Pemkab Pessel : RSU BKM Belum Ada Wajib Lapor Ketenagakerjaan


Rabu,26 Oktober 2016 - 14:51:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemkab Pessel : RSU BKM Belum Ada Wajib Lapor Ketenagakerjaan RSU BKM--Aktifitas terlihat sepi di Rumah Sakit Umum Bhakti Kesehatan Masyarakat (BKM), yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman Sago-Painan.

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mengakui bahwa Rumah Sakit Umum Bhakti Kesehatan Masyarakat (BKM) Sago tidak pernah melaporkan status Ketenagakerjaannya ke Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) setempat.

 

Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Doni Gusrizal melalui Kasi Pengawasan Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sabarudin, ketika ditemui diruangannya mengatakan, semenjak Rumah Sakit Umum BKM itu berdiri hingga sampai beroperasi, belum pernah sekalipun melakukan Wajib Lapor Ketenagakerjaan (WLK).

 

"Di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 70 perusahaan sudah terdaftar sebagai wajib lapor ketenagakerjaan (WLK). Karena wajib lapor ketenagakerjaan ini harus dilakukan oleh seluruh pihak Perusahaan mana saja, termasuk RS BKM ini. Kalau mereka lupa, selalu kita surati, bagi yang membalasnya itulah nanti yang terdaftar di Dinsosnakertrans," katanya saat ditemui diruangannya, Selasa (25/10).

 

Baca juga : Mantan Dirut RS BKM Ngadu ke Dewan

 

Terkait hal itu, kata dia, pihak RS BKM terbukti telah terang-terangan melanggar UU No 7 tahun 1981, tentang Ketenagakerjaan, dimana dijelaskan bahwa setiap Perusahaan yang memperkerjakan karyawannya wajib melaporkan Ketenagakerjaan ke Dinas terkait.

 

"Menyangkut masalah ini, sebelumnya sejumlah karyawan RS BKM pernah juga mengadu ke sini (Dinsosnakertrans). Namun, pihak kita menyarankan agar mereka tetap bekerja kembali sebagaimana mestinya. Kalaupun nanti dipecat, tentu harus dalam bentuk surat pemberhentian secara tertulis, barulah mereka bisa kita perjuangkan. Sementara mereka ini tidak ada bukti tertulis dari pihak manajemen RS BKM bahwa sudah diberhentikan, lantas kita harus bagaimana?," ungkapnya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,13 Februari 2017 - 08:29:14 WIB

    Pemkab Periksa Limbah PT AWL

    Pemkab Periksa Limbah PT AWL PASBAR, HALUAN--Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat, mengambil sampel limbah pabrik kelapa sawit PT Agro Wira Ligatsa Simpang Tiga Alin Kecamatan Gunung Tuleh karena diduga air limbah tersebut mencemari lingkungan .
  • Minggu,29 Januari 2017 - 21:13:17 WIB

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen TANAH DATAR, HALUAN – Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisat.
  • Sabtu,28 Januari 2017 - 12:21:59 WIB

    Nagari Tuo Pariangan Jadi Prioritas Utama Pariwisata Pemkab Tanah Datar

    Nagari Tuo Pariangan Jadi Prioritas Utama Pariwisata Pemkab Tanah Datar TANAH DATAR, HALUAN - Untuk optimalisasi pembangunan pariwisata daerah tahun ini, Pemda Tanah Datar akan melaksanakan revitalisasi destinasi objek wisata unggulan..
  • Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:10 WIB

    Peduli HAM, Pemkab Pasaman Raih Penghargaan Menteri

    PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menerima penghar­gaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2016 dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan itu diterima Atos di Su.
  • Rabu,02 November 2016 - 01:03:36 WIB

    Pemkab Agam Bantu UMKM

    Pemkab Agam Bantu UMKM Agam, Haluan — Pe­merintah Kabupaten Agam membantu pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UM­KM) dengan berbagai jenis mesin untuk meningkatkan daya saing, kuantitas dan kualitas produksi mereka..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM