Pemkab Pessel : RSU BKM Belum Ada Wajib Lapor Ketenagakerjaan


Rabu,26 Oktober 2016 - 14:51:45 WIB
Pemkab Pessel : RSU BKM Belum Ada Wajib Lapor Ketenagakerjaan RSU BKM--Aktifitas terlihat sepi di Rumah Sakit Umum Bhakti Kesehatan Masyarakat (BKM), yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman Sago-Painan.

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mengakui bahwa Rumah Sakit Umum Bhakti Kesehatan Masyarakat (BKM) Sago tidak pernah melaporkan status Ketenagakerjaannya ke Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) setempat.

 

Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Doni Gusrizal melalui Kasi Pengawasan Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sabarudin, ketika ditemui diruangannya mengatakan, semenjak Rumah Sakit Umum BKM itu berdiri hingga sampai beroperasi, belum pernah sekalipun melakukan Wajib Lapor Ketenagakerjaan (WLK).

 

"Di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 70 perusahaan sudah terdaftar sebagai wajib lapor ketenagakerjaan (WLK). Karena wajib lapor ketenagakerjaan ini harus dilakukan oleh seluruh pihak Perusahaan mana saja, termasuk RS BKM ini. Kalau mereka lupa, selalu kita surati, bagi yang membalasnya itulah nanti yang terdaftar di Dinsosnakertrans," katanya saat ditemui diruangannya, Selasa (25/10).

 

Baca juga : Mantan Dirut RS BKM Ngadu ke Dewan

 

Terkait hal itu, kata dia, pihak RS BKM terbukti telah terang-terangan melanggar UU No 7 tahun 1981, tentang Ketenagakerjaan, dimana dijelaskan bahwa setiap Perusahaan yang memperkerjakan karyawannya wajib melaporkan Ketenagakerjaan ke Dinas terkait.

 

"Menyangkut masalah ini, sebelumnya sejumlah karyawan RS BKM pernah juga mengadu ke sini (Dinsosnakertrans). Namun, pihak kita menyarankan agar mereka tetap bekerja kembali sebagaimana mestinya. Kalaupun nanti dipecat, tentu harus dalam bentuk surat pemberhentian secara tertulis, barulah mereka bisa kita perjuangkan. Sementara mereka ini tidak ada bukti tertulis dari pihak manajemen RS BKM bahwa sudah diberhentikan, lantas kita harus bagaimana?," ungkapnya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM