40 Ribu Warga Belum Miliki e-KTP


Jumat,26 Agustus 2016 - 03:44:33 WIB
40 Ribu Warga  Belum Miliki e-KTP Ilustrasi.

PASAMAN, HALUAN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pa­saman menyatakan, sekitar 40 ribu lebih ma­syarakat setempat belum melakukan perekaman data KTP elektronik.

Dari data dinas tersebut, saat ini jumlah penduduk Pa­saman, berjumlah 328.650 jiwa. Sementara yang wajib memiliki KTP di daerah itu berjumlah 214.904 jiwa.ý

Kepala Dinas Kepe­n­dudu­kan dan Catatan Sipil Pasaman, Sukardi mengatakan, berbagai persoalan menjadi alasan bagi warga, sehingga belum mela­kukan rekam e-KTP, mulai dari permasalahan waktu hingga kurang pedulinya masyarakat dengan administrasi kepen­dudukan karena merasa belum bermanfaat.

“Padahal, pada 30 Sep­tember 2016 mendatang, pere­kaman e-KTP sudah tidak bisa lagi. Selain itu, e-KTP nantinya akan berguna bagi masyarakat untuk segala urusan registrasi. Seperti, BPJS, kartu prabayar dan program pemerintah lain­nya,” katanya.

Ia menyebutkan, masih banyak masyarakat di Pasaman yang belum melakukan

rekam e-KTP. Untuk me­nga­tasi persoalan, katanya, pihaknya telah melakukan sejak sistim pelayanan keliling hingga tengah malam.

“Kita telah melaksanakan pelayanan keliling ke per­muki­man warga sampai pukul 22.00 WIB. Hasil dan antusias masya­rakat sangat tinggi,” imbuhnya.

Perekaman pelayanan ke­liling, kata dia, perdana dilak­sanakan di Nagari Panti Sela­tan, Kecamatan Panti. Pere­kaman e-KTP di kanagarian setempat mencapai 205 orang.

“Rata-rata setiap mela­kukan pelayanan E-KTP ke nagari-nagari, masyarakat yang melakukannya berkisar 200 orang lebih,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini ditujukan untuk melayani pedagang, petani yang berang­kat sebelum jam kantor dan pulang setelah habis jam kan­tor, sehingga tidak ada waktu mengurus e-KTP. Pihaknya juga sudah melakukan so­sialisasi dan mengimbau ma­sya­rakat untuk melakukan perekaman ke nagari-nagari.

“Kita juga sudah mela­kukan pelayanan tiap nagari, menu­runkan mobil pelayanan lengkap dengan petugasnya. Namun, kesadaran masyarakat masih kurang. Keinginan me­reka me­ngurus e-KTP ini mun­cul keti­ka ada masalah. Kita juga sudah melakukan sistem jemput bola,” pungkasnya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM