Ombudsman Sumbar Cek Kualitas Layanan Publik


Rabu,02 November 2016 - 23:49:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ombudsman Sumbar Cek Kualitas Layanan Publik BUPATI H.Irdinansyah saat mendampingi anggota Ombudsman Sumbar di Kantor KPPT Tanah Datar. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN — Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat melakukan peninjauan pelayanan publik dari beberapa dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Pelayanan publik yang baik akan menjauhkan aparatur negara dari praktik korupsi dan pungutan liar di negeri ini,” kata Ketua Ombudsman Per­wakilan Sumbar Yunafri saat meninjau Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Tanah Datar di Batusangkar, Selasa (1/11).

Menurut Yunafri, penga­wasan terhadap pemerintahan dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan publik harus tetap dijalankan sesuai aturan yang berlaku, masyarakat me­rasa terayomi.

Ombudsman, katanya, ber­tu­gas sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008, yaitu sebagai lembaga pengawasan terhadap penyelenggara negara dalam memberikan pelayanan publik.

Sementara itu, Bupati Ta­nah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan baik dan terus diting­katkan sehingga masyarakat puas dengan pelayanan.

“Kita mendukung Om­buds­man dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan, katanya. Setiap rekomendasi yang dikeluarkan oleh Ombudsman akan segera ditanggapi dalam upaya mem­perbaiki pelayanan publik ke depan,” tutur bupati.

Irdinansyah Tarmizi meng­harapkan semua aparatur sipil negara di Pemkab Tanah Datar agar melakukan pelayanan berkualitas untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan membangun kerja sama yang baik.

Bupati bersama Om­buds­man meninjau ruang pelayanan KPPT Tanah Datar dan ber­dialog dengan ASN, setelah itu melanjutkan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pen­catatan Sipil (Disdukcapil).

“Untuk memantau lang­sung kondisi pelayanan publik, saya memang secara sengaja mendatangi dinas-dinas dan instansi khususnya yang ber­kaitan dengan pelayanan. Kita ingin memastikan bahwa pela­yanan masyarakat dilakukan dengan maksimal,” kata bupati, Selasa (1/11).

Saat kunjungan mendadak tersebut, pertama dilakukan ke Kantor KPPT. Dalam sidak ini bupati langsung meninjau ru­ang pelayanan, sempat dike­jutkan dengan matinya listrik. Akibatnya pelayanan sedikit terganggu. Bupati meme­rin­tahkan personel KPPT agar mengusulkan anggaran pem­belian genset pada tahun ang­garan berikutnya.

Selain itu bupati juga selalu menuntut semua pegawai di Tanah Datar agar melakukan pelayanan yang berkualitas. Dalam satu instansi juga diha­rapkan bisa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan membangun kerjasama tim yang solid.

“Para pegawai agar bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku dan jangan melakukan tindakan yang tidak diingin­kan, seperti pungli dan mem­persulit urusan masyarakat,” tekannya.

Usai melakukan sidak di Kantor KPPT, bupati me­lan­jutkan ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan. Di sana, bupati menginginkan dan me­mas­tikan pelayanan publik telah dilakukan dengan baik, jujur, berkualitas dan lancar.

“Kita meminta setiap pega­wai bisa membangun kerja sama yang berkualitas sehingga lebih ringan dalam melakukan tugas-tugas ini. Kesiapan in­frastruktur tanpa dibarengi dengan pelayanan yang mak­simal akan sia-sia,” sebut Irdi­nansyah. Dalam kesempatan itu bupati sengaja berdialog de­ngan masyarakat yang sedang berurusan dengan instansi tersebut. Bupati ingin men­dengar apa saja yang menjadi kendala bagi masyarakat saat berurusan di Tanah Datar.

Dalam dialog itu, ma­sya­rakat dimintai masukan, agar pelayanan kepada masyarakat yang berurusan bisa terus dievaluasi. 

Sementara itu, Sekretaris Kepala Dinas Capil dan Kepen­dudukan Edi Susanto menyam­but baik pengawasan yang dilakukan oleh Bupati Tanah Datar.

Hal tersebut katanya, sangat besar manfaatnya terutama dalam memberi pembinaan kepada staf dan jajaran dalam melakukan dan melaksakan tugas.

“Kami sangat bersyukur pak bupati menyempatkan diri untuk memantau pelayanan dan pekerjaan kami. Ini me­rupakan pembinaan dan eva­luasi bagi kami untuk terus meningkatkan profesionalitas dan tim kerja yang berkualitas,” katanya.

Bupati Irdinansyah Tar­mizi didampingi Kabag Or­ganisasi Erizal Ramli, Ins­pektorat Andi Maqbul, Ka­bag Humas Adri­yanti Rustam. (h/emz/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,25 April 2016 - 03:07:32 WIB

    Ombudsman Puji Layanan Publik

    PADANG PANJANG, HALUAN —Sebagai lembaga negara yang memonitor dan mengevaluasi pelayanan publik, Om­budsman perwakilan Sumbar memuji pelayanan publik yang ada di Kota Pa­dangpanjang..
  • Rabu,23 Desember 2015 - 02:28:52 WIB

    Ombudsman Bina Aparatur Nagari

    Ombudsman Bina Aparatur Nagari AGAM, HALUAN — Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat melaksanakan pembinaan pelayanan publik pada sembilan nagari di Kecamatan Tanjung Raya, di Balerong setempat, Selasa (22/12). Kegiatan ini bertujuan untu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM