Izin 100 Perusahaan Terancam Dicabut


Jumat,30 September 2016 - 04:09:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Ter­padu (BKPM-PPT) Sumbar pada 2017 mendatang, akan men­cabut izin sedikitnya 100 pe­rusahaan yang dilaporkan tidak aktif dan tidak beroperasi lagi.

Kepala BKPM-PPT Sumbar, Miswar Dedi melalui Plt Bidang Pengendalian Yuneli me­nga­takan, dalam tahun 2016 ini, setidaknya sudah ada enam pe­rusahaan yang dicabut izin­nya, di an­taranya PT. Jayatama Ge­ma­reksa, PT. Karya Putra Nagari, PT. Angsano Agro An­dalan, PT. Indo Energi Cuba­dak, PT. Golden Arm dan PT. Pebana Adi Sarana. Ke­enam perusahaan itu dinilai tidak lagi aktif.

“Dalam satu tahun kami mem­punyai anggaran untuk BAP 10 perusahan dan sudah di BAP enam. Dalam tahun ini, Insya Allah ada empat peru­sahaan lagi yang akan di BAP,” ungkapnya, Kamis (29/9).

Ia menjelaskan, dari hasil kajian dan peninjauan di la­pangan, banyak perusahaan yang berpotensi untuk dicabut izinnya karena tidak be­roperasi atau tidak aktif lagi. Namun disisi lain, banyak terdapat perusahaan yang masih aktif namun tidak me­laporkan ke BKPM-PPT.

“Untuk melakukan BAP atau mencabut izin ini tidak mudah, banyak prosedur yang harus dilakukan, misalnya de­ngan me­nyurati perusahaan ter­sebut, mencari tahu ke lapangan lang­sung apakah masih aktif atau tidak dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” ujarnya.

Di Sumbar sendiri masih ba­nyak perusahaan yang eng­gan (tidak melaporkan) apakah pe­rusahaannya masih aktif atau tidak. Tidak sedikit ditemui di lapangan bahwa perusahaan ma­sih aktif, namun tidak me­la­porkan ke BKPM-PPT.

“Makanya kami tidak bisa langsung saja mencabut izin perusahaan yang tidak melapor ini, kadang mereka malas untuk melaporkan, sementara pe­ru­sahaannya masih aktif. Ma­kanya tahun 2017 nanti akan ba­nyak melakukan BAP,” je­lasnya lagi.

Diketahui, tahun 2015 total Perusahaan Milik Asing (PMA) yang telah dicabut izinnya se­banyak 115 perusahaan, se­mentara untuk PMDN ada lima perusahaan. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,28 Mei 2017 - 14:14:18 WIB

    Pemko Izinkan Rumah Makan di Pondok Berjualan

    Pemko Izinkan Rumah Makan di Pondok Berjualan PADANG,HALUAN—Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan surat edaran mengenai jam buka restoran maupun rumah makan di Kota Padang selama bulan suci Ramadan. Tempat makan hanya diperkenankan buka dari pukul 15.00 WIB hingga .
  • Selasa,07 Februari 2017 - 10:29:44 WIB

    Di Padang, Cuma Ada 16 Karaoke Berizin

    Di Padang, Cuma Ada 16 Karaoke Berizin PADANG, HALUAN-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang tidak akan mengeluarkan izin gangguan jika tidak penuhi persyaratan..
  • Selasa,31 Januari 2017 - 12:01:23 WIB

    Tim Gabungan Segel Kafe dan Restoran yang Tak Berizin di Kota Padang

    Tim Gabungan Segel Kafe dan Restoran yang Tak Berizin di Kota Padang PADANG, HALUAN—Petugas Sat Pol PP dan gabungan dari TNI dan Polri melakukan penyegelan sejumlah kafe dan restoran yang tidak berizin di Kota Padang. .
  • Jumat,23 Desember 2016 - 01:47:17 WIB

    Pemprov Sumbar Segera Selesaikan Izin Nelayan Melaut

    PADANG, HALUAN — Peme­rintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terus mengupayakan surat izin melaut bagi nelayan yang mempunyai bagan di atas 30 GT segera diselesaikan. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (D.
  • Selasa,06 Desember 2016 - 01:34:49 WIB
    JIKA TERUS TUAI POLEMIK

    Pemprov Moratorium Izin Tambang

    PADANG, HALUAN—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pemberian izin tambang galian C hanya akan diberikan pada perusahaan yang benar-benar taat aturan dan memiliki komitmen untuk pelestarian lingkungan. Jika terus berm.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM