LINDUNGI REAKTOR NUKLIR

Iran Kerahkan Rudal Jarak Jauh


Selasa,30 Agustus 2016 - 03:34:13 WIB
Iran Kerahkan Rudal Jarak Jauh Iran mengerahkan sistem rudal pertahanan S-300 Rusia ke situs nuklir Fordo.

TEHERAN, HALUAN — Iran me­ngerahkan peluru kendali (rudal) jarak jauh ke wilayah Iran bagian tengah untuk melindungi fasilitas nuklir Fordo. Hal itu disampaikan televisi pemerintah Iran pada Minggu (28/8).

Menurut keterangan Koman­dan Pertahanan Udara Iran, Jenderal Farzad Esmaili, per­lindungan fasilitas nuklir sangat penting guna menghadapi segala situasi. “Hari ini, langit Iran merupakan salah satu wilayah paling aman di kawasan Timur Tengah,” katanya kepada saluran televisi IRB.

Dalam siaran video, tampak sebuah truk membawa misil S-300 di Fordo menaikkan misil ke arah udara sebagai senjata antiserangan udara. Gambar-gambar yang ditayangkan di televisi itu tampil beberapa jam setelah pemimpin agung Iran, Ayatullah Ali Khamenei, me­nyam­paikan pidatonya di ha­dapan para petinggi angkatan udara, termasuk Esmaili.

Dalam pidatonya, Khamenei menekankan bahwa kekuatan militer Iran ditujukan semata-mata demi pertahanan. ”Misil S-300 atau reaktor nuklir Fordo adalah contoh bagaimana kami menghadapi musuh,” ucap Kha­menei.

Situs Fordo dibangun di sebuah pegunungan tak jauh dari Kota Suci Qom yang se­be­lumnya menghentikan pe­nga­yaan uranium sebagai bahan baku nuklir sejak Januari 2016. Penghentian pengayaan uranium itu merupakan perwujudan ke­sepakatan nuklir dengan negara-negara adidaya.

Negara-negara itu terdiri atas Amerika Serikat, Inggris, Cina, Prancis, Jerman, dan Rusia. Iran dan negara-negara tersebut bernegosiasi selama dua tahun sebelum menandatangani kese­pakatan bersejarah pada Juli 2015. Efeknya adalah pen­cabutan sanksi internasional terhadap Iran dengan syarat negara itu menghentikan pro­gram atom yang dianggap kontroversial. (h/tco)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM