Wawako Ikuti Kejuaran Pacu Rakik


Jumat,26 Agustus 2016 - 03:33:42 WIB
Wawako Ikuti Kejuaran Pacu Rakik Wakil Walikota Solok, Rainer saat mengikuti lomba pacu rakik yang digelar untuk memeriahkan HUT RI ke-71. (ERI)

SOLOK, HALUAN —Wa­kil Walikota Solok, Reinier mengikuti kejuaraan pacu rakik trdaisional Koto Pan­jang Cup di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok , Sabtu (20/8).

Meskipun tak berhasil meraih juara, tim rakik yang terdiri dari Wakil Walikota Solok, Reinier, Dandim 0309 Solok, Letkol Inf. Irwan Harjatmono dan Wakapolres Solok Kota, Naofriadi Zein ini sempat melaju pada babak kedua setelah menjadi yang tercapat melintasi aliran Batang Lembang pada race pertama penyisihan.

Reinier dan kawan-kawan harus menghentikan perjua­ngannya setelah gagal men­jadi yang terbaik pada babak kedua. Timnya kalah dari dari tim Kelurahan Aro IV Ko­rong.

Meskipun tak sempat menjadi juara, Reinier me­nga­ku sangat puas me­ngi­kuti pacu rakik tradisinal ini. Ia berharap kejuaraan rakik tradisional ini dikemas lebih rapi lagi dan digelar setiap tahun.

“Pacu rakik tradisinal ini apabila dikemas dengan ba­ik,bukan tak mungkin akan menjadi daya tarik bagi wi­satawan. Untuk itu saya minta pemuda Koto Panjang lebih kreatif lagi mengemas iven ini sehingga bisa memnjadi pe­micu bagi wisatawan untuk datang ke Kota Solok,” kata Reinier.

Saat ini, katanya, pacu rakik memang belum bisa mendatangkan wisatawan dan baru hanya disaksikan oleh warga Kota Solok sen­diri. Akan tetapi kalau dilihat dari animo penonton yang hadir, pacu rakik ini sangat potensial untuk menjadi ob­yek wisata.

Untuk itu ia berharap iven pacu rakik tradisional ini digelar setiap tahun. Dan yang menjadi tuan rumah digilir pada kelurahan yang berada disisi kiri dan kanan Batang lembang. Dengan system bergilir ini dengan sendirinya aliran Batang Lembang akan semakin ber­sih, karena setiap ada keju­araan, pihak tuan ru­mah bergotong-royong mem­­ber­sih­kan aliran Ba­tang Lem­bang.

“Pada pacu rakik tra­disional di Koto Panjang ini saya melihat banyak peda­gang  makanan yang dibanjiri pembeli. Ini membuktikan kejuaraan pacu rakik ini memiliki dampak pada eko­nomi kerakyatan. Seandainya kejuaraan ini dilakukan setiap tahun,sudah pasti lebih ba­nyak lagi pedagang kuliner yang kecipratan rezeki,” kata Reinier.

Sementara itu ketua pe­lak­sana pacu rakik trdisional Koto Panjang Cup, Syofiar Syam mengatakan, pacu ra­kik ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71.

Pacu rakik ini diikuti oleh 89 tim dari 13 kelurahan yang ada di Kota Solok dan setiap tim terdiri dari tiga orang. Pacu rakik menggunakan system race,setiap race terdiri dari 3 tim dan melintasi aliran Batang lembang sepanjang 200 meter. Setiap pemenag race akan diadu hingga babak final. (h/eri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM