JARAK PANDANG TERBATAS

Kabut Asap Kian Memburuk


Senin,29 Agustus 2016 - 02:11:16 WIB
Kabut Asap Kian Memburuk Kabut asap yang mulai meyelimuti Bandara Pinang Kampai Kota Dumai, Riau, Minggu (28/8).

PEKANBARU, Haluan — Sejak sepekan ini Provinsi Riau masih menjadi penyumbang hotspot atau titik panas di Sumatera. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat ada 61 hotspot di Riau.

Seperti yang disampaikan Kepala BMKG Stasiun Pe­kanbaru, Sugarin melalui Kepala Seksi (Kasi) In­for­masi, Slamet Riyadi. “Ada 65 hotspot yang memiliki tingkat kepercayaan di atas 70 per­sen. Dengan sebaran Lam­pung 3 titik, Sumbar (Su­matera Barat) 1 titik, dan Riau 61 titik,” katanya, Sabtu (27/08) kemarin.

Hotspot di Riau paling banyak masih disumbang Kabupaten Rokan Hilir (Ro­hil) dengan 36 titik. Kemu­dian Siak 13 titik, Bengkalis 9 titik, Rokan Hulu 2 titik, dan  Kampar 1 titik.

Sehingga visibility atau jarak pandang di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru 2500 meter berasap, Rengat  5 kilometer, Dumai 1.500 meter, dan Pelalawan 7 kilo­meter.

Secara umum cuaca di Riau berpeluang hujan de­ngan intensitas ringan tidak merata yang dapat disertai petir dan kilat serta angin kencang diprakirakan terjadi di wilayah Riau bagian barat dan tengah pada sore atau malam dini hari.

Prakiraan cuaca di siang hari cukup terik dengan tem­peratur maksimal 32.5 - 35.0 derajat celcius. Dengan ke­lembaban maksimal 90 - 96 persen. Angin secara umum dari arah Tenggara - Barat dengan  kecepatan 05 – 15 knots (10 – 27 Km/jam).

Prakiraan tinggi gelom­bang laut berlaku mulai pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB, Rohil   0.25 - 0.5 meter, Dumai 0.25 - 0.5 meter, Bengkalis 0.25 - 0.5 meter, Inhil 0.25 - 0.5 meter, dan Kepulaua Meranti 0.25 - 0.5 meter.

Masyarakat Mulai Pa­kai Masker

Dampak kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Pro­vinsi Riau kembali dirasakan oleh masyarakat. Dimana, kabut asap tipis kembali menyelimuti Kota Pekanbaru, Minggu (28/8) pagi.

Pantauan di lokasi car free day Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, sejumlah gedung pencakar langit di Pekanbaru tampak tertutup kabut asap. Aktivitas masyarakat yang sering menghabiskan waktu olahraga di hari Minggu pun sedikit terganggu. Mereka menggunakan masker untuk menetralisir udara yang mulai bercampur dengan asap.

Pelita Air dari Halim Dialihkan ke Pekanbaru

Kabut Asap di Kota Du­mai cukup pekat, sehingga membuat jarak pandang me­nurun drastis. Bahkan ter­batasnya jarak pandang mulai menganggu penerbangan di Bandara Pinang Kampai. 

Seperti pesawat Pelita Air jenis ATR 72 dari Halim tujuan Dumai terpaksa divert (dialihkan) ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pe­kanbaru karena tidak bisa mendarat di Dumai diaki­batkan asap.

“Ya, tadi Pelita Air men­darat di Pekanbaru pukul 09.50 WIB. Maskapai dari Halim Perdana Kusuma Ja­karta ini harusnya mendarat di Pinang Kampai Dumai, tapi karena kabut asap meng­ganggu jarak pandang divert ke Pekanbaru,” jelas Airport Duty Manager Bandara SSK II, Bambang Setiawan, Ming­gu (27/8).

Sementara di Pekanbaru sendiri kata Bambang, visi­bility atau jarak pandang masih diatas batas minimal untuk penerbangan, meski­pun diselimuti kabut asap tipis.

“Jarak pandang di SSK II 5.000 meter jadi belum me­nggang­gu penerbangan. Pagi tadi penerbangan citilink normal,” tuturnya. (h/gr/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM