BUPATI DAN DANDIM 0311 PESSEL TANAM PADI SERENTAK

Gerakan Tanam Jarwo Tingkatkan Produksi Padi


Selasa,01 November 2016 - 01:55:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gerakan Tanam Jarwo Tingkatkan Produksi Padi BUPATI menjajal mesin penanam padi disawah milik Kelompok Tani Tuah Sakato. Senin, (31/10). (OKIS)

PAINAN, HALUAN — Guna meningkatkan produksi padi di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pes­sel), maka Bupati Hendrajoni bersama Dandim 0311/Pessel Letkol (Inf) Setiya Asmara SIP, menggelar tanam padi se­rentak dengan sis­tem jajar lego­wo pa­da ham­paran Kelom­pok Ta­ni Tuah Saka­to, Rangeh dan Durian Galanggang di Nagari Duku, Kecamatan Koto XI Ta­rusan. Senin, (31/10).

Kegiatan tersebut merupakan upaya kerjasama antara Pemprov Sumbar dan Pemkab Pessel, serta melibatkan Kodim 0311/Pessel dalam meningkatkan hasil pro­duksi padi di wilayah tersebut, dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah pusat dalam pencapaian swasembada pangan.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di Kecamatan Koto XI Tarusan ini terdapat sawah lebih kurang seluas 2.038 hektare, dan 55 persen diantara­nya adalah sawah tadah hujan. Alhamdulilah dari tahun-ketahun daerah kita terus mengalami peningkatan sekitar 5 persen untuk produksi padi. Semoga saja sistem jajar legowo ini, selalu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya bagi kelom­pok tani,” ungkap Bupati Hendrajoni.

Menurutnya, sektor pertanian di Pessel merupakan sektor ung­gulan masyarakat. Sebab lebih dari 55 persen masyarakat di daerah itu bergerak dibidang pertanian. Selain itu, kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB berkisar sekitar 33,4 persen, dapat disimpulkan bahwa penda­patan petani rata-rata lebih tinggi dari penduduk yang berusaha di sektor lain.

“Kita berharap, semoga de­ngan adanya kegiatan tanam padi serentak ini mampu mendorong petani untuk lebih optimal meng­garap sawah-sawah yang ada. Apalagi sekarang sudah masuk mu­sim hujan, berarti mereka harus cepat bergerak karena fase turun ke sawah sudah masuk,” harapnya.

Hingga saat ini, lanjut Bupati, Pessel masih dilirik oleh Peme­rintah Pusat dan berhak mene­rima penghargaan ketahanan pangan, dengan tujuan untuk terus memaksimalkan produksi padi dengan berbagai teknologi berupa peralatan mesin pertanian maupun sejumlah bibit handal.

“Ya, salah satunya dengan teknologi budidaya yang dite­rapkan adalah dengan sistem tanam jajar legowo atau familiar dengan sebutan “Gerakan Tanam Jarwo”. Sistem seperti ini bisa meningkatkan produksi padi dengan hasil 500 sampai 2 ribu kilogram per hektare nya,” ujarnya.

Demi meningkatkan produksi padi di Pesisir Selatan, maka irigasi yang ada disejumlah keca­matan juga sedang dalam tahap perbaikan. Tujuannya agar mam­pu mengairi sawah seluas 11.500 hektare. Namun, kata Bupati, akibat perbaikan irigasi tersebut beberapa ribu hektare sawah terlantar karena tidak dapat dialiri air.

“Namun kita tetap optimis dalam pencapaian swasembada pangan. Karena saat ini musim hujan sudah masuk, kita me­ngimbau kepada para petani agar turun ke sawah dan segera man­faatkan lahan yang ada dengan sebaik mungkin. Kita berharap kepada Kelompok Tani Tuah Sakato, Rangeh dan Durian Ga­langgang dan masyarakat lainnya agar melakukan tanam padi seren­tak,” pintanya.

Ditambahkannya, kepada pe­ta­ni yang lahannya terpakai untuk pembangunan irigasi, maka de­ngan sadar agar mengikhlas­kannya demi kepentingan bersama.

“Demi kepentingan kita ber­sama, maka petugas penyuluh pertanian dilapangan agar terus mengawal dan membimbing para kelompok tani terutama dalam penerapan sistem tanam jajar legowo ini. Selain itu, camat dan wali nagari diminta untuk mem­bina dan menggerakkan masya­rakat di wilayahnya masing-ma­sing, untuk mendukung berbagai kegiatan untuk meningkatkan pembangunan dibidang perta­nian,” tutupnya.

Pada kegiatan itu tampak hadir, Bupati Pessel Hendrajoni, Dandim 0311/Pessel Letkol (Inf) Setiya Asmara SIP, serta dihadiri per­wakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumbar, SKPD terkait, Muspika Kecama­tan, to­koh masyarakat dan para kelom­pok tani setempat. (h/mg-kis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,25 Oktober 2016 - 02:24:04 WIB
    PEMINDAHAN KEWENANGAN KABUPATEN/KOTA KE PROVINSI

    Wagub Minta Data ASN Disegerakan

    Wagub Minta Data ASN Disegerakan PADANG, HALUAN —Wa­kil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta kabupaten/kota segera menyelesaikan data Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kewenangannnya ditarik ke provinsi. Pasalnya, data ASN ini berkaitan de­ngan gaji ASN te.
  • Minggu,07 Agustus 2016 - 16:47:27 WIB

    PKK Tanah Datar Raih Juara Umum Lomba Gerakan PKK

    PKK Tanah Datar Raih Juara Umum Lomba Gerakan PKK TANAH DATAR, HALUAN - Kabupaten Tanah Datar berhasil memperoleh prestasi sebagai Juara Umum Lomba Gerakan PKK Tahun 2015 Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Secara khusus Bupati Irdinansyah Tarmizi turut menghadiri penutupan Jam.
  • Jumat,05 Agustus 2016 - 13:41:03 WIB

    Gerakan Subuh Berjemaah Diluncurkan

    Gerakan Subuh Berjemaah Diluncurkan PAYAKUMBUH, HA­LUAN — Setelah sukses melaksanakan kegiatan Ha­palan Quran dan kegiatan Pe­santren Ramadan bagi Pe­lajar se-Kota Payakumbuh, pemko setempat kembali me­luncurkan program yakni, Ge­rakan Shalat Subuh Be.
  • Sabtu,04 Juni 2016 - 04:51:24 WIB
    Antisipasi Bencana

    BLH Bangun Gerakan Tanam 1.000 Pohon

    BLH Bangun Gerakan Tanam 1.000 Pohon LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pesoalan lingkungan di Kabupaten Limapuluh Kota harus menjadi perhatian bersama, supaya lingkungan tidak rusak. Jangan sampai kelsetarian alam terganggu, karena itu perlu langkah langkah dan upaya p.
  • Rabu,01 Juni 2016 - 04:10:20 WIB

    Bupati Pasaman: PKK Gerakan Nyata Bangun Daerah

    Bupati Pasaman: PKK Gerakan Nyata Bangun Daerah PASAMAN, HALUAN — Bu­pati Pasaman, Yusuf Lubis me­minta gerakan PKK harus lebih efektif serta produktif. Ia tidak menginginkan kegiatan PKK terkesan seremonial belaka. “PKK, harus menjadi organisasi yang bisa bekerjasa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM