Petani Baru Merasakan 'Manisnya' Jeruk


Minggu,28 Agustus 2016 - 17:30:44 WIB
Petani Baru Merasakan 'Manisnya' Jeruk Ilustrasi petani jeruk/Dokumentasi Haluan
PASBAR, HALUAN--Petani jeruk kini bisa merasakan manisnya buah yang ia tanam. Hal itu dikarena buah kaya vitamin C itu dapat dijual denga harga Rp per kilogram dari harga sebelumnya yang hanya Rp 6 ribu per kilogram.
 
Salah seorang petani jeruk di Batang Saman, Sidep (34) mengaku dia senang karena harga jeruk naik. Baru kali ini dia menjual jeruk di kebunnya Rp8 ribu per kg.
 
"Biasanya harga di kebun itu murah. Sekarang alhamdulillah harga sudah naik menjadi Rp8 ribu per kg," kepada Haluan, Minggu (28/8), jelas Sidep.
 
Ia menambahkan, jika harga jeruk Rp8 ribu per kg di jual di kebun. Barulah terbayar rasanya perawatan dan pemeliharaan jeruk dari tanam hingga panen.
"Biaya pemeliharaan jeruk ini mulai dari tanam hingga panen menghabiskan biaya Rp23 juta. Mulai dari pupuk, racun hingga perawatan,"tandas Sidep.
 
Hal yang sama juga dikatakan oleh petani jeruk lainnya, Anto (45). Menurut Anto susah untuk saat ini mencari keseragaman harga jeruk di Pasbar. Sebab, setiap toke memiliki harga standar sendiri-sendiri.
 
"Padahal di pasaran harga jeruk pasaman itu yang bagus atau yang super mencapai Rp20 ribu per kg,"tandas Anto.
Setidaknya kata Anto, untuk saat ini petani bisa bernafas lega karena harga jeruk Pasaman sudah mulai naik. Hal ini disebabkan petani jeruk tidak banyak yang panen.
 
"Biasanya petani jeruk, panen tidak secara terus menerus. Artinya secara bertahap, kadang dalam dua bulan itu tidak panen atau masa berbunga. Ketika petani tidak banyak yang panen itulah harga jeruk naik,"ucap Anto.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM