Indo Jalito Peduli Bangun Masjid di Sasak


Jumat,26 Agustus 2016 - 04:27:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Indo Jalito Peduli Bangun Masjid  di Sasak KETUA IJP Jakarta Ny Astri Asgani disaksikan Ny Lita Basko dan rombongan, menyerahkan cenderamata kepada Bupati Pasbar H. Syahiran didampingi Ketua PKK Pasbar Yun Syahiran, di depan Masjid Ar Raudah Kampung Nelayan Sasak.

PASBAR, HALUAN — Kelompok ibu-ibu perantau minang yang tergabung dalam Indo Jalito Peduli (IJP), membangun sebuah masjid di Kampung Nelayan Sasak, Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut Ketua IJP Ny Astri Asgani, pembangunan masjid yang diberi nama Masjid Ar Raudah itu, menghabiskan dana Rp450 juta. Dari 160 anggota IJP, hadir pada kesempatan itu sebanyak 30 orang.

Dalam rombongan ikut serta istri Basko yaitu Ny. Lita Basko, anggota DPD RI Ny Emma Yohana, anggota DPR RI Ny Betty Sadiq Pasadique, dan Ny Vita Gamawan Fauzi.

“Pembangunan masjid ini sebagai bentuk kepedulian IJP pada masyarakat Sumbar, khu­susnya Kampung Nelayan Sasak,” ujar Astri dihadapan Bupati Syahiran beserta Ketua PKK Yun Syahiran serta SKPD Pasbar.

Dikatakan Ny Astri Asgani, ibu-ibu perantau minang yang tergabung dalam IJP, tidak melu­pakan kampung halaman. IJP sendiri bergerak di bidang seni, sosial dan budaya.

“IJP sekarang ke Pasbar dalam rangka Bakti Sosial. Kami sering memberikan bantuan kepada masyarakat Sumbar secara berta­hap. Ke Pasbar, merupakan keda­tangan kami yang pertama,” te­rang Ni At, begitu dia dipanggil.

Ditambahkan, awal muncul­nya niat membangun masjid di Kampung Nelayan Sasak, karena diberitahu oleh para pemuda melalui portal  pulangkampung. com. Apalagi Kampung Nelayan yang sudah dibangun enam tahun lalu itu tidak memiliki masjid.

“Kami survei ke lapangan, ternyata memang tidak ada mas­jid. Melalui musyawarah anggota IJP maka diperoleh kesepakatan untuk membangun masjid di Kampung Nelayan ini. Terima kasih kepada ibu-ibu IJP yang telah memberikan bantuan, semo­ga amal ibadah diterima oleh Allah,” ucap Ny Astri Asgani.

Tidak hanya itu, pada hari raya kurban mendatang IJP juga mem­berikan satu hewan kurban untuk kampung nelayan di Sasak. “Se­mo­ga bisa menjadi amal ibadah bagi ibu-ibu IJP,” tandasnya.

Bupati Pasbar Syahiran me­ngucapkan terima kasih kepada IJP. Diharapkan bantuan IJP ini bisa digunakan oleh masyarakat nelayan untuk beribadah. Apalagi masyarakat sekarang ini sudah jarang beribadah ke masjid. “Se­moga masjid ini bisa digunakan dengan sebaik mungkin. Laksa­nakanlah ibadah di masjid ini,” imbau Syahiran.

Wali Nagari Sasak Arman men­jelaskan penghuni Kampung Nela­yan Sasak mencapai 165 KK. Seba­gian besar masih memiliki pereko­nomian lemah. Untuk itu, bantuan yang diberikan IJP bisa digunakan sebaik-baiknya oleh warga kam­pong yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

“Nelayan kita masih memiliki perekonomian lemah. Jadi sangat berharap adanya bantuan dari berbagai pihak,”ucap Arman. (h/ows/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM