176 Napi Terima Remisi


Kamis,18 Agustus 2016 - 03:16:18 WIB
176 Napi Terima Remisi 176 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di LP Klas II A Bukittinggi, mendapatkan pengurangan masa tahanan (remisi). (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Sebanyak 176 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Bukittinggi, mendapatkan pengurangan masa tahanan (remisi) dari Presiden RI melalui Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia (Menkum-Ham ) RI.

Pemberian surat kepu­tusan (SK) remisi kepada 247 WBP itu, diserahkan secara simbolis oleh Walikota Bukit­tinggi Ramlan Nurmatias usai upacara peringatan HUT kemerdekaan Republik Indo­nesia ke 71, dalam acara penyerahan remisi kepada WBP Lapas Klas II A Bukit­tinggi yang berlangsung di Lem­baga Pemasyarakatan kelas II A Bukittinggi, Kamis (17/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, Ketua DPRD Beni Yusrial, Sekdako Yuen Karnova, unsur Forum Komonikasi Pimpinan Da­erah (Forkopimda) Bukit­tinggi, Jajaran Kantor Imi­grasi, Kelas II Bukittingi dan Bundo Kanduang.

Pelaksana tugas (Plt) Ke­pa­la LP Klas II A Bukittinggi Irwandi Sahputra menga­takan, pemberian remisi ke­pa­da 176 WPB terse­but  di­lakukan setelah melalui se­leksi yang ketat terhadap pri­laku dan aktivitas WBP. Pem­berian remisi ini juga me­miliki penilaian tertentu ter­hadap para nara pidana (na­pi) yang berkelakukan baik.

Diakuinya, remisi me­mang merupakan hak setiap napi, namun tidak semua napi yang berhak untuk di­usulkan mendapat remisi. Ada syarat-syarat yang ketat yang diatur oleh peraturan pe­rundang-undangan mulai da­ri Undang0undang sampai dengan Peraturan Menkum HAM.

Untuk pemberian remisi ta­hun ini kata Irwandi, sebe­lum­nya pihak LP telah me­ngu­­sulkan kepada peme­rin­tah pusat melalui Kantor Wi­la­yah (kanwil) Kemenkum dan Ham Sumbar sebanyak 216 orang WBP untuk men­da­­patkan remisi umum da­lam rangka peringatan HUT RI ke 71.

Dari 216 yang diusulkan untuk mendapatkan remisi itu, yang disetujui pemerintah pusat hanya sebanyak 176 orang WBP. Dengan rincian un­tuk Kriminal Umum dan Nar­koba di bawah lima tahun sebanyak 104 orang, dan un­tuk tindak Pidana Khusus se­banyak 72 orang yang meli­puti PP 28 tahun 2006 seba­nyak 66 orang dan PP 99 ta­hun 2012 sebanyak 6 orang.

“Besaran remisi yang diberikan untuk 176 WBP ini adalah paling kecil satu bulan dan paling tinggi enam bulan. Dengan rincian 4 orang untuk remisi 6 bulan, 24 orang remisi 5 bulan, 36 orang remisi 4 bulan, 57 orang remisi 3 bulan, 29 orang remisi 2 bulan dan 26 orang remisi 1 bulan. Sedangkan untuk WBP yang bebas pada 17 Agustus tahun yakni tidak ada,” terang Irwandi.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nur­ma­tias, dalam kesempatan ter­sebut membacakan sam­butan Menkum-Ham RI, yang me­nyatakan bahwa setiap nara­pidana berhak untuk men­dapatkan remisi selama men­jalani masa pem­bi­naan di lembaga Pe­ma­sya­ra­katan.

Usai membacakan sabu­tan Menkum-Ham, Ramlan juga berpesan kepada WBP agar momen remisi yang diberikan hendaknya menjadi terkhir bagi WBP di LP Klas II A Bukittinggi ini, d an jangan berniat untuk kembali lagi di LP ini. Untuk itu se­telah keluar dari LP mulai­lah untuk menata kehidupan baru dan jangan merasa min­der.

“Setiap manusia itu tidak ada yang sempurna dan tidak luput dari keselahan. Melalui remisi yang diberikan, para napi juga akan lebih ce­pat  keluar dan bisa kembali untuk memulai kehidupan normal di tengah-tengah masyarakat. Sekaligus me­ngem­ban peran masing baik sebagai orangtua maupun sebagai anggota masyarakat,” ujar Ramlan. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM