Tanah Datar Punya Program ‘Nagari Transparan’


Kamis,10 November 2016 - 00:13:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemkab Tanah Datar men­dukung program “Nagari Trans­paran” atau keterbukaan informasi di nagari dalam bentuk pemajangan papan informasi yang ditempatkan pada lokasi yang mudah dilihat masyarakat.

“Pemda meminta setiap pemerintah nagari dapat me­majang dokumen program dan anggaran di papan informasi atau warung sebagai bentuk dukungan dalam keterbukaan informasi publik,” kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tar­mizi saat membuka sosialisasi keterbukaan informasi di Pa­garuyung, Selasa (8/11).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh para wali nagari dan sekretaris nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Materi disam­paikan oleh Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal dan Komisioner Sondri.

Bupati menyampaikan do­ku­men kegiatan dan anggaran yang ditetapkan pemerintah nagari merupakan sumber in­formasi bagi masyarakat se­hingga perlu ditempelkan di lokasi yang mudah diakses masyarakat.

Bupati Irdinansyah Tarmizi menambahkan bahwa dalam menunjang keterbukaan infor­masi publik, pemerintah daerah melalui Pejabat Pengelola In­formasi dan Dokumentasi (P­PID) akan memanfaatkan ber­bagai sarana dan fasilitas yang ada seperti website pemda, website PPID dan radio Pemkab Tanah Datar.

“Ke depan diharapkan seti­ap nagari memiliki website sendiri sehingga semua infor­masi yang ada dapat diakses masyarakat dengan cepat, baik masyarakat yang ada di kam­pung halaman maupun yang tengah bermukim di rantau orang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ko­misi Informasi Sumbar Syamsu Rizal menyebutkan, lemba­ganya ini bertugas mengawasi pelaksanaan hak-hak ma­sya­rakat untuk memperoleh infor­masi secara terbuka dan trans­paran.

“Kami saat ini meren­cana­kan program Nagari Trans­paran, di mana alokasi dana melalui APBD dan APBN un­tuk nagari cukup besar, se­hingga masyarakat perlu me­nge­tahui untuk apa anggaran itu digunakan,” katanya.

“Sesuai UU No.14 tahun 2009, tidak ada informasi yang tidak bisa dipublikasikan ke masyarakat, hanya informasi pribadi dan mengancam per­saingan usaha tidak sehat saja yang bisa dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KI Sumbar Sondri, menga­takan, pihaknya mempunyai tugas dan fungsi sebagai lem­baga yang mengawal keter­bukaan informasi publik pada badan publik dan sebagai lem­baga yang menerima, mem­eriksa dan memutuskan permo­honan apabila terjadi sangketa informasi publik melalui me­diasi dan atau ajudikasi non-ligitasi.

“Informasi pada badan publik termasuk pemerintahan nagari harus transparan dan dipublikasikan ke masyarakat sehingga masyarakat dapat mengawasi, mengawal dan bahkan ikut berperan aktif dalam pembangunan,” kata­nya.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,07 September 2017 - 17:34:12 WIB

    Ratusan PNS di Tanah Datar Naik Pangkat

    Ratusan PNS di Tanah Datar Naik Pangkat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 342 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemda Tanah Datar menerima surat keputusan kenaikan pangkat di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Kamis (7/9)..
  • Jumat,25 Agustus 2017 - 16:25:18 WIB

    Jalin Silaturahmi, TNI dan Polri di Tanah Datar Gelar Olahraga Bersama

    Jalin Silaturahmi, TNI dan Polri di Tanah Datar Gelar Olahraga Bersama TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-- Anggota TNI dan  kepolisian gelar olahraga bersama yang dilaksanakan, di Kodim 0307 Tanah Datar, di Makodim Jumat, (25/8). Kegiatan ini digelar guna menjalin dan membina silaturahmi dan menjag.
  • Selasa,22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB

    "Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap ba.
  • Selasa,15 Agustus 2017 - 22:16:00 WIB

    Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar

    Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Kunjungan 19 mahasiswa serta dosen Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (UIAM) dan ditemani tokoh perantau Minang Malaysia Haswin Darwis mendapat antusias yang tinggi dari pemerintah daerah..
  • Senin,10 Juli 2017 - 12:15:47 WIB

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak TANAH DATAR, HALUAN - Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan penataan kawasan pariwisata Selingkar Danau Singkarak. Kawasan selingkar Danau Singkarak sangat layak dikembangka.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM