misi Informasi Sumbar Syamsu Rizal menyebutkan, lemba­ganya ini bertugas mengawasi pelaksanaan hak-hak ma­sya­rakat untuk memperoleh infor­masi secara terbuka dan trans­paran.

“Kami saat ini meren­cana­kan program Nagari Trans­paran, di mana alokasi dana melalui APBD dan APBN un­tuk nagari cukup besar, se­hingga masyarakat perlu me­nge­tahui untuk apa anggaran itu digunakan,” katanya.

“Sesuai UU No.14 tahun 2009, tidak ada informasi yang tidak bisa dipublikasikan ke masyarakat, hanya informasi pribadi dan mengancam per­saingan usaha tidak sehat saja yang bisa dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KI Sumbar Sondri, menga­takan, pihaknya mempunyai tugas dan fungsi sebagai lem­baga yang mengawal keter­bukaan informasi publik pada badan publik dan sebagai lem­baga yang menerima, mem­eriksa dan memutuskan permo­honan apabila terjadi sangketa informasi publik melalui me­diasi dan atau ajudikasi non-ligitasi.

“Informasi pada badan publik termasuk pemerintahan nagari harus transparan dan dipublikasikan ke masyarakat sehingga masyarakat dapat mengawasi, mengawal dan bahkan ikut berperan aktif dalam pembangunan,” kata­nya.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,10 Juli 2017 - 12:15:47 WIB

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak TANAH DATAR, HALUAN - Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan penataan kawasan pariwisata Selingkar Danau Singkarak. Kawasan selingkar Danau Singkarak sangat layak dikembangka.
  • Kamis,29 Juni 2017 - 15:11:57 WIB

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar BATUSANGKAR, HALUAN - Ribuan alumni SMA Negeri 1 Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tumpah ruah memadati Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, untuk menghadiri acara Reuni Lintas Angkatan dan Reuni Pe.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
  • Senin,12 Juni 2017 - 11:35:49 WIB

    Tanah Datar Disambangi Dewan Penasehat Presiden

    TANAH DATAR, HALUAN - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi didampingi sejumlah Kepala OPD sambut kedatangan Dewan Penasehat Presiden Bidang Ekonomi dan Industri dan juga menjabat sebagai anggota Komite Ekonomi dan Industri.
  • Rabu,07 Juni 2017 - 14:02:00 WIB

    Parantau Padusi Minang Serahkan Bantuan Kepada 750 Orang Duafa di Tanah Datar

    Parantau Padusi Minang Serahkan Bantuan Kepada 750 Orang Duafa di Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM—Perkumpulan perantai minang yang tergabung dalam Parantau Padusi Minang memberikan zakat kepada 750 orang kaum dhuafa di Kabupaten Tanah Datar, Rabu, (7/6). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM