SMAN 7 Wakili Sumbar Tingkat Nasional


Senin,29 Agustus 2016 - 02:15:14 WIB
SMAN 7 Wakili Sumbar Tingkat Nasional Penyerahan penghargaan Adiwiyata oleh Bupati Solsel, Muzni Zakaria yang diwakili Kepala Kantor Lingkungan Hidup Solsel kepada Kepsek SMAN 7 Solsel, Akmalu Rijal Putra beberapa waktu lalu. (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Se­telah sukses mewakili Solok Selatan (Solsel) sebagai sekolah Adiwiyata tingkat SMA sede­rajat menuju Sumatera Barat (Sumbar), kali ini, SMAN 7 Solsel menjadi salah satu dari lima sekolah yang akan mewa­kili Sumbar ke tingkat Nasional dalam lomba Adiwiyata.

Kendati terletak di ujung Kabupaten Solsel, SMAN 7 mampu mengangkat nama dae­rah ke mata nasional sebagai sekolah yang memiliki prestasi dan kepedulian lingkungan hidup. Kerja keras dalam keber­samaan yang diperlihatkan Kepala Sekolah, guru dan war­ga SMAN 7 Solsel seakan terbayar lunas.

Adiwiyata merupakan peng­hargaan tertinggi dibidang lingkungan hidup yang dibe­rikan pada sekolah yang dinilai berbudaya lingkungan. Sekolah tersebut mampu mendidik pelajar dan warga sekolah menjadi pribadi yang bertang­gungjawab dalam upaya perlin­dungan dan pengelolaan ling­kungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik.

“Syukur Alhamdulillah, akhirnya SMAN 7 Solsel men­dapatkan penghargaan Adiwi­yata dari Bupati Solsel berkat kerjakeras kita bersama. Ini keberhasilan kita semua, mo­hon doa restunya untuk Na­sional,” kata Kepala SMAN 7 Solsel, Akmalu Rijal Putra pada Haluan, (28/8).

Ia mengatakan, untuk me­wakili Sumbar ke tingkat Na­sional ini, pihaknya masih harus menunggu. “Kapan kita dipe­rintahkan kita siap. Saat ini kita masih menunggu informasi dari pihak provinsi,” terangnya.

Menurutnya, penghargaan itu seperti membayar kerja keras dan komitmen para pela­jar, guru dan para orangtua murid dan seluruh pihak yang telah membantu mewujudkan sekolah berbasis lingkungan hidup. “Tidak menyangka, kami pun bersyukur kepada Allah SWT, semuanya dimu­dahkan dan semoga dilan­carkan semua urusan kami,” katanya.

Selain itu katanya, men­dapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata adalah sebuah tan­tangan terberat. Sebab, harus mempertahankan segala indi­kator yang sudah diraih untuk tetap berjalan dan bisa ditu­larkan kepada sekolah lainnya di Solsel.

“Kami memang dite­tapkan menjadi salah satu sekolah Adiwiyata terbaik Sumbar, tetapi tantangan mem­pertahankan yang terbaik itu harus kita hadapi kedepannya. Insya Allah, kami akan mem­berikan yang terbaik pula khu­susnya dalam hal pembinaan ke sekolah lain demi terus bisa mengharumkan nama daerah,” ungkapnya.

Kemudian, ia merasakan tantangan semakin nyata kare­na persaingan di tingkat sekolah semakin tinggi dalam men­ciptakan budaya ramah lingku­ngan. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM