JUARA I KELURAHAN BERPRESTASI NASIONAL

KGB Jadi Ikon Kelurahan Cyber di Indonesia


Kamis,25 Agustus 2016 - 04:00:50 WIB
KGB Jadi Ikon Kelurahan Cyber di Indonesia LURAH Kubu Gulai Bancah Indra Heldi, menerima penghargaan Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional untuk Regional I Sumatera dari Menteri Dalam Negeri.

BUKITTINGGI, HALUAN—Kelurahan Kubu Gulai Bancah (KGB) Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), meraih penghargaan dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri), sebagai kelurahan berprestasi tingkat nasional untuk tingkat Regional 1 Sumatera.

Dalam penilaian lomba kelurahan berprestasi tingkat nasional untuk Regional I Sumatra, Kelurahan KGB ini berhasil meraih juara I dengan mengungguli Kelurahan Plaju Ulu Kota Palembang yang meraih juara II dan Keluarahan Silalas Kota Medan yang me­raih juara III.

“Alhamdulillah, tahun ini Kelurahan KGB meraih peng­hargaan sebagai juara I lomba kelurahan berprestasi tingkat nasional. Penghargaan itu diserahkan oleh Mentri Dalam Negeri dan diterima langsung oleh Lurah Gulai Bancah, Indra Heldi pada tanggal 15 Agustus kemarin di Jakarta,” ujar Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan Na­gari (PMPKN) Kota Bukit­tinggi, Rismal Hadi, Rabu (23/8).

Menurut Rismal, se­belum­nya Kelurahan KGB berhasil menjadi ke­lurahan terbaik dalam penilaian kelurahan berprestasi di tingkat Sumbar, sekaligus mewakili Sumbar dalam penilaian yang sama di tingkat nasional untuk Regional I Sumatera.

Dan khusus untuk Regional I Sumatera, Kelurahan KGB keluar sebagai Juara I. Karena mulai tahun ini Tim Penilai Kelurahan Berprestasi tingkat nasional hanya menetapkan juara untuk IV Region di In­donesia. “Dan Sumbar masuk dalam Regional I Sumatera,” terang Rismal.

Keberhasilan Kelurahan KGB meraih juara I ungkap Rismal, dikarenakan kelurahan ini berhasil menerapkan semua pelayanan berbasis teknologi canggih dan internet. Dimana untuk pengurusan administrasi, warga tidak perlu lagi datang dan antri berjam-jam di kantor kelurahan, tapi cukup men­daftar secara online saja.

Tidak hanya urusan ad­minis­trasi, layanan kepustakaan dan kearsipan juga dilakukan secara online. Bahkan, bila ada warga yang sakit warga tidak perlu datang ke Puskesmas untuk mendaftar dan tunggu lama, cukup daftar secara online saja.

“Atas keberhasilan kelua­rahan ini menerapkan program IT tersebut, maka kelurahan ini dijuluki Kelurahan Cyber. Dan saat ini Kelurahan KGB juga menjadi ikon kelurahan cyber di Indonesia,” terang Rismal. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM