Tanah Datar Punya Program ‘Nagari Transparan’


Kamis,10 November 2016 - 00:13:39 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemkab Tanah Datar men­dukung program “Nagari Trans­paran” atau keterbukaan informasi di nagari dalam bentuk pemajangan papan informasi yang ditempatkan pada lokasi yang mudah dilihat masyarakat.

“Pemda meminta setiap pemerintah nagari dapat me­majang dokumen program dan anggaran di papan informasi atau warung sebagai bentuk dukungan dalam keterbukaan informasi publik,” kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tar­mizi saat membuka sosialisasi keterbukaan informasi di Pa­garuyung, Selasa (8/11).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh para wali nagari dan sekretaris nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Materi disam­paikan oleh Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal dan Komisioner Sondri.

Bupati menyampaikan do­ku­men kegiatan dan anggaran yang ditetapkan pemerintah nagari merupakan sumber in­formasi bagi masyarakat se­hingga perlu ditempelkan di lokasi yang mudah diakses masyarakat.

Bupati Irdinansyah Tarmizi menambahkan bahwa dalam menunjang keterbukaan infor­masi publik, pemerintah daerah melalui Pejabat Pengelola In­formasi dan Dokumentasi (P­PID) akan memanfaatkan ber­bagai sarana dan fasilitas yang ada seperti website pemda, website PPID dan radio Pemkab Tanah Datar.

“Ke depan diharapkan seti­ap nagari memiliki website sendiri sehingga semua infor­masi yang ada dapat diakses masyarakat dengan cepat, baik masyarakat yang ada di kam­pung halaman maupun yang tengah bermukim di rantau orang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ko­misi Informasi Sumbar Syamsu Rizal menyebutkan, lemba­ganya ini bertugas mengawasi pelaksanaan hak-hak ma­sya­rakat untuk memperoleh infor­masi secara terbuka dan trans­paran.

“Kami saat ini meren­cana­kan program Nagari Trans­paran, di mana alokasi dana melalui APBD dan APBN un­tuk nagari cukup besar, se­hingga masyarakat perlu me­nge­tahui untuk apa anggaran itu digunakan,” katanya.

“Sesuai UU No.14 tahun 2009, tidak ada informasi yang tidak bisa dipublikasikan ke masyarakat, hanya informasi pribadi dan mengancam per­saingan usaha tidak sehat saja yang bisa dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KI Sumbar Sondri, menga­takan, pihaknya mempunyai tugas dan fungsi sebagai lem­baga yang mengawal keter­bukaan informasi publik pada badan publik dan sebagai lem­baga yang menerima, mem­eriksa dan memutuskan permo­honan apabila terjadi sangketa informasi publik melalui me­diasi dan atau ajudikasi non-ligitasi.

“Informasi pada badan publik termasuk pemerintahan nagari harus transparan dan dipublikasikan ke masyarakat sehingga masyarakat dapat mengawasi, mengawal dan bahkan ikut berperan aktif dalam pembangunan,” kata­nya.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM