Memeriahkan HUT RI Ke-71, Warga Saringan Gelar Beragam Perlombaan


Selasa,16 Agustus 2016 - 03:10:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Memeriahkan HUT RI Ke-71, Warga Saringan Gelar Beragam Perlombaan Beragam perlombaan diantaranya Lomba makan kerupuk digelar Warga Saringan memeriahkan HUT RI ke-71. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Setiap pe­ringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Repub­lik Indonesia, seluruh ma­syarakat senantiasa meray­akannya dengan berbagai kegiatan hiburan dan per­lombaan dalam rangka mem­bangkitkan kesadaran, rasa cinta tanah air serta pat­riotisme.

Hal itu pula yang terlihat dimasyarakat Kelurahan Sa­ringan Sawahlunto, yang merayakan peringatan HUT RI ke-71 dengan menggelar berbagai perlombaan seperti Panjat Pinang, perlombaan anak anak makan kerupuk, pacu karung dan lomba, tarik tambang, memasukan paku dalam botol, memarut kelapa serta pertandingan futsal.

“Kegiatan ini diseleng­garakan untuk menum­buh­kan dan menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, sebagai bentuk peng­hargaan kepada para pejuang yang telah merebut kemer­dekaan Indonesia,” kata Ke­tua Karang Taruna Saringan, Nurpendri kepada Haluan disela-sela kegiatan Minggu (14/8).

Kegiatan ini, sebut Nur­pendri, murni swadaya dan gotong-royong seluruh war­ga, berapa pun dana yang terkumpul kita tetap menye­lenggarakannya secara seder­hana, tetapi tetap meriah.

“Kendati dengan dana yang minim namun semangat para warga untuk mem­e­riahkan HUT RI ke-71 ini, cukup menggambarkan rasa kebersamaan dan peng­har­gaan masyarakat atas jasa jasa para pahlawan yang ter­da­hulu. Dimana HUT RI ini memiliki makna tersendiri yakni kejayaan dan kemajuan sebuah bangsa,” sebutnya.

Sebelumnya lanjut Nur­pendri, masyarakat juga telah melakukan gotong royong membersihkan lingkungan dan memasang atribut seperti bendera dan umbul umbul serta berbagai pernak pernik yang berkaitan dengan pe­rayaan kemerdekaan, sehing­ga walaupun sederhana na­mun terlihat semarak.

“Untuk acara puncak akan digelar acara hiburan rakyat yang akan menam­pilkan berbagai persem­bahan dari generasi muda setempat seperti tari tarian tradisional serta penampilan bakat dan minat,” ung­kapnya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM