LINDUNGI REAKTOR NUKLIR

Iran Kerahkan Rudal Jarak Jauh


Selasa,30 Agustus 2016 - 03:34:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Iran Kerahkan Rudal Jarak Jauh Iran mengerahkan sistem rudal pertahanan S-300 Rusia ke situs nuklir Fordo.

TEHERAN, HALUAN — Iran me­ngerahkan peluru kendali (rudal) jarak jauh ke wilayah Iran bagian tengah untuk melindungi fasilitas nuklir Fordo. Hal itu disampaikan televisi pemerintah Iran pada Minggu (28/8).

Menurut keterangan Koman­dan Pertahanan Udara Iran, Jenderal Farzad Esmaili, per­lindungan fasilitas nuklir sangat penting guna menghadapi segala situasi. “Hari ini, langit Iran merupakan salah satu wilayah paling aman di kawasan Timur Tengah,” katanya kepada saluran televisi IRB.

Dalam siaran video, tampak sebuah truk membawa misil S-300 di Fordo menaikkan misil ke arah udara sebagai senjata antiserangan udara. Gambar-gambar yang ditayangkan di televisi itu tampil beberapa jam setelah pemimpin agung Iran, Ayatullah Ali Khamenei, me­nyam­paikan pidatonya di ha­dapan para petinggi angkatan udara, termasuk Esmaili.

Dalam pidatonya, Khamenei menekankan bahwa kekuatan militer Iran ditujukan semata-mata demi pertahanan. ”Misil S-300 atau reaktor nuklir Fordo adalah contoh bagaimana kami menghadapi musuh,” ucap Kha­menei.

Situs Fordo dibangun di sebuah pegunungan tak jauh dari Kota Suci Qom yang se­be­lumnya menghentikan pe­nga­yaan uranium sebagai bahan baku nuklir sejak Januari 2016. Penghentian pengayaan uranium itu merupakan perwujudan ke­sepakatan nuklir dengan negara-negara adidaya.

Negara-negara itu terdiri atas Amerika Serikat, Inggris, Cina, Prancis, Jerman, dan Rusia. Iran dan negara-negara tersebut bernegosiasi selama dua tahun sebelum menandatangani kese­pakatan bersejarah pada Juli 2015. Efeknya adalah pen­cabutan sanksi internasional terhadap Iran dengan syarat negara itu menghentikan pro­gram atom yang dianggap kontroversial. (h/tco)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,08 September 2016 - 02:04:51 WIB

    Mufti Besar Arab Saudi Sebut Pemimpin Iran Bukan Muslim

    Mufti Besar Arab Saudi Sebut Pemimpin Iran Bukan Muslim RIYADH, HALUAN—Muf­ti Besar Arab Saudi Sheikh Abdulaziz Al al-Sheikh menyebut para pe­mimpin Iran bukanlah mus­lim. Al-Sheikh menyebut, Iran memandang penganut Sunni, yang banyak di wila­yah Saudi sebagai musuhnya..
  • Selasa,31 Mei 2016 - 03:33:44 WIB

    Hentikan Pengiriman Haji, Menlu Arab Kecam Iran

    JEDDAH, HALUAN — Lantaran meng­hentikan pengiriman haji ke Mekkah, Iran dikatakan harus bertanggungjawab pada Tuhan atas itu. Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri (Men­lu) Arab SaudiAdel Al Ju­beir, dalam sebuah ko.
  • Sabtu,21 Mei 2016 - 04:09:17 WIB

    AS, Inggris, Prancis dan Jerman Bisnis dengan Iran

    Brussels , Haluan — Bank-bank asing dan pelaku bisnis semestinya tidak menahan diri untuk menjalin bisnis secara sah dengan Iran, demikian pernyataan bersama Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, Prancis, Inggris, dan Jerman usa.
  • Rabu,18 Mei 2016 - 03:13:29 WIB
    Unggah Foto Tak Berhijab

    Delapan Model Iran Ditangkap

    TEHERAN, HALUAN — Lantaran mengunggah foto tak berhijab di Instagram, delapan model Iran ditang­kap oleh kepolisian se­tempat. Delapan model tersebut adalah Melikaa Zamani, Niloofar Behboudi, Donya Moghadam, Dana Nik, Sha.
  • Kamis,28 April 2016 - 04:16:39 WIB

    Iran Penjarakan Empat Wartawan

    IRAN, HALUAN — Iran men­jatuhkan hukuman penjara bagi empat wartawan atas tuduhan terkait keamanan. Mereka dinyatakan bersalah karena dituduh menyebarkan pro­pa­gan­da melawan Iran dan ber­tindak melawan keamanan na­s.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM