Karhutla Mulai Ancam Rumah Warga


Kamis,27 Oktober 2016 - 01:00:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Karhutla Mulai Ancam Rumah Warga Tim BPBD Tanah Datar saat mencoba memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang hampir merambat ke rumah warga. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN —  Cuaca panas berkepanjangan di wilayah Kabupaten Tanah Datar, telah menyulut terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kobaran api yang sebelumnya sempat melalap lokasi semak belukar, kini sudah mulai mengancam wilayah pemukiman warga.

Kepala UPT Damkar Ta­nah Datar Sunaryo di Ba­tusangkar, Selasa (23/10) kepada Haluan menye­but­kan, selama seminggu ter­akhir telah terjadi sebanyak enam kali peristiwa keba­karan yang menghanguskan tiga rumah warga. Sementara sebanyak tiga titik api mem­bakar lahan semak belukar yang ada di perbukitan seki­tar wilayah pemukiman war­ga.

Pada Kamis (20/10) lalu, jilatan api di perbukitan Jorong Saruaso Barat juga terjadi. Karena tiupan angin yang cukup kencang, api mengancam keselamatan rumah warga yang tak begitu jauh dari lahan  yang ter­bakar.

“Kami merasa cemas se­kali, jilatan api sudah sangat dekat dengan bangunan ru­mah kami dan dikhawatirkan akan merembes ke bangunan rumah,” tutur Mar Malin, salah seorang warga kepada Haluan di lokasi kebakaran lahan.

Kemudian dihari Jumat (21/10) juga telah terjadi kobaran asap yang cukup mengagetkan warga Simabur. Titik api berada pada rumpun bambu persis pinggiran jalan raya Batusangkar menuju Padangpanjang, tepatnya di Lubuak Batang Sawah Ta­ngah.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kobaran api berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil Damkar Ta­nah Datar sampai di lokasi beberapa menit kemudian.

Sementara pada hari Sab­tu (22/10), giliran kebakaran semak belukar melanda wila­yah Jorong Gudam Nanagri Pagaruyung. Dan pada waktu yang hampir bersamaan juga telah terbakar lahan pertanian warga di Nagari Balimbiang, Kecamatan Rambatan. Ke­dua lokasi yang terbakar dapat teratasi dengan perto­longan warga yang membaur bersama anggota Damkar dan Relawan BPBD Tanah Datar.

Pada hari Minggu (23/10), api kembali melalap bangunan rumah warga di Jorong 12, Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru. (h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,13 Oktober 2016 - 01:37:12 WIB

    Karhutla Terjadi di Tujuh Kecamatan

    Karhutla Terjadi  di Tujuh Kecamatan BATUSANGKAR, HALUAN — Kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Tanah Datar enam bulan terakhir menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)..
  • Jumat,26 Agustus 2016 - 03:37:48 WIB

    Cegah Peristiwa Karhutla, Masyarakat Diimbau Tak Bakar Lahan

    PASAMAN, HALUAN — Cegah kebakaran hutan dan lahan, Bupati Pasaman, H Yusuf Lubis mengim­bau masyarakat di daerah itu tidak melakukan pembakaran terhadap lahan untuk membuka kebun baru..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM