54 Tahun Mohammad Yamin, Malam Ini Sawahlunto Gelar Haul


Senin,17 Oktober 2016 - 18:10:03 WIB
54 Tahun Mohammad Yamin, Malam Ini Sawahlunto Gelar Haul Pahlawan nasional Muhammad Yamin yang merupakan putra Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HALUAN--Mungkin sebagian warga Indonesia tidak terlalu ingat, jika hari ini pada 54 tahun lalu, atau 17 Oktober 1962, bangsa dengan beribu pulau ini kehilangan seorang tokoh nasional, yang begitu banyak berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

 

Beragam sumbangsih diberikan pria kelahiran Talawi Sawahlunto, 24 Agustus 1903 itu, mulai di masa perjuangan pergerakan kemerdekaan hingga jaman kemerdekaan.

 

Baik di bidang sastra, sejarah, budaya, dan politik, hingga hukum.

 

Dia adalah Mahaputra Mohammad Yamin, anak negeri yang memiliki talenta sebagai sastrawan, sejarawan, budayawan, dan politikus, sekaligus ahli hukum yang telah dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia.

 

Salah satu dari tiga perumus Pancasila, yang jadi dasar negara itu, ketika wafat diboyong kembali ke tanah kelahirannya, untuk dikebumikan di tepat samping makam Tuanku Oesman Baginda Khatib, sang ayah.

 

Jasa besar yang dipersembahkan Mohammad Yamin hingga hari ini masih memberikan kontribusi terhadang bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang konstitusi, yang tentunya tidak bisa dilupakan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM