54 Tahun Mohammad Yamin, Malam Ini Sawahlunto Gelar Haul


Senin,17 Oktober 2016 - 18:10:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
54 Tahun Mohammad Yamin, Malam Ini Sawahlunto Gelar Haul Pahlawan nasional Muhammad Yamin yang merupakan putra Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HALUAN--Mungkin sebagian warga Indonesia tidak terlalu ingat, jika hari ini pada 54 tahun lalu, atau 17 Oktober 1962, bangsa dengan beribu pulau ini kehilangan seorang tokoh nasional, yang begitu banyak berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

 

Beragam sumbangsih diberikan pria kelahiran Talawi Sawahlunto, 24 Agustus 1903 itu, mulai di masa perjuangan pergerakan kemerdekaan hingga jaman kemerdekaan.

 

Baik di bidang sastra, sejarah, budaya, dan politik, hingga hukum.

 

Dia adalah Mahaputra Mohammad Yamin, anak negeri yang memiliki talenta sebagai sastrawan, sejarawan, budayawan, dan politikus, sekaligus ahli hukum yang telah dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia.

 

Salah satu dari tiga perumus Pancasila, yang jadi dasar negara itu, ketika wafat diboyong kembali ke tanah kelahirannya, untuk dikebumikan di tepat samping makam Tuanku Oesman Baginda Khatib, sang ayah.

 

Jasa besar yang dipersembahkan Mohammad Yamin hingga hari ini masih memberikan kontribusi terhadang bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang konstitusi, yang tentunya tidak bisa dilupakan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,07 Juni 2017 - 12:09:27 WIB

    54 Nagari se-Tanah Datar Bakal Pilwana Serentak

    54 Nagari se-Tanah Datar Bakal  Pilwana Serentak TANAHDATAR, HALUAN -- Pembukaan sosialisasi peraturan daerah Nomor 1 Tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari yang terkait dengan tindak lanjut amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang d.
  • Selasa,21 Juni 2016 - 05:26:48 WIB

    154 Mahasiswa Unand Ikuti KKN-PPM di Kab. Solok

    154 Mahasiswa Unand Ikuti KKN-PPM di Kab. Solok AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 154 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Solok. Para mahasiswa ini akan menjadi bagian dari mas.
  • Selasa,17 Mei 2016 - 03:19:11 WIB
    Tekan Angka Pengangguran

    54 Angkatan Kerja Sawahlunto Ikuti Pelatihan

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Memanfaatkan Mobil Training Unit (MTU) yang dimiliki Dinas Perindagkopnaker Kota Sawahlunto, sebanyak 54 angkatan kerja utusan desa dan kelurahan yang ada, dilatih untuk menguasai listrik industri 3 pha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM