1.000 Hektare Sawah Ikut Asuransi Padi


Senin,31 Oktober 2016 - 00:52:50 WIB
1.000 Hektare Sawah  Ikut Asuransi Padi Aktivitas warga membajak sawah menggunakan mesin di Jorong Bomas, Nagari Koto Baru. (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Dinas Pertanian, Peri­kanan dan Peternakan Solok Selatan (Solsel) mengimbau petani ikut program asuransi tanaman padi.

Kepala Dinas, Del Irwan pada Haluan, Minggu, (30/11) menyebut, setidaknya sudah ada 1.000 hektare areal persa­wahan yang ikut program asuransi padi.

Untuk ikut program asu­ransi tanaman padi bisa melalui kelompok ataupun peroarangan. Dalam satu hekatare areal petani cukup membayar premi sebesar Rp36 ribu satu kali panen,” kata Del.

Menurutnya, biaya premi seharusnya sebesar Rp216 ribu tapi disubsidi pemerintah sebe­sar Rp180 ribu sehingga petani hanya membayar Rp36 ribu. “Apabila luas areal setengah hektare, ya bayar sekitar Rp18 ribu per musim panen,” te­gasnya.

Jaminan yang ditanggung akibat gagal panen oleh pihak asuransi katanya, gagal panen akibat bencana alam seperti banjir atau kekeringan dan akibat serangan hama. “Untuk serangan hama ada kategori, kerusakan akibat serangan hama bisa diklaim apabila kerusakan akibat hama sudah 75 persen dari luas areal,” katanya.

Ia melanjutkan, apabila kerusakan serangan hama ri­ngan tidak dibayarkan. “Ganti rugi akibat gagal panen sesuai ketentuan tersebut dibayarkan maksimal sebesar Rp6 juta, tapi sebelum gantu rugi dibayarkan ada tim penilai lapangan guna memastikan kerusakan gagal panen itu,” lanjutnya.

Sementara, Kabid Perta­nian, Zamzami mengatakan, untuk persyaratan bisa me­ngajukan permohonan dengan membawa biodata pemilik la­han. “Nanti akan ada isian blanko. Untuk saat ini petani yang ikut telah tersebar dise­luruh kecamatan yang ada di Solsel,” pungkasnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM