Perda SOPD Baru Terbentuk


Kamis,20 Oktober 2016 - 02:49:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Perda SOPD Baru Terbentuk BUPATI Padang Pariaman, Ali Mukhni, disaksikan ketua DPRD dan ketua fraksi legislatif setempat, menandatangani nota kesepakatan Ranperda SOPD untuk dijadikan Perda, Selasa (18/10).

PADANG PARIAMAN, HALUAN—Setelah terbengkalai cukup lama, akhirnya Ranperda Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) disetujui DPRD Padang Pariaman untuk di­jadikan perda. Kesepakatan tersebut terungkap pada rapat paripurna DPRD dengan agenda pandangan akhir fraksi tentang SOPD 2016 di kantor DPRD, Selasa (18/10). Rapat itu dipimpin Ketua DPRD Padang Pariaman, Faisal Arifin.

SOPD tersebut, yakni Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat Kabupaten, 15 Dinas, 4 Badan, 17 Kecama­tan, Kantor Kesbangpol, dan BPBD.

Penyampaian pendapat akhir fraksi diawali oleh Fraksi PDIP, dilanjutkan oleh Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, dan diakhiri oleh Fraksi Amanat Persatuan.

Dari delapan fraksi di DPRD Padang Pariaman, lima fraksi menyepakati Ranperda SOPD tersebut terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat Kabupaten, 15 Dinas, 4 Badan, dan 17 Kecamatan. Sedangkan Kantor Kesbangpol dan BPBD tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku, 

Sementara itu, Fraksi Golkar dan Fraksi Nasdem menyepakati Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat Kabupaten, 17 Dinas, 17 Kecamatan, dan Kantor KesabangPol dan BPBD tetap.

Di sisi lain, Fraksi Amanat Persatuan berpendapat, Susunan Perangkat Daerah Padang Pariaman terdiri dari Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, Inspektorat Kabupaten, 16 Dinas, 17 Kecamatan, Kantor Kesbangpol, dan BPBD.

Sebelumnya, Pemkab Padang Pa­riaman mengajukan Ranperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dengan rincian susunan terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Inspektorat Kabupaten, 18 Dinas, 4 Badan, 17 Kecamatan, Kantor Kesbangpol, dan BPBD masih tetap sebelum diatur lebih lanjut oleh pera­turan perundangan yang berlaku.

Kemudian, DPRD Padang Pariaman membentuk panitia khusus untuk mem­bahas ranperda tersebut lebih men­dalam. Setelah ranperda tersebut dibahas secara maraton oleh pansus dan pemkab, lalu berkonsultasi ke Kemeterian Dalam Negari, akhirnya pansus menghasilkan  kesepakatan SOPD Padang Pariaman. SOPD tersebut terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Inspektorat Kabupaten,  17 Dinas, 4  Badan, 17 Kecamatan, BPBD dan  Kantor Kes­bangpol. (h/ded)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,12 Juni 2017 - 00:10:12 WIB

    Di Payakumbuh, Tarif Parkir Tak Sesuai Perda Dikeluhkan

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Sejumlah pengunjung di Pasar Payakumbuh mengeluhkan pemungutan uang parkir yang tak sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan dalam Perda nomor 19 tahun 2011 tentang Restribusi Parkir. Selisih tarif yan.
  • Kamis,08 Juni 2017 - 11:19:47 WIB

    Sijunjung Raih WTP Perdana

    Sijunjung Raih WTP Perdana SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Sijunjung akhirnya bisa mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 .
  • Jumat,21 April 2017 - 01:39:27 WIB

    Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus

    Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus Agam, Haluan- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam, memberikan pandangan umum rancangan peraturan daerah (Ranperda) sekaligus dalam rapat Paripurna yang digelar Kamis (20/4) di Aula Utama gedung DPRD Agam, Lubukbasung.
  • Jumat,10 Februari 2017 - 15:27:43 WIB

    Panen Perdana Padi Organik, Pakan Rabaa Utara Produksi 3,7 Ton per Hektare

    SOLOK SELATAN, HALUAN - Panen perdana padi organik di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan (Solsel) berhasil produksi 3,7 ton per hektare (ha). Hasil produksi ini diyakini masih re.
  • Jumat,02 Desember 2016 - 00:25:14 WIB

    Lima Ranperda Inisiatif DPRD Disahkan

    PASAMAN, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Pasaman bersama pihak DPRD setempat, akhirnya mengesahkan lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD men­jadi Peraturan Daerah (Perda). Kelima ranperda itu disahkan d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM