Rajo Lelo, Pewaris Terakhir Tuah Penakluk Harimau

BAGIAN 3: Pensiunnya Penakluk Inyiak Balang


Senin,24 Oktober 2016 - 18:32:08 WIB
BAGIAN 3: Pensiunnya Penakluk Inyiak Balang Rajo Lelo

KISAH heroik Rajo Lelo menangkap harimau berhenti di 1995. Saat itu, pemerintah sudah melakukan pelarangan menangkap harimau dan menetapkan status langka kepada hewan berbulu belang itu. Namun, nama Rajo Lelo tetap harum. Bahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar memberikan penghargaan atas dedikasinya menangkap harimau hidup-hidup dan menyerahkannya ke pemerintah. Dia juga masih memiliki tiga ekor harimau, yang saban hari tidur di dangau-nya.

 

“Tahun 1995, saya akhirnya pensiun sebagai penangkap harimau. Berhenti dalam artian, tidak lagi masuk rimba luar rimba. Tapi, jika ada yang minta bantuan, tetap saya tolong. Tersebab saya menangkap harimau bukan dengan kekerasan, sehingga saya diberi penghargaan oleh BKSDA. Saya dianggap peduli terhadap kelangsungan hidup harimau dengan tidak membunuhnya,” sebur Rajo Lelo melanjutkan cerita.

 

Pengalaman menangkap harimau tidak pernah dilupakan Rajo Lelo. Baginya, itu merupakan bagian hidup yang tidak akan pernah dilupakan dan termasuk langka. “Bagaimana ketakutan bercampur dengan keberanian, sewaktu menatap mata si raja hutan itu. Saya menikmati,” tutur Rajo Lelo.

 

Pensiun sebagai pamikek harimau, bukan berarti Rajo Lelo jauh dari binatang buas tersebut. Percaya atau tidak, sekarang ini Rajo Lelo mengaku memiliki tiga ekor harimau, yang saban hari tidur di dangau-nya (rumah dari papan susun sirih), di sebuah ladang, tak jauh dari Rajo Lelo bermukim. “Tepatnya bukan peliharaan, tapi sahabat. Setiap hari mereka tidur di kandang di bawah dangau. Masyarakat sini juga sering melihat. Harimau itu tidak mengganggu lagi. Sahabat saya. Biasanya, harimau-harimau itu mencari makan sendiri ke hutan. Sesekali saya beri mereka makan telur ayam kampung. Tapi, seringnya cari makan sendiri,” ungkap Rajo Lelo.

 

Mengabdi di Jalan Kebaikan


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM