Merantau Sejak Era 70-an, Rang Kamang Baralek Gadang di Jerman


Selasa,30 Agustus 2016 - 13:51:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Merantau Sejak Era 70-an, Rang Kamang Baralek Gadang di Jerman Kedua mempelai Mardjuni dan Elsi Djaman menyaksikan rangkaian kegiatan

HAMBURG,  JERMAN, HALUAN – Lama merantau tak membuat Mardjuni dan Elsi Djaman lupa akan adat istiadat kampong halamannya. Pasangan suami-istri asal Nagari Kamang, Bukittinggi ini melewakan (merayakan) pesta pernikahannya ke 25 dalam sebuah pesta perkawinan perak bernuansa minang, (baralek gadang) di rantau, Hamburg, Jerman, Sabtu (27/8) lalu.

Situs infohumas.com melaporkan, mereka termasuk generasi pertama perantau yang menyandarkan hidupnya di Hamburg atau kota-kota pelabuhan di Eropa. Umumnya, mereka adalah pelaut dan menghabiskan masa tua mereka di kota-kota tersebut setelah memilih pensiun untuk berlayar.

Da Cun, dan Uni Elsi, begitu keduanya dipanggil, menyewa sebuah gedung di daerah Bornheide, Hamburg untuk menggelar alek baralek gadang nya tadi. Mereka didukung segenap perantau Minang di Hamburg dan sekitarnya. Bahkan, banyak diaspora Minang Eropa yang juga hadir.

Saking tak lupa dengan tata cara adat kampong halaman mereka, pada baralek gadang itu mereka menyiapkan penampilan penari, lewat tari pasamanan. Ada juga hantaran siriah dalam cara. Bisa dibayangkan, bagaimana rindunya mereka akan kampung halaman ketika hentakan tari Pasambahan, sambah manyambah, serta alunan bansi yang mengiringi hantaran sirih dalam carano menyeruak dalam gedung sewaan itu.

Tak pelak, sekitar 250 tamu undangan tegak berdiri memadati lokasi prosesi. Mereka terpukau dengan gerakan silat yang ditarikan dan prosesi adat yang mungkin belum pernah disaksikan langsung selama ini secara langsung. Ada rindu yang terbetik dari keterpanaan pengunjung. Rindu akan gulai bikinan ibu. Rindu suara burung pagi di kampung yang masih hijau. Dan rindu-rindu lainnya yang lama tak mereka jemput. (*)

editor: rakhmatul akbar

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,02 Juni 2017 - 19:58:13 WIB

    Ikhwan DPO Filipina, Pernah Merantau ke Bali dan Bogor

    Ikhwan DPO Filipina, Pernah Merantau ke Bali dan Bogor PADANG, HARIANHALUAN.COM— Satu orang milisi Maute Filipina diketahui berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat bernama Al Ikhwan Yusel (26). Diketahui sebelum berangka ke Filipina, Ikhwan pernah merantau ke Bali dan berke.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM