40 Ribu Warga Belum Miliki e-KTP


Jumat,26 Agustus 2016 - 03:44:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
40 Ribu Warga  Belum Miliki e-KTP Ilustrasi.

PASAMAN, HALUAN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pa­saman menyatakan, sekitar 40 ribu lebih ma­syarakat setempat belum melakukan perekaman data KTP elektronik.

Dari data dinas tersebut, saat ini jumlah penduduk Pa­saman, berjumlah 328.650 jiwa. Sementara yang wajib memiliki KTP di daerah itu berjumlah 214.904 jiwa.ý

Kepala Dinas Kepe­n­dudu­kan dan Catatan Sipil Pasaman, Sukardi mengatakan, berbagai persoalan menjadi alasan bagi warga, sehingga belum mela­kukan rekam e-KTP, mulai dari permasalahan waktu hingga kurang pedulinya masyarakat dengan administrasi kepen­dudukan karena merasa belum bermanfaat.

“Padahal, pada 30 Sep­tember 2016 mendatang, pere­kaman e-KTP sudah tidak bisa lagi. Selain itu, e-KTP nantinya akan berguna bagi masyarakat untuk segala urusan registrasi. Seperti, BPJS, kartu prabayar dan program pemerintah lain­nya,” katanya.

Ia menyebutkan, masih banyak masyarakat di Pasaman yang belum melakukan

rekam e-KTP. Untuk me­nga­tasi persoalan, katanya, pihaknya telah melakukan sejak sistim pelayanan keliling hingga tengah malam.

“Kita telah melaksanakan pelayanan keliling ke per­muki­man warga sampai pukul 22.00 WIB. Hasil dan antusias masya­rakat sangat tinggi,” imbuhnya.

Perekaman pelayanan ke­liling, kata dia, perdana dilak­sanakan di Nagari Panti Sela­tan, Kecamatan Panti. Pere­kaman e-KTP di kanagarian setempat mencapai 205 orang.

“Rata-rata setiap mela­kukan pelayanan E-KTP ke nagari-nagari, masyarakat yang melakukannya berkisar 200 orang lebih,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini ditujukan untuk melayani pedagang, petani yang berang­kat sebelum jam kantor dan pulang setelah habis jam kan­tor, sehingga tidak ada waktu mengurus e-KTP. Pihaknya juga sudah melakukan so­sialisasi dan mengimbau ma­sya­rakat untuk melakukan perekaman ke nagari-nagari.

“Kita juga sudah mela­kukan pelayanan tiap nagari, menu­runkan mobil pelayanan lengkap dengan petugasnya. Namun, kesadaran masyarakat masih kurang. Keinginan me­reka me­ngurus e-KTP ini mun­cul keti­ka ada masalah. Kita juga sudah melakukan sistem jemput bola,” pungkasnya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,11 Januari 2017 - 17:16:45 WIB

    Kasus Cabul Meningkat di Tanah Datar, 140 Pelakunya Masih Anak-Anak

    Kasus Cabul Meningkat di Tanah Datar, 140 Pelakunya Masih Anak-Anak TANAH DATAR, HALUAN - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tanah Datar menangani 74 kasus selama tahun 2016. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 49 kasus. B.
  • Jumat,16 Desember 2016 - 00:56:19 WIB

    Kemensos Tambah Sasaran PKH 940 Jiwa Lagi

    SOLOK, HALUAN — Kota Solok dipengujung tahun 2016 mendapat kuota tambahan sebanyak 940 jiwa dalam Pro­gram Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial. PKH itu bertujuan untuk pengentasan kemiskinan yang masih menjadi p.
  • Kamis,15 Desember 2016 - 15:23:40 WIB

    Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar

    Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, untuk penanganan abrasi pantai (gelombang laut-red) yang terjadi beberapa waktu lalu di Ka.
  • Jumat,22 Juli 2016 - 22:31:58 WIB

    Sekitar 400 Warga Banuhampu di Kota Padang Akan Gelar Halalbihalal

    Sekitar 400 Warga Banuhampu di Kota Padang Akan Gelar Halalbihalal PADANG, HALUAN—Warga Banuhampu, Kabupaten Agam yang berdomisili di Kota Padang, Minggu (24/7) besok akan menggelar acara halalbihalal di Aula Fakultas Kedokteran Unand di Jati..
  • Selasa,28 Juni 2016 - 04:55:02 WIB

    Kemenag Kabupaten Solok Santuni 40 Anak Yatim

    Arosuka, Haluan — Keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok menggelar buka puasa bersama di Aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kab. Solok, Jumat (24/6). Selain untuk menjalin silaturrahmi bagi seluruh keluarga .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM