Merantau Sejak Era 70-an, Rang Kamang Baralek Gadang di Jerman


Selasa,30 Agustus 2016 - 13:51:18 WIB
Merantau Sejak Era 70-an, Rang Kamang Baralek Gadang di Jerman Kedua mempelai Mardjuni dan Elsi Djaman menyaksikan rangkaian kegiatan

HAMBURG,  JERMAN, HALUAN – Lama merantau tak membuat Mardjuni dan Elsi Djaman lupa akan adat istiadat kampong halamannya. Pasangan suami-istri asal Nagari Kamang, Bukittinggi ini melewakan (merayakan) pesta pernikahannya ke 25 dalam sebuah pesta perkawinan perak bernuansa minang, (baralek gadang) di rantau, Hamburg, Jerman, Sabtu (27/8) lalu.

Situs infohumas.com melaporkan, mereka termasuk generasi pertama perantau yang menyandarkan hidupnya di Hamburg atau kota-kota pelabuhan di Eropa. Umumnya, mereka adalah pelaut dan menghabiskan masa tua mereka di kota-kota tersebut setelah memilih pensiun untuk berlayar.

Da Cun, dan Uni Elsi, begitu keduanya dipanggil, menyewa sebuah gedung di daerah Bornheide, Hamburg untuk menggelar alek baralek gadang nya tadi. Mereka didukung segenap perantau Minang di Hamburg dan sekitarnya. Bahkan, banyak diaspora Minang Eropa yang juga hadir.

Saking tak lupa dengan tata cara adat kampong halaman mereka, pada baralek gadang itu mereka menyiapkan penampilan penari, lewat tari pasamanan. Ada juga hantaran siriah dalam cara. Bisa dibayangkan, bagaimana rindunya mereka akan kampung halaman ketika hentakan tari Pasambahan, sambah manyambah, serta alunan bansi yang mengiringi hantaran sirih dalam carano menyeruak dalam gedung sewaan itu.

Tak pelak, sekitar 250 tamu undangan tegak berdiri memadati lokasi prosesi. Mereka terpukau dengan gerakan silat yang ditarikan dan prosesi adat yang mungkin belum pernah disaksikan langsung selama ini secara langsung. Ada rindu yang terbetik dari keterpanaan pengunjung. Rindu akan gulai bikinan ibu. Rindu suara burung pagi di kampung yang masih hijau. Dan rindu-rindu lainnya yang lama tak mereka jemput. (*)

editor: rakhmatul akbar

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM