HEBOH MEMBUKA SEPATU WAPRES

Marwan: Semata Membantu Pak JK


Jumat,09 September 2016 - 02:23:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

TANAH DATAR, HALUAN — Salah satu rangkaian prosesi adat menaiki Istano Basa Pagaruyung yang diresmikan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (JK) yang dilaksa­nakan Selasa (6/9) lalu mendapat kecaman dari berbagai pihak. Menyuci kaki dan membuka sepa­tu Wapres yang digelar di pelataran Istano sebelum ia menaiki Istano Basa tersebut dianggap bukan adat Minangkabau oleh banyak kala­ngan termasuk oleh para tokoh adat, kecaman dan hujatan itu terjadi dan beredar luas diberbagai akun face book, whats app, BBM dan berbagai media sosial lainnya yang juga disertai pemuatan foto saat prosesi menyuci kaki dan membuka sepatu JK tersebut pun menjadi topik hangat diperbin­cangkan banyak kalangan.

Marwan yang tampil bertindak sebagai pelaku dalam prosesi mem­bukakan sepatu itu, kepada Haluan, di Batusangkar, Kamis (8/9) menye­butkan bahwa tindakan yang dila­kukannya yaitu membuka sepatu JK saat itu atas instingnya sendiri, karena menurutnya ia dipercaya oleh protokoler istana dan Pasukan Pengamanan Presiden (Pas­pam­pres) untuk mendampingi JK saat agenda di Istano tersebut.

“Memang alek kita tersebut peres­mian menaiki rumah, dalam rang­kaiannya ter­dapat acara mana­gua, managua ini juga terdiri dari menyapa tamu, menyerakkan beras kunyit dan membasuh kaki yang ini merupakan upacara adat. Wapres tidak akan bisa disentuh dan didekati tanpa koordinasi dari protokoler istana dan Paspampres dan saya diminta untuk memandu acara demi acara.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM